Cari Tahu Perbedaan Rekening Tabungan dan Simpanan Yuk!

Banyak orang yang masih belum bisa membedakan antara rekening tabungan dan juga rekening simpanan. Meski tampak sama, nyatanya kedua jenis rekening tersebut memiliki fungsi yang berbeda lho. Tidak heran salah satu penyebab besarnya kesalahan keuangan yang sering terjadi adalah tidak tahunya perbedaan tabungan dan simpanan. Lalu apakah perbedaan dari kedua hal tersebut? Simak ulasan TunaiKita berikut ini ya!

Memiliki uang simpanan itu sangat penting Sobat, untuk menjamin kehidupan yang lebih baik. Coba kamu bayangkan, kalau tiba-tiba kamu ada urusan mendadak yang memerlukan dana cepat sedangkan kamu sedang tidak punya simpanan uang, pasti pusing kan karena harus cari pinjaman kesana-kemari?

Nah, itu mengapa penting untuk menyisihkan uang setiap bulannya untuk ditabung guna berjaga-jaga kalau butuh dana mendesak. Kalau masih bingung, kamu bisa mengikuti teori 50/20/30 yang dipopulerkan oleh pakar keuangan sekaligus profesi Harvard yaitu Elizabeth Warren. Berikut rinciannya:

  • 50 persen untuk kebutuhan pokok, seperti membayar cicilan rumah, kendaraan hingga listrik dan air.
  • 20 persen untuk tujuan finansial yaitu untuk investasi, asuransi serta menabung.
  • 30 persen untuk gaya hidup yaitu untuk belanja, nongkrong di kafe dan lainnya.

Jadi, setiap bulannya kamu wajib menabung sekitar 20 persen dari penghasilanmu. Kalau gaji kamu Rp10 juta, maka Rp2 juta sudah harus masuk ke rekening tabungan.

Perbedaan Rekening Tabungan dan Simpanan

Perbedaan Tabungan, Giro, dan Deposito. Apa Saja Bedanya? (www.qerja.com)

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa masih banyak orang yang keliru memahami perbedaan antara rekening tabungan dengan simpanan. Nah, agar tidak keliru dan gagal mengumpulkan uang alias menabung, berikut uraian perbedaan antara rekening tabungan dan simpanan. 

Rekening Tabungan

Rekening tabungan adalah rekening yang kamu pakai untuk menabung atau menyimpan uang, dan tidak dipakai untuk jangka waktu tertentu. Tapi bukan untuk investasi ya. Atau dengan kata lain, aktivitas pemasukan uang ke dalam rekening ini lebih sering dibandingkan dengan pengeluaran yang terjadi. Misalnya kamu menerima bonus atau uang tambahan lain yang sifatnya tidak rutin di luar penghasilan rutin kamu alias gaji. Jika terjadi pengeluaran, maka nilai nominalnya cenderung lebih kecil daripada pemasukan.

Biasanya tabungan memiliki jangka waktu tertentu, dan dipergunakan untuk memenuhi tujuan keuangan tertentu. Contohnya untuk uang pangkal masuk anak sekolah, biaya traveling, dan lain-lain yang sifatnya jangka pendek. Jangka pendek yang dimaksud adalah untuk jangka waktu 1-3 tahun, atau bahkan hanya dalam hitungan beberapa bulan ke depan.

Penggunaan tabungan adalah untuk pengeluaran yang sudah direncanakan. Dana yang ditaruh memang sudah disisihkan dari simpanan, sehingga tidak akan mengganggu kebutuhan hidup pokok lainnya yang sudah dialokasikan dalam simpanan. Akan tetapi, tabungan juga bisa kamu pergunakan untuk dana darurat. Yang penting, terpisah atau dalam rekening yang berbeda dengan simpanan.

Perlu dipahami bahwa tabungan pun sebenarnya tidak lepas dari risiko, yaitu risiko inflasi yang akan menggerus nilai rupiah yang kamu miliki. Jadi jangan heran kalau kamu tidak lagi bisa membeli barang yang sama dengan harga yang sama di tahun mendatang.

Baca juga: Deposito Atau Saham? Mana Yang Lebih Menguntungkan?

Rekening Simpanan

Simpanan adalah uang yang kamu tempatkan dalam sebuah rekening, di mana pemasukan yang terjadi biasanya hanya satu kali dalam sebulan, namun kamu mempergunakan rekening tersebut untuk seluruh kebutuhan. Dengan kata lain, pemasukannya sekali, dan pengeluarannya sering. Seringnya pengeluaran ini tentunya tidak sekaligus, bisa kecil-kecil namun bisa beberapa kali. Artinya, simpanan adalah tempat penyimpanan sementara uang yang kamu dapatkan, untuk kemudian dipergunakan membayar kebutuhan sehari-hari, selama satu bulan, atau sampai uang itu habis.

Nah, sebaiknya rekening simpanan dipisah dengan rekening tabungan, dengan tujuan agar kamu tidak gampang tergoda untuk mempergunakan dana yang ada untuk kebutuhan lain yang sebenarnya tidak penting. Membedakan rekening untuk simpanan ini sangat penting, karena dengan begitu kamu tahu rekening mana yang bisa dipergunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari dan mana yang untuk investasi atau kebutuhan yang lain.

Manfaat Rekening Tabungan

Tabungan sampai saat ini masih menjadi kebutuhan bagi sebagian besar orang, meskipun saat ini sudah muncul berbagai investasi yang ditawarkan untuk alternatif. Namun, tabungan masih menjadi pilihan utama untuk berbagai kalangan. Setelah memahami perbedaan antara rekening tabungan dan simpanan. Berikut manfaat dari rekening tabungan, diantaranya:

1. Mengontrol Keuangan menjadi Lebih Mudah

Jenis Tabungan untuk Masa Depan yang Lebih Baik (www.belajarkeuangan.com)

Dengan memiliki rekening tabungan kamu dapat mengontrol dengan lebih detail dan jelas mengenai pemasukan dari uang yang disimpan. Pengelolaan keuangan menjadi lebih mudah untuk mengetahui keluar dan masuknya uang, dengan begitu kondisi keuanganmu menjadi lebih sehat.

2. Persiapan Dana Darurat

Salah satu manfaat rekening tabungan adalah agar tidak pusing kalau tiba-tiba ada kebutuhan mendadak yang mengharuskan kamu menggelontorkan uang dalam waktu cepat. Karena itu, sebaiknya pilihlah rekening tabungan yang memiliki akses mudah agar kalau sewaktu-waktu butuh, bisa dicairkan dengan cepat.

3. Mencapai Tujuan

Mengeluarkan dana dalam jumlah besar sekaligus untuk membeli atau pergi ke suatu tempat tentu bukan hal yang mudah, apalagi kalau gaji kamu pas-pasan. Nah, manfaat rekening tabungan adalah agar kamu bisa mencapai tujuanmu. Misalnya kamu ingin berangkat umroh atau membeli kendaraan.

Baca juga: 8 Kesalahan Finansial Ini Tidak Dilakukan Oleh Si Sukses

4. Keuangan lebih sehat

Secara tidak sadar, memiliki rekening tabungan akan membuat manajemen keuangan kamu jauh lebih sehat lho, Sobat. Kamu bisa terhindar dari kebiasaan buruk menghambur-hamburkan uang seperti membeli barang yang tidak dibutuhkan. Saat mempunyai rekening tabungan, maka kamu bisa lebih hemat dan mempunyai pos-pos tabungan yang memang ditujukan untuk keperluan yang lebih penting.

5. Jauh Lebih Aman Dibandingkan Investasi

10 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Dengan Gaji Kecil Semua Kalangan (dewailmu.id)

Menabung memang lebih aman daripada investasi. Dalam berinvestasi diperlukan menghadapi risiko yang lebih besar dari tabungan. Namun jika kamu dapat berinvestasi secara tepat, maka hasil yang didapat lebih besar ketimbang tabungan. Karena investasi memiliki risiko yang lebih besar ketimbang tabungan.

6. Mendapatkan Bunga Setiap Bulannya

Selain kita dapat mengatur perencanaan dan strategi keuangan, dengan rekening tabungan kamu pun dapat memperoleh keuntungan yang lebih. Biasanya, jika kamu menabung di bank, bank akan memberikan bunga dan beberapa keuntungan lain pada kurun waktu tertentu.

Namun, bunga yang diberikan oleh bank jumlahnya rendah bahkan bisa lebih rendah dari tabungan kamu sendiri. Walaupun begitu, tetap saja bunga yang diberikan oleh bank bisa kita jadikan sebagai pendapatan lebih yang menguntungkan.

Baca juga: Ketahui 7 Risiko Berikut Sebelum Mulai Berinvestasi

Kenali dan Pahami Perbedaannya

Nah, Sobat sudah tidak keliru mengenai perbedaan rekening tabungan dan simpanan bukan? Mempunyai rekening tabungan dan simpanan sama pentingnya. Dengan mempunyai rekening tabungan, kamu pun tidak perlu susah mencari pinjaman ketika membutuhkan dana darurat. Yuk, atur keuanganmu agar jauh lebih sehat dan terarah! Semoga informasi yang TimiKimi berikan dapat bermanfaat dan membantumu dalam mengatur keuangan. Selamat mencoba!