Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Pada zaman yang sudah serba canggih seperti sekarang ini, uang bisa dihasilkan dari sumber dan cara yang bermacam-macam. Salah satunya dari menulis blog. Jika kamu seorang penulis dan ingin menghasilkan uang dari hobimu, artikel kali ini akan sangat cocok untuk kamu karena TimiKimi akan membahas tentang bagaimana cara menghasilkan uang dari blog.

Bagaimana sih Cara Menghasilkan Uang dari Blog?

Biasanya pertanyaan seperti ini akan muncul di dalam benak para blogger pemula. Tidak jarang mereka meragukan blog akan memberikan mereka penghasilan. Jangan salah Sobat, jika kamu seorang blogger pemula dan bingung bagaimana cara menghasilkan uang dari blog, berikut hal yang harus kamu lakukan:

Buat Blog

source: Pinterest

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat blog. Cari tahu platform apa saja yang tersedia agar aktivitas blogging-mu nantinya bisa terlaksanakan dengan baik. Kendala yang paling sering dihadapi oleh para blogger pemula adalah  tidak memiliki kemampuan teknis dalam menggunakan platform blog. Ada banyak sekali tutorial membuat blog di internet, dari yang gratis hingga berbayar yang bisa kamu manfaatkan Sobat.

Baca juga: Pinjaman Uang Tunai Beserta Jenisnya Di Indonesia

Tentukan Platform

source: Google

Langkah kedua dari cara menghasilkan uang dari blog adalah menentukan jenis platform yang ingin kamu gunakan. Beberapa platform yang tersedia diantaranya adalah WordPress, Blogspot, dan sebagainya. Setiap platform tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jika kamu memutuskan untuk menggunakan WordPress, maka kelebihan yang bisa kamu dapatkan adalah akses gratis dan mudah, keamanan saat melakukan aktivitas blogging dan banyak jenis tema blog yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Buat Nama Domain Blog

source: Google

Setelah menentukan platform yang ingin kamu gunakan, langkah selanjutnya adalah membuat nama domain untuk blog-mu. Fungsi dari membuat nama domain adalah agar blogmu mempunyai rumah secara online. Tips dalam membuat domain blog adalah pastikan kejelasan domain name blog kamu serta memiliki kesesuaian dengan konten blog yang sedang kamu rancang.

Selanjutnya, setelah kamu menentukan nama domain blog yang kamu miliki, kamu bisa melakukan konfigurasi blog. Secara umum wordpress menampilkan menu yang memang lebih kompleks dibandingkan blogspot. Namun dengan menu yang kompleks tersebut pula kamu bisa menambahkan Search Engine Optimizer (SEO) Optimizer serta konfigurasi SEO pada setiap artikel yang kamu buat menggunakan taggar maupun keyword.

Baca juga: Tips Jadi Orang Kaya Ala Warren Buffett

Buat Menjadi Semenarik Mungkin

source: Pinterest

Setelah kamu sudah menemukan nama blog dan mengkonfigurasi blogmu, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menyulap tampilan blog menjadi semenarik mungkin. Ini merupakan cara menghasilkan uang dari blog yang memiliki peran cukup besar. Jika kamu berhasil menarik minat pembaca atau calon pembaca dengan kemasan blog yang unik dan menarik, tentu saja akan semakin besar peluang yang kamu miliki untuk mengumpulkan pundi-pundi penghasilan.

Ada banyak tutorial yang disebarluaskan di internet secara gratis yang bisa kamu manfaatkan. Untuk tampilan, kamu juga bisa menggunakan tema gratis hingga yang berbayar. Satu tips untuk kamu, jangan ragu untuk menggunakan tema berbayar karena lebih ramah terhadap mesin pencarian seperti google, serta ramah untuk mobile browser hingga desktop.

Edukatif Konten

source: Google

Hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menciptakan konten yang menarik dan bersifat edukatif. Jenis konten yang seperti ini lebih mudah ditemukan dan berguna bagi banyak orang. Prinsipnya, konten sebuah blog yang menarik adalah blog yang menginspirasi, menghibur, memberikan solusi dan mampu mengubah sudut pandang menjadi lebih baik bagi pembaca.

Hal yang harus kamu hindari adalah menggunakan konten orang lain atau menyebarluaskan informasi palsu. Tidak ada salahnya juga jika kamu melakukan penelitian yang nantinya bisa kamu jadikan sebagai tema tulisan atau ulasan artikel blog.

Lebih Dekat dengan Pembaca

source: Google

Sebagai seorang blogger pemula, seringkali terlalu fokus untuk membangun blog secara teknis. Jika kamu ingin cara menghasilkan uang dari blog yang kamu jalani berhasil, mulailah untuk memikirkan target pembaca blog kamu.

Untuk menjalin komunikasi, kamu bisa membuat sebuah konten interaktif yang menanyakan pada pembaca, dari mana mereka berasal dan jenis konten seperti apa yang mereka senangi. Dengan begini, kamu akan lebih dekat dan mengenal pembaca blogmu.

Lalu, Dari Mana Sumber Dana didapatkan?

Setelah membahas cara menghasilkan uang dari blog, selanjutnya TimiKimi akan mengulas sumber dana yang nantinya akan kamu dapatkan. Simak ulasannya di bawah ya.

  • Iklan

Salah satu sumber dana yang bisa kamu dapatkan dari menulis blog adalah iklan. Cara kerjanya sama seperti koran ataupun majalah yang menjual kolom iklan. Semakin tinggi traffic blog yang kamu miliki, semakin mahal pula bayaran ruang iklan di blogmu. Salah satu tips yang bisa kamu terapkan adalah dengan memasang Google AdSense untuk meningkatkan traffic blog.

  • Afiliasi

Untuk kamu yang belum tahu, Afiliasi adalah proses menjadikan konten yang kamu tulis untuk mengajak pembaca untuk membeli, menggunakan, atau melihat produk yang dijual di situs lain. Jika kamu beruntung dan seseorang mengikuti tautan atau link yang kamu tulis dan melakukan pembelian terhadap tulisanmu.

Afiliasi ini akan memberikan komisi sesuai kesepakatan antara kedua belah pihak. Jika kamu memiliki pembaca yang setia, maka tidak menutup kemungkinan pembaca blogmu akan mengikuti rekomendasi yang telah kamu buat.

  • Event

Event yang dimaksud disini bukan sebuah event dengan skala besar. Bagi blogger pemula, kamu bisa mulai menciptakan event dengan skala kecil seperti event pertemuan antar blogger, maupun pembaca.  Selain akan mendapatkan income dari tarif tiket, kamu juga bisa mencari sponsor event yang kamu buat.

  • Recurring Income

Recurring Income merupakan cara menerapkan keanggotaan program atau loyalty program. Itu artinya untuk member tertentu, mereka bisa mengakses konten premium yang tidak didapatkan oleh anggota regular atau yang tidak berbayar.

  • Jasa

Blog milikmu juga bisa digunakan untuk menawarkan jasa atau layanan. Misal jasa konsultasi, pelatihan, penulisan, hingga layanan-layanan lain yang sifatnya freelance. Lebih mudahnya kamu tidak akan mendapatkan potongan jika client langsung menghubungimu.

  • Produk

Cara menghasilkan uang dari blog yang bisa kamu lakukan adalah dengan memasarkan sebuah produk di blog milikmu. Akan tetapi, usahakan produk yang kamu tawarkan sifatnya tidak terlalu jauh dari kegiatan blogging seperti buku.

Baca juga: Pinjaman Uang Online Terpercaya Di Indonesia

Siapa Bilang Jadi Penulis Blog Tidak Bisa Menghasilkan Uang?

Nah Sobat itu dia cara menghasilkan uang dari blog untuk kamu yang suka menulis. Jadi, siapa bilang jadi penulis blog tidak bisa menghasilkan uang? Tentu saja kamu bisa menghasilkan banyak uang dari menulis blog jika kamu tahu bagaimana cara memaksimalkan aktivitas blogging-mu dan juga memahami sumber-sumber pendapatan yang bisa membantumu mengumpulkan uang.

Semoga membantu!

 

Penulis: Indah Sari