Cek Strategi Memilih Pinjaman Online Tanpa Jaminan, Solusi Tepat Kebutuhan Finansialmu!

pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat

Pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat memang tidak selalu menjadi pilihan yang buruk untuk kamu yang membutuhkan dana cepat. Jika memang kamu sangat membutuhkan dana mendesak, namun tidak memiliki jaminan seperti kartu kredit, maka pinjaman online menjadi alternatif yang sangat membantu. 

Di era digital saat ini, kemudahan yang diberikan sangatlah beragam khususnya di dunia finansial. Untuk kamu yang membutuhkan dana cepat, tidak perlu lagi pinjam uang ke bank yang mengharuskan adanya jaminan. Selain prosesnya yang cukup lama dan syarat yang diberikan pun juga tergolong rumit. Nah, dengan adanya pinjam uang online tanpa jaminan dan syarat, kamu yang butuh dana cepat tidak perlu khawatir lagi, lho! Disamping prosesnya yang cepat dan mudah, pinjaman online tidak memerlukan jaminan atau agunan.

Tentu saja fasilitas pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat ini sangat memudahkan masyarakat untuk mencari pinjaman dana tanpa perlu memberikan jaminan. Masyarakat umumnya meminjam uang ke lembaga penyedia pinjaman uang seperti bank atau koperasi, namun uang yang dipinjam tentu harus mempunyai jaminan berharga. Selain itu, harus melewati survey yang membutuhkan waktu beberapa lama dan tidak bisa langsung cepat cair. Nah, berikut ini ulasan mengenai strategi memilih pinjaman uang online untuk kebutuhan finansialmu. Simak ya!

Pinjaman Uang Online Tanpa Jaminan dan Syarat, Ini Strategi Memilihnya!

Source: Google

Belakang ini pinjaman online sangat banyak diminati, sebab syarat yang diberikan sangat mudah dan proses pencairan uangnya pun cukup cepat. Tetapi, kamu tidak boleh asal pilih penyedia pinjaman online ya! Jika kamu tidak hati-hati, bisa-bisa kamu malah rugi dan tenggelam dengan utang-utangmu. Namun, bagaimana cara untuk mengetahui kalau pinjaman online tersebut terpercaya? Simak tips dari TimiKimi!

1. Tentukan Besar Pinjaman yang Dibutuhkan

Menimbang dan memikirkan berapa besar jumlah uang yang kamu butuhkan sangatlah penting, Sobat! Sebab, menentukan jumlah pinjaman itu artinya kamu juga harus menyesuaikan dengan kebutuhan yang kamu miliki. Selain itu, harus dipikirkan apakah jumlah uang tersebut sesuai dengan kemampuan kamu dalam membayar dan melunasinya dari penghasilan yang kamu dapatkan setiap bulannya.

Hal ini perlu dipertimbangkan agar tidak mengalami kesulitan saat hendak mengangsur pinjaman tersebut. Jangan pernah meminjam lebih dari yang dibutuhkan, itu hanya bisa menambah beban angsuran pembayaranmu saja. Jika kamu sudah merasa yakin untuk melakukan pinjaman online, maka saat itu pula kamu harus memutuskan untuk menekan jumlah pengeluaran bulananmu. Karena kamu harus membayar kewajiban pinjamanmu. Jadi, belanja dan hangout-mu harus di stop untuk sementara ya, Sobat!

Baca juga: Jangan Ajukan Pinjaman Online Pribadi Sebelum Kamu Tahu Plus Minusnya

2. Bandingkan dengan Berbagai Penyedia Pinjaman Online yang Ada

Source: Google

Saat ini sudah banyak sekali lembaga penyedia pinjaman online atau yang biasa disebut dengan fintech. Untuk itu, kamu dituntut harus teliti dan cermat dalam memilih fintech mana yang akan menjadi tempat kamu mengajukan pinjaman, terlebih lagi jika kamu belum pernah mengajukan pinjaman uang secara online sebelumnya. Sebaiknya kamu bisa mencari informasi melalui internet seperti website resmi, testimoni nasabah, dan sebagainya. Jika kamu masih belum yakin dan ingin mencari tahu informasi lebih lengkap mengenai fintech yang akan kamu ajukan pinjaman, kamu bisa langsung menghubungi customer service.

3. Lakukan Simulasi dengan Kalkulator Pinjaman

Agar lebih meyakinkan untuk mengetahui jumlah angsuran taupu pembayaran dari pinjamanmu, maka kamu dapat melakukan simulasi. Simulasi pinjaman penting sekali untuk dilakukan agar kamu dapat memperoleh gambaran tentang jangka pinjaman. Cara yang terbaik kamu bisa melakukan simulasi ketika kamu telah mengambil keputusan bulat untuk melakukan pinjaman.

Umumnya perusahaan pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat meminta kamu untuk melakukan simulasi pinjaman secara online dengan kalkulator yang ada pada situs mereka, yang berguna untuk mengetahui jumlah dana yang ingin kamu pinjam ketika mengajukan pinjaman.

4. Harus Di Bawah Pengawasan OJK

Source: Google

Sobat, ini merupakan salah satu hal yang paling penting untuk kamu perhatikan. Kamu harus benar-benar memastikan bahwa penyedia pinjaman online yang kamu pilih sudah terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Mengapa hal ini penting? Karena penyedia pinjaman online yang telah terdaftar di OJK kredibilitasnya sudah terjamin. Kamu pun akan merasa lebih aman, baik mengenai data ataupun bunga yang telah ditetapkan. Jika belum terdaftar OJK, bisa jadi layanan tersebut abal-abal.

Bisa jadi mereka hanya ingin mengambil data calon nasabah dan di jual ke pihak yang tidak bertanggung jawab. Kamu tidak mau kalau hal ini terjadi bukan? Dengan terdaftar di OJK, maka nasabah mempunyai perlindungan konsumen. Karena perusahaan pinjaman online wajib mematuhi ketentuan perilaku dan etika yang telah ditetapkan oleh regulator.

5. Biaya Administrasi

Source: Google

Terkadang tempat penyedia pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat ada yang menetapkan biaya administrasi setiap kamu mengajukan pinjaman. Umumnya biaya administrasi jumlahnya tetap. Jika memang ada, maka perhatikan besaran biaya yang ditetapkan. Memberatkan dan membuatmu sulit mengatur keuangan. Karena kamu di sini sedang membutuhkan dana untuk keperluan mendesak, jangan sampai jumlah biaya administrasi melampaui kemampuan kamu dalam membayar pinjaman.

6. Suku Bunga

Di sini kamu juga harus memperhatikan suku bunga pada masing-masing penyedia pinjaman online, Sobat. Karena kebanyakan layanan pinjaman online menerapkan bunga yang cukup mencekik. Ada yang sampai satu persen sehari! Misalnya, kamu pinjman Rp1 juta untuk sebulan maka setiap hari kamu harus bayar bunga sebesar Rp10 eibu. Dalam sebulan kamu harus bayar bunga Rp300 ribu, itu pun belum termasuk pinjaman pokok.

7. Jangka Waktu Pembayaran

Tenor atau jangka waktu pembayaran pada penyedia pinjaman uang online tanpa jaminan dan kartu kredit, kamu harus membayar pinjaman tersebut biasanya 30 hari saja. Itu pun dengan catatan semakin lama kamu membayar maka bunganya akan semakin bertambah. Untuk itu, kamu harus segera menyisihkan uang penghasilanmu untuk membayar cicilan utangmu, jangan sampai sudah lewat jatuh tempo ya, Sobat. Yang ada bungamu terus berjalan dan tagihanmu semakin membengkak.

Baca juga: 5 Aplikasi Pinjaman Online Yang Aman Dan Proses Cairnya Cepat

8. Proses Pencairan Dana

Source: Google

Hampir semua layanan penyedia pinjaman online proses pencairan dananya cepat. Biasanya pinjaman online akan mentransfer dana yang kamu pinjam bila pinjamanmu disetujui. Biasanya butuh waktu sekitar satu hari, dari waktu kamu mengajukan sampai proses pencairan dana. Jika dibandingkan dengan mengajukan pinjaman di bank, tidak akan sesingkat itu kan. Kamu harus isi formulir pengajuan dan melengkapi dokumen. Setelah itu kamu juga harus menunggu telepon dan verifikasi dari bank.

Pilih Penyedia Pinjaman Online yang Aman

Setelah kamu mengetahui strategi memilih pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat, saatnya kamu pilih mana yang sesuai dengan kebutuhanmu dan terbukti aman. Sebab jika kamu memilih pinjaman online tanpa mengecek kembali mengenai informasi detailnya, kamu sendiri yang akan kesulitan nantinya. Pilihlah pinjaman uang online terpercaya. Semoga informasi yang TimiKimi berikan bermanfaat untuk, Sobat!