Cicilan Mobil Bekas

Ada tiga tempat untuk mengajukan cicilan mobil bekas, yakni dealer, leasing, dan bank. Dari ketiganya, manakah yang kira-kira lebih bagus? Kamu bisa membandingkan kelebihan dan kekurangannya di bawah ini!

Mobil pribadi menjadi salah satu jenis transportasi yang menawarkan kenyamanan bagi para penggunanya. Bagaimana tidak, kamu bisa terhindar dari panas dan hujan ketika menggunakan mobil. Selain itu, kapasitas penumpangnya lebih banyak sehingga kamu bisa digunakan untuk bepergian bersama dengan keluarga. Sayangnya harga mobil ini tergolong cukup mahal. Rata-rata harga mobil dibandrol hingga ratusan juta lebih. Untuk menyikapi mahalnya harga mobil, maka kebanyakan orang lebih memilih untuk membeli mobil bekas. Harga mobil bekas memang jauh lebih murah 10%-30% lebih, tergantung dari tahun keluarannya. Semakin lama tahun keluarannya, maka semakin murah harganya. Apalagi jika kamu membelinya dengan cara mencicil.

Selain karena harganya lebih murah, cicilan mobil bekas ini prosesnya sangat mudah dan cepat karena kamu tidak perlu mengurus dari awal surat-surat kendaraan seperti BPKB (Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor) dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) karena kamu cukup mengurus proses balik nama saja. Inilah yang menjadi alasan kenapa ada banyak orang yang tertarik untuk mencicil mobil bekas ketimbang mencicil mobil baru.

Jika kita lihat secara umum, ada tiga tempat penyedia cicilan mobil bekas yang perlu kamu ketahui, yakni dealer, leasing, dan bank. Dealer merupakan tempat berupa showroom untuk membeli mobil, baik itu secara tunai maupun mencicil. Leasing adalah perusahaan yang akan membiayai cicilan mobil bekas milikmu. Sebenarnya cicilan mobil bekas melalui bank tidak jauh berbeda dengan leasing. Hanya saja leasing dijalankan oleh perusahaan swasta. Dari ketiga penyedia ini, tentunya kamu harus memilih salah satu untuk mengajukan cicilan mobil bekas. Untuk mengetahui mana yang terbaik, coba cek terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Baca Juga : Pinjaman Uang Bayar Bulanan Dengan Cicilan Ringan, Bagaimana Caranya?

Kelebihan dan Kekurangan Cicilan Mobil Bekas Lewat Dealer

Cicilan Mobil Bekas di Dealer (azureedge.net)

Mengambil cicilan mobil bekas melalui dealer bisa menguntungkanmu karena harga mobil bekas yang dibayar tunai dan dicicil tidaklah jauh berbeda. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan harga mobil bekas yang murah meski dengan cara mencicil. Kamu juga bisa meminta langsung meminta tambahan perangkat mobil atau mengganti perangkat mobil seperti sarung jok, kaca spion, dan lain sebagainya. Kekurangan dari cicilan mobil bekas melalui dealer ini adalah uang muka yang disyaratkan tergolong lebih besar dibanding uang muka yang disyaratkan oleh leasing dan bank.

Ditambah lagi, tidak semua jenis mobil bekas yang ada di dealer bisa dibeli secara kredit karena mereka pasti hanya menawarkan mobil bekas dengan tipe dan keluaran tahun tertentu saja. Jadi bisa dikatakan kalau pilihan mobil yang ingin kamu beli sangat terbatas alias tidak banyak.

Kelebihan dan Kekurangan Cicilan Mobil Bekas Lewat Leasing

Cicilan Mobil Bekas di Leasing (www.edmunds.com)

Kebalikannya dari dealer, cicilan mobil bekas lewat leasing memiliki syarat uang muka yang cenderung lebih ringan sehingga bisa dijangkau banyak golongan. Tapi perlu kamu ketahui kalau semakin sedikit kamu memberikan uang muka, maka semakin besar jumlah cicilan yang harus kamu bayar per bulannya. Oleh karena itu, sebaiknya kamu tetap memberikan uang muka yang lebih besar supaya angsuran cicilan bisa lebih ringan. Kelebihan lainnya dari mencicil mobil bekas lewat leasing adalah kamu bisa menentukan sendiri jangka waktu cicilan yang diinginkan.

Untuk kekurangan dari cicilan mobil bekas lewat leasing ini adalah adanya selisih harga yang terbilang cukup besar jika kamu membeli mobil bekas secara tunai dan kredit. Jika kamu total secara keseluruhan, maka harga mobil bekas yang dicicil bisa mencapai dua kali lipat dari harga mobil bekas yang dibeli secara tunai. Ini terjadi karena adanya beban bunga yang harus dibayarkan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Baca Juga : Mengenal Pinjaman Online Cepat P2P Lending, Kelebihan Dan Cara Mengajukannya

Kelebihan dan Kekurangan Cicilan Mobil Bekas Lewat Bank

Cicilan Mobil Bekas di Bank Mandiri (bankmandiri.co.id)

Untuk cicilan mobil bekas lewat bank sebenarnya tidak terlalu berbeda jauh dengan leasing. Cicilan mobil bekas melalui bank dinamakan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB). Uang muka cicilan mobil bekas lewat bank rata-rata hanya 30% dari harga mobil. Jadi misalkan harga mobil Rp150 juta, maka uang mukanya menjadi Rp45 juta. Kelebihan lain dari cicilan mobil bekas melalui bank adalah kamu bisa dengan bebas memilih mobil mana yang kamu inginkan, baik itu mobil dengan tipe lama atau keluaran 2-3 tahun yang lalu. Selain itu, keamanannya juga terjamin dan biasanya pihak bank sudah memberikan perlindungan asuransi di dalamnya.

Tapi kekurangan dari cicilan mobil bekas dari bank ini adalah proses yang dibutuhkan tergolong cukup lama dan agak ribet karena ada banyak persyaratan dan juga dokumen yang harus kamu penuhi saat mengajukan pinjaman cicilan mobil bekas, mulai dari KTP (Kartu Tanda Penduduk), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), slip gaji asli, surat keterangan domisili, hingga rekening koran. Semua itu harus kamu penuhi jika ingin mengajukan kredit cicila mobil bekas.

Tips Mengambil Cicilan Mobil Bekas

Setelah memilih mana penyedia cicilan mobil bekas yang cocok denganmu, lantas bukan berarti kamu bisa langsung mengajukan kredit mobil bekas dp murah cicilan ringan begitu saja. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika akan mengambil cicilan mobil bekas, yaitu:

  • Ambil Mobil Bekas yang Sesuai Kebutuhan dan Keuangan

Beli yang Sesuai Kemampuan (demandstudios.com)

Pertama adalah ambillah mobil bekas yang sesuai dengan kebutuhan dan juga keuangan saat ini. Jangan sampai nantinya kamu mengambil mobil yang diinginkan tapi tidak sesuai dengan kondisi keuangan. Tidak perlu mengambil mobil bekas yang terlihat mewah, pilih yang sesuai dengan kebutuhanmu. Sebelum mengambil cicilan mobil bekas, sebaiknya kamu diskusikan terlebih dahulu dengan anggota keluarga supaya kamu bisa mendapatkan pilihan simulasi mobil bekas yang terbaik.

  • Pilih Jangka Waktu Cicilan Mobil Bekas yang Tepat

Ketika mengambil cicilan mobil bekas, kamu pasti akan diminta untuk memilih jangka waktu yang tepat karena nantinya akan menentukan berapa jumlah nominal cicilan yang harus dibayar per bulannya. Jika kamu mengambil jangka tenor panjang, maka cicilan per bulan jadi lebih ringan tapi total keseluruhan hutang jadi lebih besar. Tapi kebalikannya, jika kamu mengambil jangka tenor pendek, maka cicilan per bulan lebih besar, tapi total hutang jadi sedikit.

  • Cek Bunga dan Lakukan Simulasi

Simulasi Kredit Kendaraan (www.imoney.my)

Jangan lupa untuk mengecek bunga yang diberlakukan oleh penyedia pinjaman cicilan mobil bekas. Selalu bandingkan bunga yang diberikan oleh penyedia pinjaman yang berbeda-beda. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan bunga terendah. Lakukan juga simulasi perhitungan hutang cicilan mobil bekas terlebih dahulu untuk mengetahui berapa dana yang bisa kamu sisihkan per bulannya untuk membayar cicilan beserta bunganya.

  • Berikan Uang Muka yang Lebih Besar

Kita seringkali enggan memberikan uang muka ketika akan mengambil cicilan, baik itu cicilan rumah hingga kendaraan. Padahal dengan memberikan uang muka yang lebih besar, maka otomatis cicilan per bulan akan menjadi lebih ringan. Dengan cicilan yang ringan tentu saja kamu bisa membayar tepat waktu hingga lunas tanpa perlu menunggak pembayaran.

Baca Juga : Ketahui Lima Pilihan Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan 

  • Jangan Lupa Asuransi Kendaraan Itu Penting

Asuransi Kendaraan (griffinlantzinsurance.com)

Saat mengambil cicilan mobil bekas, biasanya pihak penyedia pinjaman akan memberikan penawaran asuransi kendaraan. Jadi kalau terjadi suatu resiko seperti kecelakaan atau bencana alam yang bisa mengakibatkan kerusakan pada kendaraan, maka kamu sudah memiliki perlindungan sehingga tidak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk memperbaiki mobil bekas milikmu.

Setelah membaca penjelasan di atas mengenai kelebihan dan kekurangan penyedia pinjaman kredit mobil bekas, semoga kamu bisa menentukan mana yang lebih cocok dan sesuai denganmu ya Sobat!