Cara Mendapatkan Kredit Usaha Rakyat yang Mudah

Kredit Usaha Rakyat

Memiliki usaha sendiri adalah impian sebagian besar orang, tapi untuk mewujudkannya tidaklah mudah karena dibutuhkan modal usaha. Di sinilah kredit usaha rakyat bisa membantumu dengan memberikan penawaran pinjaman dana. Simak penjelasannya lebih lanjut di bawah ini!

Berbisnis atau membuka usaha sendiri saat ini bukanlah hal yang terdengar asing lagi. Seiring dengan kemajuan teknologi, industri bisnis seolah sangat diuntungkan dari segi pemasaran karena baik itu bisnis produk maupun jasa bisa dipasarkan dengan mudah melalui media online dengan menggunakan internet. Dengan menggunakan media online sebagai pemasaran, maka jangkauan calon pelanggan akan semakin lebih luas, kamu tak hanya bisa menjangkau kota-kota yang ada di Indonesia saja, tapi juga kota-kota yang ada di luar negeri. Tak heran kalau semakin menjamurnya usaha-usaha baru.

Meski sudah ada berbagai macam kemudahan yang diberikan oleh teknologi, tapi tetap saja kamu harus memiliki modal untuk dapat menjalankan usaha tersebut. Hampir sebagian besar pengusaha mengandalkan kredit usaha rakyat sebagai suntikan modal mereka. Kenapa kredit usaha rakyat? Kredit usaha rakyat atau KUR ini biasanya dipilih karena memberikan bunga yang sangat rendah sehingga cicilannya terjangkau oleh semua kalangan pengusaha. Beberapa sektor usaha yang paling banyak menggunakan kredit usaha rakyat adalah sektor pertanian, perikanan, kehutanan, perkebunan, hingga perindustrian.

Cara untuk mengajukan dan mendapatkan kredit usaha rakyat

Kredit Usaha Rakyat (Sumber: radioidola.com)

Pertanyaan yang paling umum ditanyakan oleh para pengusaha adalah bagaimana caranya mereka bisa mengajukan dan mendapatkan kredit usaha rakyat? Sebenarnya untuk mendapatkan kredit usaha rakyat ini, ada beberapa langkah yang harus kamu tempuh terlebih dahulu. Pertama-tama, kredit usaha rakyat hanya memberikan pinjaman bagi jenis usaha produktif. Kalau usahamu termasuk jenis usaha produktif, maka kamu bisa mengajukan kredit usaha rakyat dengan mempersiapkan syarat dan dokumen yang diperlukan terlebih dahulu.

Baca Juga : Kredit Tanpa Agunan Mandiri 2019: Cara Mengajukan Dan Syaratnya

Untuk syarat dan dokumen yang diperlukan berbeda-beda tergantung bank penyedia. Nanti dipenjelasan selanjutnya kamu bisa mengetahui syarat dan dokumen yang diperlukan. Kalau syarat dokumen sudah terpenuhi, maka serahkan kepada pihak penyedia atau bank yang kamu pilih. Diperlukan waktu beberapa hari bagi bank untuk melakukan verifikasi dokumen yang kamu berikan. Setelah dilakukan verifikasi, bank akan melakukan survei terlebih dahulu ke tempat usaha milikmu untuk menentukan apakah kamu layak untuk mendapatkan pinjaman kredit usaha rakyat atau tidak. Jika pihak bank merasa usahamu layak, maka dana pinjaman akan langsung cair di keesokan harinya.

Bank Penyedia Kredit Usaha Rakyat

Biasanya bank yang ditunjuk untuk menyediakan kredit usaha rakyat adalah bank milik pemerintah alias bank BUMN. Dari sekian banyak bank pemerintah yang ditunjuk, ada tiga yang paling banyak mendapat pengajuan karena diminati oleh para calon pengusaha, yaitu:

1. Bank Mandiri

Bank Mandiri (Sumber: www. bankmandiri.co.id)

Buat kamu yang ingin mengajukan kredit usaha rakyat ke Bank Mandiri, maka pastikan terlebih dahulu kalau usaha yang kamu jalani tersebut sudah berjalan setidaknya minimal enam bulan lamanya. Ada beberapa jenis kredit usaha Mandiri yang bisa kamu pilih mulai dari KUR Mikro dengan limit pinjaman hingga Rp 25.000.000 dan masa tenor maksimal 24 bulan, KUR Ritel dengan limit hingga Rp 200.000.000 dengan masa tenor maksimal 60 bulan, dan KUR Khusus yang memiliki limit terbesar hingga Rp 500.000.000 karena hanya diberikan kepada kelompok Mitra usaha untuk komoditas perkebunan rakyat, peternakan rakyat, dan perikanan rakyat.

Untuk persyaratan dokumen yang diperlukan untuk mengajukan kredit usaha rakyat Mandiri adalah melampirkan KTP (Kartu Tanda Penduduk), KK (Kartu Keluarga), NPWP (Nomor Pokok Wajib pajak), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU), dan rekening koran selama enam bulan terakhir.

2. BRI

Bank BRI (Sumber: www.suaramerdeka.com)

Selanjutnya ada BRI yang memiliki tiga pilihan kredit usaha rakyat sehingga kamu bisa memilih mana yang paling sesuai denganmu. Ada KUR Mikro BRI yang memberikan kredit modal kerja atau investasi hingga maksimal pinjaman Rp 25.000.000 dengan masa tenor maksimal 36 bulan, KUR Ritel BRI untuk usaha produktif yang sudah berjalan lama dengan maksimal pinjaman hingga Rp 500.000.000 dengan masa tenor maksimal 60 bulan, dan KUR TKI BRI yang memberikan pembiayaan keberangkatan calon TKI ke negera penempatan dengan maksimum pinjaman hingga Rp 25.000.000 dengan masa tenor maksimal 36 bulan.

Baca Juga : Mana Yang Lebih Baik Untuk Transaksi? Uang Tunai Atau Kartu Kredit?

Untuk persyaratan dokumen yang diperlukan adalah memiliki KTP, KK, dan SIUP. Saat mengajukan pinjaman kredit usaha rakyat ini, usahakan untuk tidak memiliki pinjaman usaha sejenis dari pihak lain, baik itu bank maupun lembaga karena jika kamu memiliki pinjaman usaha yang serupa, ada kemungkinan pengajuanmu akan ditolak.

3. BNI

BNI (Sumber: bni.co.id)

BNI juga memberikan kredit usaha rakyat yang bisa dimanfaatkan untuk tambahan modal usaha produktif dalam bentuk kredit modal kerja dan kredit investasi. Untuk plafon pinjaman yang diberikan oleh BNI jumlahnya bisa mencapai Rp 500.000.000 dengan masa tenor pinjaman hingga 36 bulan untuk kredit modal kerja dan 60 bulan untuk kredit investasi.

Syarat dan dokumen yang diperlukan tidaklah sulit kamu penuhi, yaitu berstatus Warga Negara Indonesia (WNI), memiliki usaha yang sudah berjalan minimal enam bulan, fotokopi KTP, fotokopi sura nikah (bagi yang sudah menikah), Surat Izin Usaha, fotokopi jaminan atau agunan untuk peminjaman di atas Rp 25.000.000, fotokopi NPWP untuk pinjaman di atas Rp 50.000.000.

4. BTN

Bank BTN (Sumber: www.btn.co.id)

Awalnya BTN tidak memiliki izin untuk bisa menyalurkan kredit usaha rakyat, tapi pada akhir tahun 2017, OJK (Otoritas Jasa Keuangan) mengizinkan bank milik pemerintah ini untuk turut serta menjadi penyedia kredit usaha rakyat. Kredit usaha rakyat yang diberikan BTN diperuntukkan untuk segala macam jenis usaha yang berstatus Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Plafon pinjaman kredit usaha rakyat yang diberikan oleh BTN beragam tergantung dari jenis kredit usaha rakyat yang kamu pilih. Untuk KUR Mikro pinjamannya mencapai maksimal Rp 25.000.000 dengan masa tenor maksimal 36 bulan, KUR Kecil mendapat pinjaman maksimum Rp 500.000.000 dengan masa tenor maksimum 48 bulan, dan KUR Linkage dengan maksimum pinjaman Rp2 miliar dengan masa tenor maksimum 60 bulan.

Suku bunga yang ditawarkan oleh kredit usaha rakyat BTN sangat rendah yakni 7% per tahun dengan perhitungan bunga efektif. Untuk syarat dokumen yang kamu perlukan adalah minimal usia 21 tahun atau sudah menikah, fotokopi KTP, Surat Nikah (bagi yang sudah menikah), surat keterangan penghasilan, NPWP, surat izin usaha, akta pendirian usaha atau akta perubahan terakhir, legalitas tempat usaha, rekening koran, legalitas agunan (hanya untuk jenis KUR kecil).

Baca Juga : Seberapa Amankah Kartu Kredit Kamu?

Bolehkah mengajukan pinjaman tunai online untuk kredit usaha rakyat?

Ketentuan yang Berlaku (Sumber: kreditpintar.com)

Jika kamu perhatikan dengan seksama, rata-rata persyaratan yang diberikan oleh bank-bank penyedia kredit usaha rakyat di atas adalah sudah memiliki usaha yang berjalan minimal enam bulan lamanya. Lantas bagaimana jika kamu baru akan memulai usaha? Dari mana mendapatkan dana modalnya? Kamu bisa melakukan pinjaman dana tunai tanpa jaminan terlebih dahulu supaya kamu bisa memulai usaha milikmu.

Tapi ingat, sebelum mengajukan pinjaman dana tunai tanpa jaminan, kamu harus melakukan perhitungan simulasi kredit dengan matang karena rata-rata bunga yang diberikan pasti lebih besar dibanding kredit usaha rakyat. Ambil plafon pinjaman seperlunya karena nantinya setelah usaha berjalan dan sudah melunasi pinjaman dana tunai tanpa jaminan, kamu bisa mengambil pinjaman kredit usaha rakyat.

Selalu nantikan informasi keuangan dan perbankan dari TunaiKita dengan memfollow sosial media kita ya Sobat!