Cara Menjadi Millionare di Umur 30 tahun

Banyak yang berpikir menjadi seorang millonare di usia 30-an sangatlah mustahil, tetapi itu semua tidak akan terasa sulit jika kamu melakukannya dibarengi dengan usaha yang gigih. Lalu, usaha apa sajakah yang bisa kita lakukan untuk menjadi sukses di usia muda? Berikut tipsnya untuk kamu!

Sukses di usia muda agaknya menjadi sesuatu hal yang sulit untuk diwujudkan. Kebanyakan anak muda biasanya tidak terlalu memikirkan masalah keuangan, mereka pun tidak matang secara finansial. Siapapun ingin menjadi orang yang sukses, kamu juga kan, Sobat? Namun, kebanyakan orang hanya berani bermimpi tanpa ada usaha pasti untuk mewujudkannya.

Tidak sedikit pula pengusaha-pengusaha yang sukses di usia muda saat ini. Sebut saja Mark Zuckerberg yang merupakan pendiri Facebook meraih kesuksesan sebelum menginjak umur 40 tahun. Ada juga pendiri Uber Travis Kalanick yang juga berhasil sukses di usia muda. Bagaimana kah cara sukses menjadi millionare di usia muda? Berikut ulasannya untuk Sobat.

Sukses di Usia Muda, Ikuti Prinsip Ini

Source Google

Siapa yang tidak ingin sukses dan mempunyai kekayaan yang luar biasa di usia muda? Orang yang sudah mapan secara finansial mampu menjalani hidup sesuai keinginan tanpa terhambat faktor keuangan. Berikut cara sukses di usia muda yang bisa kamu terapkan di kehidupanmu. Ini dia cara sukses menjadi millionare di umur 30 tahun!

1. Menabung Demi Investasi

Source: Google

Menabung memang sangat penting, pasalnya selain untuk dana di masa depan. Tabungan yang kamu miliki bisa kamu gunakan untuk keperluan dana darurat. Tapi, menabung untuk investasi juga sama pentingnya lho, Sobat. Jangan menunda-nunda untuk berinvestasi, lakukan sesegera mungkin mulai saat ini. Investasi yang kamu miliki akan sangat bermanfaat untuk membantu memenuhi berbagai kebutuhan di masa depan.

2. Jangan Sungkan Meminta Bantuan

Source Google

Cara sukses di usia muda berikutnya yaitu jangan malu untuk meminta bantuan. Kamu tidak bisa menangani sebuah bisnis sendirian. Semakin besar bisnis yang kamu rintis, maka makin banyak tanggung jawab yang harus kamu lakukan. Ketika kamu sudah tidak bisa menyelesaikannya sendirian, cara mudah untuk mengatasinya yaitu mencari bantuan dari orang lain untuk membantu kamu menjalani bisnismu. Atau kamu bisa datang pada konsultan bisnis sebagai mentor bisnis yang kamu jalani.

Baca juga: Tips Menentukan Ide Bisnis Kreatif Yang Prospeknya Besar Di Tahun 2019

3. Jadilah Penentu Bukan Penunda Keputusan

Source Google

Menjadi sukses di usia muda akan susah dilakukan kalau kamu masih bergantung pada keputusan orang lain. Jangan pernah menunda apapun, jika kamu menunda sesuatu yang berhubungan dengan bisnis yang sedang kamu rintis, itu akan sangat berpengaruh. Daripada kamu menghabiskan waktu menunda, lebih baik kita sendirilah yang menjadi penentu keputusan.

4. Jangan “Show Off“, tetapi “Show Up

Source Google

Show off sendiri diartikan sebagai pamer dan mempertunjukan sesuatu yang sebenarnya tidak dimiliki. Sedangkan Show up adalah kamu justru memamerkan suatu karya atau prestasi yang kamu ciptakan. Tetapi semua itu tergantung pada kemampuan dari seseorang. Jangan pernah kamu pamerakan sesuatu yang belum tentu kamu miliki. Padahal yang kita perlukan adalah kemampuan atau kapabilitas yang kamu miliki.

5. Tahu Kapan harus Mengambil Risiko

Source Google

Kegagalan adalah pintu kesuksesan. Menjalankan suatu bisnis bukan berarti tidak pernah gagal, malahan berkali-kali bangkit dari kegagalan membuat mentalmu makin teruji. Kalau kamu ingin menjadi sukses di usia muda, yang kamu harus lakukan yaitu meruntuhkan tembok pembatas. Artinya kamu harus berani mengambil risiko untuk meraih target yang lebih tinggi. Orang yang berani mengambil risiko dengan perhitungan adalah orang yang percaya diri. Percaya diri adalah kunci sukses untuk kamu lho, Sobat!

6. Tidak Boros dan Gampang Tergiur Teknologi Baru

Source Google

Kebanyakan yang diikuti oleh kaum muda sekarang adalah tingginya biaya belanja produk teknologi semacam gadget dan sebagainya. Namun, tidak semua kaum muda menganggap bahwa gadget sebagai suatu hal yang menghambat untuk sukses. Justru sebaliknya, banyak yang menjadikan gadget sebagai saran pendukung kegiatan yang bersifat kebutuhan dan bukan sebagai keinginan yang jadi bagian gaya hidup.

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Untuk Kamu Yang Suka Menulis

7. Fokus dan Punya Integritas

Source Google

Sukses di usia muda yang berikutnya yaitu kamu harus fokus dan mengedepankan integritas atas apa yang kamu kerjakan. Ini merupakan hal yang paling mendasar untuk menunjang sukses di usia muda. Untuk meraih kesuksesan dengan kerja keras dan telaten dalam menjalankan bisnis yang sedang dirintis.

8. Memilih Pendidikan Sesuai Minat dan Bakat

Source Google

Pendidikan menjadi modal utama untuk kamu meraih impian. Anak muda yang mempunyai visi kedepan yang jelas akan memilih pendidikan yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Dengan ini, pendidikan bisa mendukung perkembangan usaha atau apa saja yang kamu lakukan agar berkembang dari masa ke masa. Ini merupakan cara jadi orang sukses dari nol. Tak punya dana untuk meraih pendidikan yang tinggi? Saat ini sudah banyak beasiswa yang bisa didapat, baik itu dr pemerintah maupun perusahaan swasta. Jadi, jangan mudah menyerah Sobat!

9. Bergabung dengan Asuransi Untuk Proteksi Diri

Source: Google

Tidak hanya investasi, kunci sukses di usia muda berikutnya kamu harus melindungi diri dengan asuransi sebagai perlindungan diri. Dengan memberikan proteksi diri lewat asuransi maka ketergantungan jika terjadi risiko jatuh sakit atau masa tua sudah tidak perlu lagi menjadi sumber kekhawatiran. Ads banyak jenis asuransi yang bisa dipilih, tapi yang terpenting dimiliki adalah asuransi kesehatan karena resiko sakit jauh lebih besar. Setelah memiliki asuransi kesehatan, kamu bisa melengkapinya dengan jenis asuransi lain seperti asuransi kecelakaan atau asuransi perjalanan bagi yang sering bepergian, baik itu dalam rangka urusan pekerjaan atau berlibur.

10. Berinvestasi Untuk Mengembangkan Kemampuan Diri

Source Google

Selain berinvestasi pada harta, kamu juga bisa berinvestasi pada kapasitasmu sebagai manusia. Cara yang bisa kamu lakukan untuk berinvestasi mengembangkan kemampuan diri yaitu dengan “me time” kamu bisa membaca dan berkontemplasi. Dengan membaca kamu bisa memperkaya ilmu dan pengetahuamu sebanyak mungkin. Contohnya saja Millionare, Warren Buffet meluangkan 80% waktunya untuk membaca lho, Sobat! Selain membaca, kamu juga bisa mengikuti pelatihan atau kursus bahasa asing supaya bisa menambah kemampuan alias skill yang kamu miliki. Dengan begitu, wawasanmu akan lebih luas lagi.

Baca juga: Hal-Hal Penting Yang Wajib Kamu Miliki Sebelum Umur 30 Tahun

Jangan Takut untuk Memulai

Kamu tentu paham bahwa dengan menjadi pengusaha sukses di usia muda ada kemungkinan untuk mendapat penghasilan lebih banyak. Tetapi, untuk jadi pengusaha yang mapan bukan berarti tidak ada resikonya. Untuk menjadi pengusaha kamu harus siap melakoni pekerjaan yang penuh dengan resiko, jangan takut untuk memulai. Lakukan dengan sungguh-sungguh dan fokus pada apa yang kamu kerjakan.