Cek Jasa Peminjaman Uang yang Bisa Diandalkan Saat Kepepet

Jasa peminjaman uang saat ini bisa ditemukan dengan mudah, baik itu secara online maupun offline. Jadi saat kamu butuh dana mendadak saat kepepet, kamu bisa langsung mengajukan pinjaman. Lantas di mana saja jasa peminjaman uang yang bisa kamu tuju? Coba kita cek langsung saja di sini!

Dalam hidup, yang namanya mengalami kesulitan ekonomi memang tidak akan pernah bisa dihindari. Kebutuhan hidup yang semakin meningkat tidak sebanding dengan penghasilan yang dimiliki. Inilah yang membuat orang terpaksa harus meminjam uang saat mengalami masalah finansial. Ketika butuh dana pinjaman, kita tak lagi mengandalkan teman atau saudara untuk memberikan pinjaman karena belum tentu mereka memiliki dana sejumlah yang kita butuhkan. Oleh karena itu, di sinilah peran jasa peminjaman uang diperlukan.

Jasa peminjaman uang merupakan layanan peminjaman uang yang akan memberikanmu pinjaman di saat-saat terdesak. Tapi tidak semua jasa peminjaman uang bisa kamu tuju karena jika salah tempat, bisa-bisa nantinya kamu akan terjerumus dalam renterir hutang seperti lintah darat yang memberikan bunga sangat tinggi. Kita disarankan untuk memilih jasa peminjaman uang yang tepat seperti beberapa tempat yang ada di bawah ini!

  • Bank

Bank (www.loansolutions.ph)

Jasa peminjaman uang pertama pastinya adalah bank yang menjadi tempat peminjaman uang paling diminati oleh masyarakat. Bank ini sudah pasti terjamin keamanannya sehingga kamu tidak perlu khawatir saat mengajukan pinjaman di bank. Ada dua jenis pinjaman yang ditawarkan oleh bank yaitu Kredit Tanpa Agunan (KTA) dan KMG (Kredit Multiguna). KTA merupakan jenis pinjaman yang tidak membutuhkan agunan atau jaminan, sedangkan KMG merupakan jenis pinjaman yang membutuhkan jaminan aset seperti sertifikat rumah hingga BPKB (Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor). Untuk syarat pengajuannya tidaklah berbeda. Kamu cukup menyiapkan KTP (Kartu Tanda Penduduk), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), slip gaji, rekening koran selama 3 bulan terakhir, dan kartu kredit aktif minimal 1 tahun penggunaan. Sedangkan untuk KMG ada tambahan syarat dokumen aset yang harus diserahkan.

Baca juga: Syarat Dan Ketentuan Pinjaman Uang Yang Bisa Dicicil, Simak Baik-Baik Ya!

  • Pegadaian

Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian (eljohnnews.com)

Selanjutnya ada Pegadaian yang menjadi salah satu jasa peminjaman uang untuk kamu pilih. Cara pengajuannya, kamu harus menggadaikan aset milikmu, baik itu berupa emas, sertifikat rumah atau tanah, BPKB, dan lain sebagainya. Untuk nominal pinjaman yang bisa diberikan tergantung dari nilai aset yang kamu miliki. Tapi biasanya nominal yang bisa dipinjamkan berkisar antara 70-80% dari nilai jual aset. Berbeda dengan produk kredit multiguna yang dimiliki oleh bank, pinjaman mudah dari Pegadaian ini prosesnya terbilang cukup cepat. Kamu bisa mendapatkan dana pinjaman dalam jangka waktu 1-3 hari kerja saja.

  • Koperasi

Koperasi (ivoox.id)

Jasa peminjaman uang koperasi seringkali menjadi tujuan masyarakat jika tidak bisa mendapatkan dana pinjaman dari bank dan Pegadaian. Jika kamu mengajukan pinjaman koperasi, tidak ada agunan yang perlu kamu berikan, tapi syarat utamanya adalah kamu harus terdaftar dulu menjadi anggota koperasi karena hanya anggota sajalah yang bisa mengajukan pinjaman di koperasi. Bunga yang diberikan pinjaman koperasi tergolong lebih rendah dibanding jenis pinjaman lainnya. Hanya saja, dana pinjaman yang bisa didapat tidak sebanyak jenis pinjaman lainnya karena sumber dana koperasi hanya berasal dari iuran anggotanya saja. Syarat lainnya untuk mengajukan pinjaman koperasi adalah KTP, NPWP, slip gaji atau surat keterangan penghasilan, kartu keluarga, dan rekening listrik atau PDAM sebagai tanda bukti tempat tinggal.

Baca juga: Pinjam Uang 20 Juta Tanpa Jaminan, Bisa? Ikuti Cara Jitu Ini!

  • TunaiKita

TunaiKita (Sumber: www.tunaikita.com)

Jasa peminjaman uang yang terakhir adalah pinjaman online dari TunaiKita. TunaiKita merupakan aplikasi pinjaman online yang aman dan terpercaya karena sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Untuk dana yang bisa didapat dari pinjaman TunaiKita bisa mencapai angka maksimun Rp20 juta. Sedangkan untuk jangka waktu cicilan yang bisa dipilih hingga mencapai 180 hari (6 bulan). Syarat pengajuan dari pinjaman online TunaiKita sangatlah simpel. Kamu hanya memerlukan tiga syarat utama saja, yakni KTP (Kartu Tanda Pengenal), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), dan nomor rekening bank lokal seperti BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, Bank Permata, Bank Danamon, dan Bank Mega. Setelah ketiga syarat pengajuan di atas sudah dipersiapkan, kamu bisa mengikuti langkah-langkah mudah yang ada di bawah ini:

  • Download aplikasi TunaiKita di PlayStore atau AppStore
  • Lakukan registrasi dengan mengisi data diri berupa nama lengkap, alamat email, dan nomor telepon
  • Lakukan login ke dalam aplikasiIsi persyaratan dokumen yang diminta
  • Tentukan nominal pinjaman yang diinginkan dan masa tenor pinjaman yang kamu sanggupi
  • Klik ajukan dan tunggu pihak TunaiKita memproses pengajuan pinjaman online 24 jam

Baca juga: Cara Ajukan Pinjaman Pribadi Tanpa Syarat Yang Ribet Dan Pilihan Penyedianya

Tips Supaya Pinjaman Bisa Langsung Diterima

Pinjaman (tstatic.net)

Setelah mengetahui apa saja tempat penyedia jasa peminjaman uang yang ada di Indonesia, lantas kamu jangan langsung mengajukannya begitu saja tanpa adanya persiapan terlebih dahulu. Coba simak dulu beberapa tips yang ada di bawah ini ya Sobat!

  • Penuhi Syarat dan Dokumen

Pertama, penuhi dulu semua syarat dan dokumen yang diminta oleh pihak jasa peminjaman uang. Jika kamu mengajukannya secara online, maka scan semua berkas dokumen yang dibutuhkan. Tapi jika kamu mengajukannya secara offline, maka kamu harus memfotokopi dokumen persyaratannya. Pastikan semua hasil scan atau fotokopi bisa terbaca dengan jelas dan tidak buram agar penyedia pinjaman bisa memastikan syarat dokumen yang diberikan.

  • Ajukan Pinjaman Seperlunya

Indonesian Rupiah (bwbx.io)

Meskipun penyedia pinjaman mudah memberikan maksimum nilai pinjaman hingga puluhan dan ratusan juta, tapi bukan berarti kamu bisa mengajukan pinjaman sesukamu. Ajukan pinjaman uang seperlunya saja alias sesuai dengan kebutuhan. Mengajukan pinjaman yang berlebihan bisa menambah beban hutangmu jadi lebih berat.

  • Ambil Jangka Waktu yang Tepat

Tips selanjutnya adalah mengambil jangka waktu cicilan yang tepat. Semakin lama kamu mengambil jangka waktu, maka semakin sedikit ringan cicilan yang harus dibayarkan per bulan, tapi bunga yang dibayar semakin besar. Begitu pula kebalikannya. Jadi pikirkan dengan baik-baik jika kamu ingin mengajukan pinjaman mudah. Jika kondisi keuanganmu saat ini pas-pasan, maka lebih baik ambil jangka waktu cicilan yang agak lama supaya cicilan bisa dilunasi tepat waktu hingga selesai.

  • Lalukan Simulasi Perhitungan

Menghitung (www.paymentsense.com)

Tips yang terakhir adalah kamu harus melakukan simulasi perhitungan. Dengan begitu kamu bisa mengetahui sejauh mana kemampuan finansialmu untuk membayar hutang cicilan per bulannya karena pihak penyedia pasti juga akan melakukan perhitungan seperti ini terlebih dulu untuk meloloskan pengajuan pinjamanmu. Jika merasa kesulitan melakukan perhitungan, kamu bisa menggunakan kalkulator perhitungan online yang bisa kamu searching di Google.

Itulah sedikit informasi mengenai jasa peminjaman uang yang ada di Indonesia berikut dengan tips-tips mengajukannya agar cepat diterima. Semoga dengan adanya informasi tersebut, permasalahan ekonomimu bisa terselesaikan dengan baik.