Cara Mendapatkan Tiket Murah Walau Sedang Tidak Promo

cara mendapatkan tiket murah

Cara mendapatkan tiket murah sangat dibutuhkan, khususnya untuk kamu yang ingin liburan. Liburan memang menyenangkan ya Sobat? Tentu semua pasti setuju kalau liburan ke tempat yang kamu inginkan bisa membuat kita menjadi rileks dan santai. Dengan liburan, jiwa dan raga kamu akan kembali dalam keadaan yang lebih fresh dan pastinya kamu sudah siap menghadapi realita pekerjaan dikemudian hari.

Siapa yang tidak suka liburan? Siapa sih bisa menyangkal hal ini? Semua pasti suka liburan, apalagi untuk orang yang intensitas bekerjanya sangat tinggi. Mereka tentu membutuhkan yang namanya liburan. Liburan memang menjadi hal favorit setiap orang, pasalnya dengan liburan kamu bisa menghilangkan rasa penat yang menumpuk dipikiran serta menghilangkan stres. Tetapi, merencanakan liburan tidak semudah yang dibayangkan. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan, misalnya meyiapkan biaya untuk liburan jauh-jauh hari, berburu tiket pesawat murah, serta memilih tempat untuk berlibur.

Hal yang paling sulit untuk didapatkan yaitu tiket murah untuk liburan. Jika kamu pergi berlibur pada saat musim liburan, sudah pasti akan sulit untuk mendapatkan tiket, baik itu tiket pesawat maupun tiket kereta api. Lalu, bagaimana cara mendapatkan tiket murah untuk liburan? Nah, berikut cara mendapatkan tiket murah walau sedang tidak promo. Simak ya!

1. Pehatikan Kemana Destinasi Kamu

Source: Pinterest

Destinasi menjadi waktu terbaik dalam membeli tiket untuk mendapatkan harga termurah. Jika rute destinasi pilihan kamu adalah rute yang banyak dilalui maskapai, khususnya maskapai budget rendah, seperti Singapura, Kuala Lumpur, Bali, Yogyakarta, dan Surabaya. Kamu harus pintar-pintar membaca harga, karena harganya cenderung fluktuatif. Jika kamu menemukan satu harga yang kamu pikir harga termurah, makan kamu dapat membeli tiket saat itu juga.

Lain halnya jika kamu memilih rute yang tidak dilayani oleh maskapai berbudget rendah atau bukan rute “ramai” wisatawan, seperti Banjarmasin, Tanjung Pinang, dan Banda Aceh. Kapan pun kamu ingin membeli tiketnya, harganya tidak akan memperlihatkan perbedaan yang signifikan.

Baca juga: Menghitung Berapa Sebenarnya Biaya Hidup Di Jakarta Tahun 2019

2. Pelajari Harga Terendah Maskapai

Source: Pinterest

Kamu diharuskan untuk ekstra dalam meriset dan membandingkan harga dari maskapai tertentu, baik saat promo ataupun tidak. Dan pastikan apakah harga yang ditawarkan memang harga terendah atau bahkan masih bisa murah lagi. Kamu harus rajin-rajin melihat harga tiket di website atau aplikasi-aplikasi sejenis, sehingga anda bisa langsung tahu perubahan harganya.

3. Perhatikan Periode Perjalanan, Juga Hari Pergi dan Pulang Kamu

Source: Pinterest

Pada momen-momen tertentu, seperti akhir pekan, long weekend, dan musim liburan tiket pesawat memang selalu mahal. Cobalah pilih waktu berlibur pada periode low-season, seperti bulan September-November dan Februari-April. Nah, hari keberangkatan dan kepulangan juga menentukan harga tiket kamu, lho. Cobalah kombinasikan berangkat dan pulang pada hari Selasa-Kamis, Rabu-Jumat, Sabtu-Selasa, dan Minggu-Rabu.

4. Pelajari Tren Promo Maskapai

Source: Pinterest

Di zaman serba digital saat ini, media sosial menjadi salah satu platform untuk menyebarkan informasi, termasuk kalau ada promo harga tiket pesawat. Kamu bisa mengikuti newsletter maskapai, like dan follow akun-akun maskapai, kemudian kamu bisa pelajari trennya. Biasanya maskapai akan membagikan penawaran-penawaran serta promo yang berlangsung.

5. Perhatikan Tanggal Keberangkatan

Source: Pinterest

Kamu juga harus memperhatikan tanggal keberangkatan. Karena harga tiket pesawat biasanya di tanggal 20-an cenderung murah dibandingkan awal atau pertengahan bulan. Hal ini, karena maskapai menganggap bahwa tanggal 20-an adalah tanggal tua dan kondisi dompet sedang tipis. Padahal, meskipun itu tanggal tua tetapi tiket promo selalu habis.

Baca juga: Baru Lulus Kuliah? 5 Jenis Pekerjaan Ini Bisa Jadi Pilihan Kamu, Sobat!

6. Pilih Maskapai Penerbangan yang Sesuai

Source: Pinterest

Makapai Low Cost Carrier (LCC) punya harga cenderung lebih murah terutama kalau jarak pemesanan dengan waktu keberangkatan cukup jauh, misalnya dalam hitungan bulan. Jika Anda memesan tiket beberapa hari atau sepekan sebelum keberangkatan itu jelas akan beda harganya. Itulah mengapa diperlukannya memesan tiket jauh-jauh hari, agar Anda mendapatkan harga rendah. Lumayan kan?

Salah satu maskapai LCC yang paling cepat pergantian harganya adalah Lion Air, yang bisa berganti nominal tiap 2-3 jam sekali. Namun sebaliknya, maskapai full-service biasanya menganut sistem year-round fare, jadi harga tiketnya tidak akan banyak berubah.

7. Tiket Pesawat Murah Online Tersedia di Hari Tertentu

Source: Pinterest

Mencari tiket pesawat murah dan promo memang butuh trik tertentu. Untuk Sobat yang belum tahu, harga tiket pesawat itu bisa berubah-ubah. Nah, berbicara harga tiket yang berubah-ubah, kamu perlu juga mencari tahu kapan harga tiket pesawat menyentuk harga terendah. Biasanya, kamu memilih jadwal terbang di tengah pekan seperti hari Selasa atau Rabu memiliki rate harga yang lebih rendah dari akhir pekan.

8. Cek Hari Besar di Kalendar

Source: Pinterest

Banyak orang yang melupakan cara ini sebenarnya, padahal memiliki kalendar terbaru itu penting untuk para pemburu tiket pesawat promo. Selain bisa mengetahui kapan waktu cuti yang pas, kamu juga bisa mengatur strategi untuk mengetahui kapan harus berburu tiket promo. Biasanya, promo tiket akan muncul sebelum 5-10 hari tanggal hari besar. Kalau kamu teliti dengan hal ini, kamu bisa mendapatkan tiket pesawat murah yang kamu inginkan.

10. Pilih Tempat Duduk

Source: Pinterest

Kursi pesawat atau letak kita duduk juga mempengaruhi penentuan harga tiket. Kursi dengan harga murah cenderung berada dekat dengan mesin, yang suasananya tergolong lebih bising. Jadi, jika kamu menginginkan tiket murah bisa memilih kursi dekat mesin, Sobat.

Baca juga: Manjakan Diri Setelah Gajian Dengan Santap Di Restoran All You Can Eat Jakarta Terbaik

11. Perluas Koneksi

Source: Pinterest

Cara terakhir ini salah satu yang terpenting untuk kamu mendapatkan tiket promo lho, Sobat. Semakin kamu mempunyai banyak teman di travel agent, semakin besar potensi kamu untuk mendapat info tiket promo duluan. Hal ini, karena biasanya orang dari travel agent selalu punya info terbaru soal tiket promo. Makanya Sobat, cara ini salah satu yang terpenting untuk kamu coba.

Nah, bagaimana kalau kamu tidak punya teman dari travel agent? Tenang, kamu masih bisa terus melihat online travel agent atau OTA, seperti traveloka, tiket.com, skyscanner, dan masih banyak lagi.

Jadi Sudah Siap Dapat Tiket Pesawat Murah Walau Sedang Tidak Ada Promo?

Nah, itu tadi tips cara mendapatkan tiket murah walau sedang tidak promo. Mencari tiket pesawat dengan harga murah sebetulnya yang dibutuhkan hanya telaten dan teliti. Telaten mengamati tren harga dan teliti ketika melakukan pembayaran. Jangan terburu-buru membeli tiket jika tidak urgent. Mana tahu Anda bisa mendapatkan harga tiket yang  lebih rendah lagi kan? Walaupun sedang tidak ada promo kamu pun masih bisa mendapatkan harga tiket yang murah. Semoga tips yang TimiKimi berikan bermanfaat untuk Sobat semua, selamat mencoba!