Atur Gaji dengan Cermat Biar Nggak Numpang Lewat

Mendapat pekerjaan dengan gaji yang layak tentu menjadi impian setiap orang. Kita juga pasti ingin mengatur keuangan sendiri agar hidup terjamin. Untuk memenuhi standar kelayakan itu pun berbeda bagi masing-masing individu. Lalu, bagaimana cara agar gaji tidak hanya numpang lewat? Simak ulasannya berikut ini ya!

Bagi kamu yang merantau di kota orang pasti memiliki kebutuhan yang agak berbeda dengan yang masih bisa menetap di rumah bersama keluarga. Mengatur keuangan jadi salah satu hal yang gampang-gampang susah untuk dilakukan. Gampang kalau kamu sudah terbiasa mengatur keuangan, tapi bisa jadi susah kalau tiba-tiba banyak pengeluaran yang tidak terduga. Paling sering nih, gaji yang didapat terkesan cuma numpang lewat saja, karena habis sama pembayaran ini itu. 

Hasilnya? Akhir bulan kamu harus jadi lebih hemat, karena dana yang tersedia lagi seret. Nah, daripada kamu stres, tips berikut ini mungkin bisa membantu mengelola gaji bulanan kamu supaya tidak cepat habis. Agar di akhir bulan kamu masih punya tabungan dan tentunya tidak mengeluarkan banyak pengeluaran, simak ulasan TunaiKita yuk!

Tips Cara Atur Gaji Agar Tidak Cepat Habis

1. Buat Daftar Kebutuhan yang Harus Dibeli

12 Tips Belanja Bulanan buat Anak Kost yang Totalnya Nggak Sampe 200 Ribu! (www.yukepo.com)

Cara atur gaji yang pertama harus kamu lakukan agar gaji kamu tidak hanya numpang lewat saja yaitu buatlah daftar kebutuhan yang perlu kamu beli. Ingat ya, Sobat! Kebutuhan bukanlah keinginan, artinya di sini kamu harus mementingkan untuk membeli barang-barang kebutuhan yang sudah habis dan perlu membeli persedian selanjutnya. 

Untuk kamu yang tinggal di kost, tentunya punya daftar belanja bulanan, terutama barang-barang kebutuhan sehari-sehari. Daftar kebutuhan ini harus kamu buat sedetail-detailnya, Sobat. Kamu juga harus menentukan berapa jumlah kebutuhan yang harus kamu beli dan harga perkiraan dari barang-barang tersebut, jadi kamu juga bisa menentukan jumlah maksimal yang harus kamu keluarkan untuk belanja bulanan. Biaya belanja bulanan ini juga bisa kamu buat tetap jumlahnya setiap bulan, sehingga kamu bisa memasukkannya ke daftar alokasi pengeluaran tetap.

Baca juga: 6 Hal Boros Yang Selalu Dilakukan Millennials Setelah Gajian

2. Batasi Pemakaian Kartu Kredit

Kartu Kredit Terbaik 2019 (www.finansialku.com)

Jika kamu termasuk orang yang susah mengontrol diri untuk berbelanja, maka wajib untuk kamu membatasi penggunaan kartu kredit. Ini merupakan cara atur gaji berikutnya yang bisa kamu lakukan. Agar kamu tidak terbebani dalam melakukan pembayaran setiap bulannya, gunakanlah kartu kredit secara bijak dan sesuai dengan kebutuhan, bukan berdasarkan keinginan. Jangan memiliki lebih dari dua kartu kredit di dalam dompet jika kamu tidak bisa mengontrol penggunaanya. Gunakan kartu kredit secara bijaksana agar tidak terbebani saat membayarnya. Tuntaskan semua pembayaran kartu kredit dan utang lainnya, segera setelah gaji masuk. Dengan melunasi tagihan tersebut, di bulan-bulan berikutnya tidak akan terbebani lagi dengan utang.

3. Jangan Sering Pergi Keluar Rumah

Ini mungkin sedikit berat, jangan terlalu sering keluar rumah, maksudnya untuk main atau sekedar nongkrong. Sesekali memang perlu dilakukan, namun jangan jadikan itu sebagai kebiasaan, karena kebiasaan ini kelihatannya tak begitu banyak menghabiskan uang, namun sebenarnya sangat berpengaruh terhadap berkurangnya gaji yang kamu dapatkan setiap bulannya. Jika perlu kamu bisa menjadwalkan juga kapan waktu keluar untuk refreshing, kamu tidak harus keluar rumah setiap hari untuk bertemu teman-temanmu kan? Keluar rumah bersama teman sering membuat kita sulit mengontrol diri dalam menjaga keuangan.

4. Memiliki Dana Cadangan sebgai Tabungan

Tiga Perbedaan Utama Menyimpan Uang Deposito dan Tabungan (www.money.kompas.com)

Setelah menerima gaji, kamu bisa menganggarkan 10 hingga 30 persen untuk menabung. Buatlah rekening bank khusus untuk menampung anggaran tabunganmu. Jangan menggunakan fasilitas kartu ATM, agar uang yang ada di rekening tersebut tidak mudah digunakan. Nah, ini bisa dijadikan sebagai cara atur gaji kamu setiap bulannya. Jadi, selalu ingat memotong pemasukan untuk ditabung lebih dahulu, daripada menyisakan gaji setelah membelanjakan gaji. Biasanya untuk menyisihkan gaji bulanan itu tak akan pernah bisa, dan itu hanya membuat kamu menunda-nunda menunggu gaji bulan depan.

Baca juga: 7 Tips Ini Bisa Kembalikan Semangat Kamu Setelah Libur Panjang

5. Jangan Lupa Berinvestasi

Online Single Submission Beri Kemudahan Investasi (www.indovoices.com)

Cara atur gaji yang berikutnya agar gaji yang kamu terima tidak cepat habis begitu saja tanpa hasil, janganlah lupa terhadap pentingnya berinvestasi. Kamu bisa memilih berbagai macam instrumen investasi, mulai dari saham, reksa dana, jual-beli mata uang asing, menabung berjangka, membeli logam mulia atau emas, dan sebagainya. Melakukan investasi, selain sebagai kontrol dalam penggunaan uang, bisa juga sebagai sarana untuk memperoleh pendapatan sampingan. Secara otomatis, hal ini akan menambah pemasukan dalam satu bulan atau beberapa waktu mendatang yang sifatnya jangka panjang.

6. Bawa Uang Cash Secukupnya

Bawalah uang secukupnya, jangan membawa uang terlalu banyak di dalam dompet. Selain berbahaya untuk keamanan, uang yang banyak sering membuat kita tergoda dan kalap sehingga ingin membeli segala sesuatu yang kadang tidak perlu.

Jadi, sebaiknya kamu membawa uang secukupnya sesuai dengan keperluan, jika ingin berbelanja maka bawa uang untuk belanja saja ditambah untuk jaga-jaga jika terjadi sesuatu di jalan seperti ban bocor atau yang lainnya. Ini sangat membantu sekali dalam menjaga gaji kamu agar tidak mudah terkuras habis dan jadi jauh lebih hemat. 

7. Belanja Online Bisa jadi Alternatif

The Online Shopping Experience Has Radically Changed. Your Dealership Can Reap the Benefits (www.digitaldealer.com)

Hal lainnya yang juga bisa kamu pertimbangkan dan pilihan dalam berbelanja agar lebih hemat yaitu dengan berbelanja secara online. Tentu Sobat tahu bagaimana kemudahan berbelanja secara online bukan? Selain menghemat energi dan biaya karena tidak perlu keluar ongkos dan pergi ke supermarket, dengan belanja online kamu hanya duduk manis kapan pun dan di mana pun sudah bisa mendapatkan produk yang dicari. 

Bayarnya pun tidak perlu mengantri, hanya transfer melalui ATM kamu sudah bisa mendapatkan barang yang kamu inginkan. Terlebih lagi, banyak produk yang dijual secara online, seperti marketplace dan lainnya, mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga barang-barang yang tahan lama seperti elektronik dan lainnya. Bahkan, produk-produk yang ditawarkan secara online juga banyak sekali yang promo. Kamu akan lebih diuntungkan, bukan?

8. Berteman dengan Orang yang Sederhana

How To Keep Friends After College, Even If There’s Distance Between You (www.homeworkhelpglobal.com)

Untuk tips terakhir cara atur gaji kamu agar tidak cepat habis, kamu bisa berteman dengan orang yang mempunyai gaya hidup sederhana. Jika kamu berteman dengan orang-orang yang suka makan di restoran mahal, maka kamu otomatis akan makan bersama mereka hampir setiap saat dan pengeluaranmu jadi membengkak. Nah, lain halnya jika kamu berteman dengan mereka-mereka yang sederhana, maka otomatis biaya untuk nongkrong dengan mereka tidak akan sebanyak ketika teman-temanmu yang hidupnya hedon.

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Pasca Lebaran Agar Kantong Tak Kebobolan

Yuk, Budayakan Hidup Hemat!

Mengembangkan kebiasan menabung dan kontrol kebutuhan adalah hal utama yang bisa kamu terapkan agar gaji tetap aman. Ingat ya, Sobat agar selalu menjadikan kebiasaan berhemat sebagai gaya hidup. Setelah menjadi kebiasaan, gaji yang kamu terima setiap bulan pun tidak hanya akan numpang lewat saja. Yuk, hidup hemat! 

Semoga informasi yang TimiKimi sampaikan bermanfaat dan dapat membantu dalam mengatur gaji bulanan agar tidak hanya numpang lewat saja. Selamat mencoba, Sobat!