Kesibukan seringkali menguras banyak waktu sehingga tidak jarang banyak orang yang merasa tidak sempat untuk berolahraga. Bekerja dari jam 9 sampai jam 5 sehari ditambah urusan-urusan sosial lain membuat kita begitu sibuk dan tentu saja lagi-lagi ini menjadi alasan untuk tidak berolahraga.

 

Sebenarnya, berolahraga tidak harus selalu dilakukan di tempat gym Sobat. Jika kamu termasuk ke dalam kategori orang sibuk, maka inilah saat yang tepat membaca artikel kali ini karena TimiKimi akan memberikan cara mudah berolahraga untuk kamu yang sibuk hanya dengan menyisihkan waktu sekitar 20 hingga 30 menit. Simak dibawah yuk.

 

Peregangan

            Menghabiskan waktu seharian duduk di kantor tidak jarang menyebabkan kram pada otot. Kamu bisa mengatasi hal ini dengan melakukan peregangan. Peregangan merupakan langkah paling awal saat kamu akan mulai berolahraga. Renggangkan tangan ke atas dan jangan lupa lakukan gerakan memutar leher untuk memberi efek relax pada tubuhmu.

 

            Menekuk Lutut

            Terlalu banyak berjalan atau duduk juga akan membuat kaki lelah Sobat. Kamu bisa melakukan gerakan ini untuk merenggangkan kedua kakimu. Tekuk kaki bagian depan dan belakang tetap dalam keadaan lurus. Tahan posisi ini selama sepuluh kali hitungan, lalu setelah itu tukar posisi kakimu. Ulangi gerakan dan langkah ini sebanyak 10 hingga 15 kali.

 

            Squats

            Squats adalah salah satu olahraga yang mudah dan efektif untuk membuat tubuh menjadi lebih kuat dan sehat. Selain itu, jika melakukan squats dengan rutin dan benar kamu dapat membuat tubuh bagian belakang, otot paha dan otot perut menjadi lebih kencang. Squats dilakukan dengan berdiri meregangkan kaki, punggung pada posisi lurus, kedua tangan di belakang leher dan tekuk lutut ke bawah secara perlahan-lahan. Tahan posisi ini selama 10 detik, lalu tegakkan tubuhmu. Ulangi gerakan dan langkah ini sebanyak 10 hingga 15 kali.

 

            Crunches

            Sekilas, crunches sangat mirip dengan sit-up. Perbedaannya adalah gerakan crunches akan menekan otot perut tanpa melibatkan otot pada panggul. Pastikan bahwa kamu membuat bentuk V antara dada dan paha sebelum berbaring kembali. Kamu bisa mengulang gerakan ini 10 hingga 15 kali.

 

            Push-Up

            Ada banyak cara untuk melakukan push-up, namun kamu harus mulai dengan melakukan gerakan push-up dasar. Gerakan ini dilakukan dengan posisi tidur tengkurap, tangan di sisi kanan kiri badan. Lalu dorong badan ke atas dengan kekuatan kedua tangan. Posisi kaki dan badan tetap lurus atau tegap. Setelah itu, badan diturunkan dengan tetap menjaga kondisi badan dan kaki tetap lurus dan badan turun tanpa menyentuh lantai atau tanah. Ulangi setidaknya 10 kali, dan menambahkan 5 kali gerakan agar lebih terasa manfaatnya.

 

Nah Sobat, itu dia cara-cara mudah berolahraga untuk kamu yang disibukkan oleh rutinitas kerja. Ingat! Pekerjaan memang penting, akan tetapi jangan sampai mengesampingkan kesehatan.

 

Semoga membantu!

 

Penulis: Indah Sari