Cara Pinjam Uang di Bank

Banyak calon nasabah atau bahkan nasabah dari bank yang masih belum tahu cara pinjam uang di bank agar langsung disetujui karena merasa selalu dipersulit, bahkan tidak disetujui. Sebenarnya, untuk permasalahan pengajuan pinjaman yang masih belum disetujui, kamu tidak bisa menyalahkan pihak bank, Sobat. Karena instansi keuangan pasti memiliki syarat-syarat yang harus dipenuhi nasabah.

 

Cara Pinjam Uang di Bank Agar Langsung Disetujui

Banyak sekali faktor yang mempengaruhi pengajuan kredit kamu ditolak oleh bank. Jika kamu ingin pengajuan kamu disetujui, kamu harus memenuhi 5 prinsip berikut:

 

  1. Character

Cara pinjam uang di bank agar langsung disetujui yang pertama adalah dengan memenuhi prinsip karakter. Karakter sama dengan kepribadian. Inti dari prinsip ini adalah melakukan penilaian terhadap karakteristik kamu. Apakah kamu bisa dipercaya jika pengajuan pinjaman dana kamu disetujui. Pihak bank biasanya akan melakukan pemeriksaan melalui BI Checking dan juga hasil wawancara atau verifikasi.

 

Untuk kamu yang belum tahu, BI Checking merupakan informasi riwayat pinjaman seseorang, baik di leasing ataupun bank seluruh Indonesia. Jangan heran jika pengajuan pinjaman kamu ditolak karena saat ini, banyak perusahaan yang bekerjasama dengan lembaga keuangan seperti adira dan sinarmas. Jadi, pastikan kamu memiliki riwayat pinjaman yang bagus ya Sobat!

 

  1. Capacity

Prinsip yang kedua adalah kapasitas. Prinsip ini yang menjadi tolak ukur kamu dalam membayar kredit dan menilai kapasitas kamu menjalankan keuangan sesuai dengan penghasilan, baik sebagai karyawan atau pun memiliki usaha pribadi.

 

Mari kita ambil contoh jika kamu seorang pengusaha atau wiraswasta. Ketika kamu mengklaim memiliki sebuah usaha yang dimana keuangannya dikelola oleh anggota keluarga seperti mertua atau saudara, maka tentu saja ini akan menjadi tanda tanya oleh pihak bank apakah benar kamu menjadi pemilik dari usaha tersebut. Selain itu, pihak bank juga akan mempertanyakan kapasitas kamu dalam mengelola bisnis yang nantinya akan berentet kepada kapasitas kamu dalam mengelola keuangannya. Jadi, pastikan bahwa kamu sudah memenuhi kapasitas yang satu ini agar pinjaman uang kamu cepat disetujui.

 

  1. Capital

Kapasitas yang satu ini erat kaitannya dengan orang-orang yang merasa memiliki kredit lancar atau belum pernah mengajukan kredit tapi masih ditolak oleh pihak bank. Sebelum kamu memprotes pihak bank, ada baiknya kamu memahami prinsip yang satu ini terlebih dahulu.

 

Capital terkait akan kondisi aset dan kekayaan yang dimiliki oleh seseorang, khususnya nasabah yang memiliki sebuah usaha. Sederhananya, bank akan dengan mudahnya memverifikasi kemajuan usaha kamu dengan melihat seberapa besar keuntungan yang kamu peroleh setiap bulannya dan dibandingkan dengan total aset yang kamu miliki.

 

Contoh perhitungannya, jika kamu mengajukan pinjaman ke bank dengan nominal Rp 200 juta, tapi kamu memiliki total modal usaha Rp 50 juta dan aset Rp 100 juta serta pinjaman di bank lain Rp 50 juta, sudah bisa dipastikan pinjaman sebesar Rp 200 juta yang kamu ajukan pasti akan ditolak.

 

  1. Collateral

Cara pinjam uang di bank agar langsung disetujui selanjutnya adalah dengan memenuhi prinsip yang keempat yaitu collateral atau agunan. Apakah aset yang kamu agunkan ke pihak bank menutupi pengajuan? Apakah agunan kamu memiliki dokumen yanng legall dan sesuai prosedur bank tempat kamu mengajukan pinjaman?

 

Nasabah yang gagal melakukan pengajuan biasanya dikarenakan tidak mempertimbangkan nilai agunan. Jadi, pastikan kamu sudah memenuhi prinsip collateral agar pinjaman kamu disetujui oleh bank ya Sobat!

 

  1. Condition

Prinsip yang terakhir adalah Collateral. Prinsip ini merupakan kondisi dimana dipengaruhi oleh faktor di luar pihak bank maupun nasabah. Kondisi perekonomian suatu negara atau wilayah juga menjadi salah satu pertimbangan ketika bank akan mencairkan pinjaman kepada seseorang. Baik seorang karyawan ataupun wiraswasta. Misalnya, bank belum bisa memberikan pinjaman terkait kondisi politik di daerah yang kurang stabil imbasnya pada kebijakan pemerintah.

 

Baca juga: Pinjaman Uang Online Terpercaya Di Indonesia

 

Keuntungan Mengajukan Pinjaman di Bank

 

Nah Sobat, setelah mengetahui cara pinjam uang di bank agar langsung disetujui, kali ini TimiKimi juga akan memberikan informasi tentang keuntungan yang akan kamu peroleh jika melakukan pengajuan pinjaman di bank. Apa aja sih? Simak dibawah yuk.

 

  1. Produk Kredit Beragam
Cara Pinjam Uang di Bank

source: Google

Keuntungan meminjam uang di bank yang pertama adalah produk kredit yang ditawarkan beragam. Produk pinjaman modal usaha di bank yang cukup terkenal antara lain kredit multiguna atau KMG, kredit tanpa agunan atau KTA, dan kredit usaha rakyat atau KUR. Masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. KMG akan mempersyaratkan adanya aset jaminan, KTA bisa didapatkan tanpa agunan, dan KUR memberikan suku bunga yang lebih ringan namun ada syarat usaha tertentu yang wajib diperhatikan. Ada pula produk pinjaman plus asuransi usaha.

 

  1. Pembekalan Usaha
Cara Pinjam Uang di Bank

source: Google

Selain memberikan kredit untuk modal usaha, pihak bank juga memiliki fasilitas pembekalan usaha semacam workshop, seminar atau pelatihan manajemen. Pembekalan usaha yang diadakan bank untuk para debitur tidak dipungut biaya. Ada banyak pelatihan meningkatkan ilmu manajemen dan strategi bisnis yang bisa kamu pelajari agar bisnismu bisa terus berkembang dengan pesat. Terkait hal ini, kamu bisa bertanya langsung ke pihak bank yang memberikan pinjaman. Pilihlah bank yang aktif memberikan banyak pelatihan untuk debiturnya supaya kamu bisa mendapatkan manfaat lebih untuk kebaikan bisnis yang sedang kamu jalankan.

 

  1. Nominal Pinjaman Besar
Cara Pinjam Uang di Bank

source: Google

Keuntungan meminjam uang di bank selanjutnya adalah kamu bisa mendapatkan jumlah modal sesuai dengan kebutuhan usaha kamu. Bank bisa memfasilitasi hal ini, tidak perlu khawatir, bank memiliki semua jenis produk kredit modal usaha dengan nilai yang kamu butuhkan. Ini sangat penting, khususnya jika bisnis atau usaha yang akan kamu lakukan itu membutuhkan modal yang besar. Pinjaman dalam jumlah besar tidak akan kamu dapatkan dengan meminjam kepada kerabat atau teman yang memiliki nilai modal terbatas.

 

  1. Cicilan Sesuai dengan Kemampuan
Cara Pinjam Uang di Bank

source: Google

Keuntungan meminjam uang di bank yang terakhir adalah cicilan yang kamu ambil bisa disesuaikan dengan kemampuan. Kamu bisa berkonsultasi terkait pinjaman, proses, hingga cara pembayarannya yang bisa disesuaikan dengan kemampuan kamu. Bank akan memberikan simulasi hitungan cicilan yang harus kamu bayar setiap bulannya dengan suku bunga kompetitif dalam kurun waktu yang sudah disepakati. Bank juga akan membantu menginformasikan jika kamu telat membayar cicilan hingga nominal dendanya.  Misalnya, kamu ingin membayarnya per bulan atau mingguan atau setiap dua bulan sekali. Kamu bebas berdiskusi dengan pihak bank dengan gratis sebelum mengajukan pinjaman.

 

Baca juga: Pinjaman Uang Pribadi Tanpa Slip Gaji Di Indonesia

 

Nah Sobat, itu dia cara pinjam uang di bank agar langsung disetujui beserta keuntungan yang akan kamu peroleh. Sebenarnya, jika kamu memenuhi kriteria, persyaratan dan prinsip yang sudah ditentukan, tentu saja kamu akan dengan mudahnya mendapatkan pinjaman. Jadi, apakah kamu sudah memenuhi kriteria yang sudah ditentukan?

 

Semoga membantu!

 

Penulis: Indah Sari