cara mendapatkan uang dari internet

Bulan Ramadhan bukan tanpa alasan mendapat julukan bulan yang pernuh berkah. Tidak hanya pahala saja yang bisa didapat, tapi bagi para pedagang, bulan puasa menjadi ladang rupiah bagi mereka. Tak mau ketinggalan? Ikuti cara mendapatkan uang dari internet yang bisa kamu coba nih!

Bulan Ramadhan telah tiba. Bagi umat muslim, berpuasa selama satu bulan penuh sudah menjadi kewajiban yang harus dilakukan. Pada saat bulan Ramadhan ini biasanya kita akan melihat dua fenomena unik yang selalu muncul, yakni fenomena pedagang Ramadhan musiman dan mudik lebaran. Keduanya tidak pernah bisa dilepaskan dari bulan Ramadhan. Untuk pedagang Ramadhan musiman ini bahkan bisa muncul beberapa hari menjelang bulan Ramadhan. Alasan utama orang menjadi pedagang dadakan saat Ramadhan adalah karena ketika datang bulan Ramadhan, rezeki yang didapat bisa berkali-kali lipat karena masyarakat Indonesia cenderung memiliki perilaku konsumtif yang sangat tinggi. Coba saja kamu rasakan sendiri ketika bulan Ramadhan, berapa pengeluaran bulanan yang bisa kamu keluarkan jika dibandingkan dengan bulan-bulan biasa. Pasti akan jauh lebih banyak. Inilah yang membuat para pedagang musiman semakin menjamur.

Tentu saja kamu tidak boleh melepaskan kesempatan yang datang satu kali setahun ini begitu saja. Kamu pun bisa meraup keuntungan pada saat bulan Ramadhan untuk menambah pendapatan. Tapi bagaimana kalau statusmu saat ini bekerja alias menjadi pegawai kantoran. Apakah bisa? Bukankah tidak ada waktu untuk berdagang? Buang jauh-jauh pemikiran tersebut ya Sobat karena kamu bisa berjualan secara online supaya lebih hemat waktu dan biaya.

Cara Mendapatkan Uang dari Internet

KTA Online Bisnis (gobankingrates.com)

Jika ingin berjualan secara online, pastinya kamu harus mengetahui dulu bagaimana cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal terlebih dahulu. Supaya sukses dan bisa mendulang rupiah yang banyak pada saat bulan Ramadhan ini, kamu bisa ikuti beberapa cara yang ada di bawah ini!

Baca Juga : Cara Mendapatkan Uang Dari Google, Cuma Modal Internet Aja, Lho!

  • Berikan Harga yang Bersaing

Jika diperhatikan, orang yang berbelanja online cenderung lebih pemilih karena mereka bisa membandingkan harga dari produk yang sama di penjual yang berbeda dengan cara yang mudah, cukup dengan berselancar di dunia maya saja. Inilah yang menyebabkan kenapa kamu harus menentukan harga produk yang mampu bersaing. Jika harga yang dipasang terlalu tinggi, meski produkmu memilih kualitas yang jauh lebih tinggi, orang pasti akan memilih produk yang sama dengan harga lebih rendah meski kualitasnya lebih rendah. Kenapa bisa demikian? Namanya juga belanja online, mereka tidak bisa meraba dan melihat langsung barang yang akan dibeli sehingga percaya 100% dengan foto produk dan kebanyakan foto produk sudah diedit sedemikian mungkin sehingga kualitasnya terlihat sama.

  • Pasarkan Dagangan Lewat Media Sosial

Sosial Media (www.lyfemarketing.com)

Namanya juga bisnis online, kamu wajib memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produkmu. Pastikan untuk memposting di jam-jam yang tepat supaya tepat sasaran. Biasanya waktu yang tepat untuk memposting atau memasarkan produk media sosialmu adalah pada jam makan siang yakni pukul 12.00-13.00, jam pulang kantor 17.00-16.00, dan pada malam hari di pukul 20.00-22.00 karena pada jam-jam tersebut masyarakat lebih banyak yang menggunakan media sosial.

  • Kerjasama dengan e-Commerce

Mengandalkan media sosial untuk memasarkan produk tidaklah cukup, kamu harus bekerjasama dengan e-Commerce. Ada banyak e-Commerce yang bisa kamu tuju seperti BliBli.com, Lazada.co.id, BukaLapak.com, Tokopedia.com, Shopee.co.id, dan lain sebagainya. Biasanya ada komisi yang harus kamu berikan kepada e-Commerce tersebut. Rata-rata komisi yang diberikan berkisar antara 10%-20%. Tapi saat bekerjasama dengan e-Commerce, baca dengan teliti ketentuan yang terdapat dalam perjanjian kerjasamanya.

  • Tampilkan Kualitas Gambar dan Deskripsi yang Lengkap

Bisnis Katering (Sumber: squarespace.com)

Cara mendapatkan uang dari internet selanjutnya adalah dengan menampilkan gambar dengan kualitas terbaik sehingga calon pembeli jadi lebih tertarik untuk membeli produk daganganmu. Apalagi kalau kamu memasarkannya melalui instagram, pastinya gambar menjadi hal yang paling utama untuk menggaet calon pembeli. Kalau gambarnya tidak bagus, orang pasti tidak akan tertarik untuk membeli. Jangan lupa juga untuk selalu melakukan update barang-barang dagangan yang terbaru dan juga stoknya.

  • Berikan Pelayanan yang Menyenangkan

Memberikan pelayanan yang baik kepada semua pelanggan adalah hal yang wajib dilakukan, baik itu mereka membeli dalam jumlah banyak atau hanya satu buah saja. Pelayanan menjadi hal penting dalam berbisnis online karena jika pelanggan merasa pelayanan yang diberikan buruk, mereka bisa meninggalkan komentar tidak baik yang bisa membuat calon pembeli lainnya merasa enggan membeli produkatau menggunakan jasamu. Selalu balas chat calon pembeli dengan cepat dan berikan penjelasan yang jelas. Ingat, pembeli adalah raja! Jadi jangan bersikap kurang mengenakkan kepada calon pembelimu.

Baca juga: Kode Promo Tokopedia: Banyak Cashback, Beli Pulsa Lebih Hemat!

Inspirasi Bisnis Online dari Internet

Menemukan Ide Bisnis Kreatif (startupnation.com)

Jika sudah melakukan cara mendapatkan uang dari internet di atas, kamu bisa melihat beberapa inspirasi bisnis yang bisa dijalankan secara online dengan internet, yaitu:

  • Bisnis Lauk Kemasan

Ketika puasa, kita pasti akan melakukan sahur. Nah, tak sedikit orang yang malas sahur karena malas memasak atau memesan makanan. Kamu bisa membuka bisnis lauk kemasan yang dijual online. Cara mendapatkan uang dari internet ini terbilang cukup laris. Kamu bisa memilih untuk memasak dan mengemas sendiri lauk kemasan atau membeli secara kiloan dan mengemasnya menjadi kemasan kecil sebelum menjualnya. Beberapa jenis lauk kemasan yang cocok dijual saat bulan Ramadhan adalah abon, kering tempe, kering kentang, dendeng, sambal, dan aneka lauk pauk lainnya yang kering sehingga tahan lama.

  • Bisnis Kue Kering

Bisnis Kue Kering (ramesia.com)

Cara mendapatkan uang dari internet lainnya adalah dengan membuka bisnis kue kering. Permintaan akan kue kering selalu meningkat setiap tahunnya. Apalagi beberapa hari menjelang hari lebaran. Kamu bisa mulai membuka pre order kue kering sejak minimal 2 minggu sebelum hari lebaran untuk mencegah terjadinya penumpukan pesanan. Berhubung ada banyak pelaku bisnis kue kering, supaya tidak kalah saing, kamu bisa membuat kue kering yang berbeda.

  • Bisnis Baju Muslim

Saat bulan Ramadhan, selain bisnis makanan kering dan bisnis kue kering, bisnis baju muslim pun akan ikut naik daun dan banyak diminati karena hampir semua orang pasti akan membeli baju baru saat bulan Ramadhan, baik itu untuk lebaran atau hanya untuk digunakan pada acara-acara bukber. Kamu bisa berjualan baju muslim secara online sebagai salahs satu cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula,mulai dari baju muslim untuk pria, wanita, hingga anak-anak. Lebih bagus lagi kalau kamu bisa berjualan baju muslim untuk keluarga sehingga segmentasi pasarnya jadi lebih luas. Tawarkan harga paket jika membeli satu set baju muslim sekeluarga.

Baca juga: Irit Pengeluaran Dengan Gunakan Kode Promo Grab Mei 2019

Pinjaman Online Cepat dari TunaiKita Bisa Membantumu dalam Berbisnis Saat Ramadhan

TunaiKita (Sumber: www.tunaikita.com)

Jika sudah siap untuk menjalankan cara mendapatkan uang dari internet, kini saatnya kamu langsung action! Jangan menunda-nunda lagi karena hari ini sudah memasuki bulan Ramadhan. Jika kurang modal, kamu bisa meminjam dana melalui pinjaman online dari aplikasi TunaiKita. Untuk dana yang bisa didapat dari pinjaman TunaiKita bisa mencapai angka maksimun Rp20 juta. Sedangkan untuk jangka waktu cicilan yang bisa dipilih hingga mencapai 180 hari (6 bulan). Syarat pengajuan dari pinjaman online TunaiKita sangatlah simpel. Kamu hanya memerlukan tiga syarat utama saja, yakni KTP (Kartu Tanda Pengenal), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), dan nomor rekening bank lokal seperti BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, Bank Permata, Bank Danamon, dan Bank Mega. Setelah ketiga syarat pengajuan di atas sudah dipersiapkan, kamu bisa mengikuti langkah-langkah mudah yang ada di bawah ini:

  • Download aplikasi TunaiKita di PlayStore atau AppStore
  • Lakukan registrasi dengan mengisi data diri berupa nama lengkap, alamat email, dan nomor telepon
  • Lakukan login ke dalam aplikasiIsi persyaratan dokumen yang diminta
  • Tentukan nominal pinjaman yang diinginkan dan masa tenor pinjaman yang kamu sanggupi
  • Klik ajukan dan tunggu pihak TunaiKita memproses pengajuan pinjaman online 24 jam

Jika pinjaman sudah diproses dan diterima, biasanya dana akan langsung cair dan ditransfer ke nomor rekening pribadi yang sudah kamu berikan sebelumnya. Ingat, jangan lupa menyisihkan sebagian pendapatan bisnismu untuk sedekah di bulan Ramadhan supaya kamu tidak hanya mendapatkan untung dari bisnis, tapi juga bisa mendapatkan pahala dari bisnismu. Selamat menjalankan berbisnis di bulan Ramadhan!