Cek Biaya Bangun Rumah Minimalis Tahun 2019, Habis Berapa Ya?

Membangun rumah sendiri adalah impian banyak orang. Dengan membangun rumah sendiri, kamu bisa membuat rumah yang sesuai dengan keinginanmu. Lalu untuk mewujudkannya, kira-kira berapa biaya bangun rumah minimalis saat ini? Coba kita cek bersama!

Siapa pun pasti ingin memiliki hunian rumah sendiri, tak terkecuali dirimu bukan? Memiliki rumah sendiri bukan hanya untuk kepentingan prestise, tapi juga karena kebutuhan. Dengan memiliki rumah sendiri, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengontrak atau menyewa rumah. Untuk memiliki rumah sendiri ini, ada dua cara yang biasanya dilakukan orang, yakni membelinya dalam bentuk sudah jadi sehingga tinggal langsung ditempati atau membangunnya sendiri alias hanya membeli tanahnya saja. Meski sekarang lebih banyak orang yang membeli rumah dalam bentuk sudah jadi, tapi bukan berarti tidak ada lagi orang yang lebih memilih untuk membangun rumah sendiri. Dengan membangun rumah sendiri, kamu bisa mendapatkan hunian rumah yang kamu inginkan.

Membangun rumah memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, orang lebih banyak yang memilih untuk membangun rumah dengan konsep minimalis. Sesuai dengan namanya, rumah minimalis merupakan rumah dengan konsep pengaturan perabotan yang minum dengan tambahan unsur modern di dalamnya. Jenis rumah minimalis memiliki beberapa tipe, yakni tipe 21, tipe 36, tipe 45, dan tipe 60. Tipe yang dimaksud di sini adalah luas bangunan rumah yang kamu miliki nanti, bukan luas keseluruhan termasuk halaman. Misalkan saja luas tanah yang kamu beli 100 meter, tapi luas rumah yang kamu bangun (luas bangunannya) hanya 60 meter saja karena sisanya akan digunakan untuk lahan parkir mobil.

Baca juga: Alasan Kenapa Take Over KPR Bisa Jadi Pilihan Tepat Untuk Kredit Rumah

Biaya Bangun Rumah Minimalis 2019

Biaya Bangun Rumah (livemint.com)

Lantas untuk membangun rumah minimalis ini, kira-kira berapa biaya yang kita butuhkan? Sebelum menghitung biaya bangun rumah minimalis ini, kita akan menentukan terlebih dahulu contoh kasusnya. Misalkan saja, kamu ingin membangun rumah minimalis dengan tipe 45. Mari kita hitung bersama-sama yuk!

  • Ongkos Jasa  Mandor dan Tukang

Untuk menghitung biaya bangun rumah minimalis, hal kedua yang harus kamu hitung adalah ongkos jasa mandor dan tukang. Keberadaan mandor dan tukangnya ini sangat menentukan biaya yang akan kamu keluarkan nantinya. Mandor merupakan orang yang akan mengepalai para tukang. Biasanya hanya akan ada 1-3 mandor untuk membangun rumah, tapi untuk tukangnya kamu bisa membutuhkan sekitar 3-5 orang. Ongkos untuk membayar mandor akan lebih besar hingga 2x lipat dibanding ongkos membayar tukang. Jika ongkos tukang saat ini adalah Rp150 ribu, sementara untuk mandor ongkosnya Rp200 ribu. Katakanlah rumah minimalis yang akan kamu bangun ini memakan waktu 3 bulan lamanya. Maka perhitungannya menjadi seperti ini:

Ongkos jasa mandor 2 orang x Rp200 ribu x 90 hari (3 bulan) = Rp36 juta

Ongkos jasa tukang 3 orang x Rp150 ribu x 90 hari (3 bulan) = Rp40,5 juta

Jadi totalnya menjadi Rp36 juta + Rp40,5 juta = Rp76,5 juta

Baca juga: Ingin Cicil Rumah Tanpa Bunga? Coba Ajukan KPR Mandiri Syariah!

  • Biaya Bahan Bangunan

Setelah menghitung biaya ongkos jasa mandor dan tukang, kamu menghitung biaya bahan bangunan yang juga termasuk dalam biaya bangun rumah. Bahan-bahan bangunan yang akan dibeli untuk membangun rumah minimalis adalah batako, cakar ayam, besi beton kombinasi, genteng, konstruksi baja ringan, kayu meranti, keramik, cat, kusen jendela dan pintu, serta atap plafon. Jika menghitung satu persatu, pastinya kamu akan bingung sendiri. Untuk mempermudah, kita akan menghitung bahan bangunan per meternya. Diprediksi untuk kebutuhan bahan bangunan per meter bisa mencapai Rp4 juta. Jika luas bangunan yang akan kamu adalah 45 meter persegi, maka perhitungannya menjadi 45 meter persegi x Rp4 juta = Rp180 juta.

  • Biaya Lain-lain

Selain biaya-biaya yang ada di atas, kamu juga harus menyiapkan biaya lain-lain atau biaya tidak terduga supaya ketika ada biaya-biaya lainnya yang belum dihitung, kamu sudah menyiapkan dana khusus. Biasanya biaya lain-lain ini akan digunakan untuk mendekorasi rumah atau membeli perabotan. Sebagai bahan pertimbangan, sebaiknya kamu siapkan dana sekitar Rp10-Rp15 juta untuk biaya lain-lain atau biaya jaga-jaga ini.

Total Perhitungan Biaya Bangun Rumah Minimalis 2019

Biaya Bangun Rumah (www.futureanalytics.ie)

Dengan perhitungan biaya bangun rumah minimalis 2019 yang ada di atas untuk rumah tipe 45, kamu bisa menghitung biaya keseluruhan yang perlu disiapkan yakni:

  • Ongkos mandor dan tukang Rp76,5 juta
  • Biaya bahan bangunan Rp180 juta
  • Biaya lain-lain Rp15 juta

Jadi total keseluruhan biaya bangun rumah minimalis tipe 45 menjadi Rp271,5 juta. Ingat ya Sobat, jumlah ini hanya biaya bangun rumah saja, belum termasuk biaya membeli tanahnya. Jika kamu akan membeli tanah seluas 70 meter dengan harga per meternya mencapai Rp3 juta, maka perhitungannya menjadi seperti ini:

Luas tanah 70 meter x Rp3 juta = Rp210 juta

Jika ditambahkan dengan biaya bangun rumah, akan menjadi Rp210 juta + Rp271,5 juta = Rp481,5 juta perkiraan dana keseluruhan yang harus kamu sediakan untuk bisa membangun rumah impian.

Sebenarnya ada beberapa trik khusus yang bisa kamu gunakan untuk menghemat biaya bangun rumah supaya jumlahnya bisa kurang dari angka di atas, pertama dengan menyewa mandor dan tukang secara borongan alias bukan harian, pilih pintu dan jendela yang terbuat dari besi karena material kayu akan lebih mahal harganya, lakukan survei bahan material supaya kamu bisa tahu toko bangunan mana yang lebih murah, dan memilih bahan material lokal bukan bahan impor.

Baca juga: Ingin Beli Rumah? Pelajari Dulu Cara Simulasi KPR BTN Yang Mudah Ini

Butuh Dana Tambahan untuk Membangun Rumah? Ajukan Pinjaman Online Saja!

Bangun Rumah (lancequadras.com)

Kamu sudah menyisihkan dana untuk membangun rumah, tapi ternyata ada biaya bangun rumah yang masih kurang? Lebih baik kamu mengajukan pinjaman online saja yang mudah dan cepat pencairan dananya. Untuk pilihan penyedia pinjaman online yang terpercaya dan aman ada TunaiKita. TunaiKita yang merupakan aplikasi pinjaman online yang bisa dimanfaatkan untuk tambahan dana membangun rumah. Dengan begitu, kamu tak perlu risau lagi kekurangan modal untuk usaha. TunaiKita sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sehingga semua prosesnya diawasi.

Plafon pinjaman yang diberikan oleh TunaiKita mulai dari Rp1 juta hingga Rp20 juta. Sedangkan masa tenornya hingga 180 hari (6 bulan). Syarat yang harus kamu penuhi adalah KTP (Kartu Tanda Penduduk), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), dan rekening bank lokal seperti Bank Mandiri, Bank Permata, Bank Mega, Bank Danamon, BCA, BRI, dan BNI. Untuk mengajukan pinjaman online di TunaiKita juga sangat mudah.

Pertama-tama, kamu harus mendownload aplikasi TunaiKita. Kemudian lakukan registrasi terlebih dahulu agar bisa login. Setelah berhasil login, kamu harus mengisi data diri secara lengkap dan mengupload dokumen yang disyaratkan. Kalau sudah, kamu tinggal memilih nominal pinjaman yang diinginkan dan beserta jangka waktu peminjamannya. Kalau sudah, lalu klik mulai pengajuan. Tunggu pengajuan diproses dalam jangka waktu 1-3 hari kerja. Jika pengajuan disetujui, maka dana akan langsung cair melalui rekening tabungan yang sudah kamu berikan sebelumnya. Tidak sulit bukan caranya?

Setelah dana cair, kamu bisa langsung menggunakannya untuk tambahan dana membangun rumah impianmu. Semoga rumahmu cepat selesai dan bisa langsung ditempati ya Sobat!