BBM kendaraan hemat sudah menjadi impian semua pengendara demi menghemat biaya taransportasi. Siapa yang tidak ingin BBM-nya hemat. Namun menghemat BBM menjadi hal yang agak sulit karena sudah masuk dalam kebutuhan primer. Ditambah lagi harga BBM yang semakin melonjak naik. Akibatnya banyak pengendara melakukan segala cara untuk bisa menghemat BBM kendaraannya, salah satunya beralih kendaraan dengan menggunakan motor.

 

Cara menghemat BBM menjadi persoalan yang gampang-gampang susah. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dan diterapkan agar BBM mobilmu bisa irit. Dalam artikel ini, TimiKimi akan beritahukan tips dan trik agar BBM mobil bisa hemat tanpa harus beralih ke motor. Hm, gimana caranya?

 

Jangan Ngebut

 

Jika tidak dalam kondisi terburu-buru, kurangi kecepatan mobil. Selain meningkatkan resiko kecelakaan, ngebut di jalan membuat bahan bakar mobil menjadi lebih boros. Meningkatkan kecepatan membuat mobil membutuhkan tenaga lebih besar dan hal ini yang menyebabkan bensin menjadi lebih boros.

 

Matikan Perangkat Elektronik

 

Salah satu hal sepele namun sangat berpengaruh ke BBM mobilmu adalah kelupaan mematikan perangkat elektronik pada saat mesin mobil dimatikan. Sebelum mematikan mesin mobil, perhatikan apakah perangkat elektronik sudah dimatikan lebih dahulu atau belum. Jika kamu lpa mematikan perangkat elektronik di mobil, saat mesin dinyalakan, tentunya semua perangkat tersebut menyala dan hal ini akan menambah beban mesin saat start.

 

Tambah Kecepatan Secara Bertahap

 

Ketika kamu terburu-buru, cobalah untuk menambah kecepatan secara bertahap. Bagi yang memiliki mobil manual, coba pindahkan persneling kendaraan berurutan dari 1 ke 2 dan seterusnya. Aturlah gigi sesuai dengan kecepatan yang dibutuhkan. Jika kamu memindahkan persneling secara longkap, tentu akan menambah beban mesin yang berakibat BBM lebih boros dari biasanya.

 

Kurangi Pemakaian AC

 

Memang sangat susah mengurangi pemakaian AC saat berkendara di Jakarta atau daerah lainnya yang panas ini. Namun untuk menghemat BBM-mu, bisa saja kamu tidak gunakan AC di pagi hari lho Sobat. Barulah saat sudah mulai panas baru nyalakan AC mobil.

 

Kurangi Pemakaian Mobil

 

Cara yang paling gampang namun agak malas untuk dilakukan adalah mengurangi pemakaian mobil dan beralih ke transportasi umum. Memang agak sulit untuk dilakukan karena berbagai faktor seperti menunggu kereta atau Transjakarta yang agak memakan waktu. Namun tidak ada salahnya untuk sesekali mencoba gunakan transportasi umum agagr uang BBM-mu bisa hemat. Jika sudah mencoba gunakan transportasi umum, bandingkan biayanya dengan menggunakan mobil pribadi.

 

Bagaimana tips dan trik dari TimiKimi? Mudah kan untuk dilakukan? Yuk mulai coba terapkan cara-cara diatas agar uang BBM lebih hemat dan bisa dialokasikan ke biaya lainnya.

 

Penulis: Melati Maha