Daftar Fakultas dan Jurusan di UNPAD yang Jadi Favorit Para Calon Mahasiswa 2019

jurusan di unpad

Tahun ini lulus SMA dan ingin mendaftar di Universitas Padjajaran tapi bingung ingin memilih jurusan mana? Supaya tidak salah ambil jurusan, ketahui dulu beberapa jurusan yang menjadi favorit di Universitas Padjajaran. Yuk, lihat!

Memiliki pendidikan yang tinggi sudah menjadi cita-cita banyak orang karena dengan pendidikan yang tinggi, setidaknya kita sudah memiliki bekal untuk masa depan nanti karena peluang kerja lebih terbuka. Tak perlu jauh-jauh menuntut ilmu hingga keluar negeri karena di dalam negeri sendiri ada banyak sekali universitas bagus yang bisa kamu pilih. Salah satunya adalah Universitas Padjajaran yang terletak di Bandung, Jawa Barat ini. Universitas Padjajaran tercatat sudah berdiri sejak tahun 11 September 1957 dan diresmikan oleh Presiden Soekarno 13 hari setelahnya yakni pada tanggal 24 September 1957.

Universitas Padjajaran selalu menjadi favorit para calon sarjana di Indonesia yang ingin menamatkan kuliahnya hingga S1. Sebelum melamar di Universitas Padjajaran, bagaimana kalau kamu mengenal ada fakultas dan jurusan apa saja di Universitas Padjajaran ini.  Awalnya universitas ini hanya memiliki empat fakultas saja, tapi saat ini tercatat ada 16 fakultas dengan beragam jurusan di UNPAD yang bisa kamu pilih, yaitu:

1. Fakultas Hukum

Jurusan Hukum (www.lexisnexis.co.za)

Hanya terdapat satu jurusan saja di Fakultas Hukum yakni jurusan Ilmu Hukum.

2. Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Fakultas Ekonomi dan Bisnis memiliki lima jurusan yang bisa dipilih yakni jurusan Akutansi, Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Ekonomi Islam, dan Bisnis Digital.

Baca Juga : Ini Cara Mendapatkan Beasiswa Dalam Dan Luar Negeri Agar Kuliah Bisa Gratis

3. Fakultas Kedokteran

Fakultas Kedokteran hanya terdapat dua jurusan saja yakni jurusan ilmu kedokteran dan kedokteran hewan. Tapi nantinya kamu bisa mengambil spesialis seperti Anestesiologi dan Terapi Intensif, Ilmu Bedah, Ilmu Bedah Syaraf, Ilmu Orthopaedi dan Traumatologi, Ilmu Kedokteran Forensik, Ilmu Kesehatan Jiwa, Ilmu Kesehatan Anak, Ilmu Penyakit Dalam, Ilmu Kesehatan Mata, Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin, Ilmu Penyakit Syaraf, Ilmu Kesehatan THT – Bedah Kepala, Leher,  Ilmu Obstetri dan Ginekologi, Patologi Anatomi, Patologi Klinik, Radiologi, Ilmu Kedokteran Nuklir, Ilmu Bedah Anak, Ilmu Bedah Urologi, Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Medik, Kardiologi dan Kedokteran Vaskular, Ilmu Bedah Plastik, dan Dokter Layanan Primer.

4. Fakultas Kedokteran Gigi

Jurusan Dokter Gigi (infoseger.com)

Meski sama-sama kedokteran, tapi kedokteran gigi memiliki fakultas sendiri yang di dalamnya kamu bisa melanjutkan ke spesialis Bedah Mulut, Prostodonsia, Ortodonsia, Ilmi Kedokteran Gigi Anak, Periodonsia, Ilmu Konservasi Gigi, Ilmu Penyakit Mulut, dan Radiologi Kedokteran Gigi.

5. Fakultas Matematika dan IPA

Fakultas Matematika dan IPA memiliki jurusan Matematika, Kimia, Fisika, Biologi, Statiska, Geofisika, Teknik Informatika, Teknik Elektro, dan Aktuaria.

6. Fakultas Pertanian

Untuk Fakultas Pertanian di dalamnya terdapat jurusan Agroteknologi dan Agribisnis.

7. Fakultas Ilmu Budaya

Ilmu Budaya (indianexpress.com)

Fakultas Ilmu Budaya memiliki beberapa jurusan yang ada di Unpad yang bisa dipilih seperti Ilmu Sejarah, Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Perancis, Sastra Jerman, Sastra Arab, Sastra Rusia, Bahasa dan Budaya Jepang, dan Sastra Sunda.

8. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di dalamnya terdapat jurusan Administrasi Publik, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Kesejahteraan Sosial, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Administrasi Bisnis, Sosiologi, Antropologi, dan Ilmu Politik.

9. Fakultas Peternakan

Fakultas Peternakan juga hanya memiliki satu jurusan Peternakan saja.

10. Fakultas Psikologi

Psikologi (www.hult.edu)

Untuk fakultas ini hanya memiliki satu jurusan saja yakni Ilmu Psikologi.

11. Fakultas Ilmu Komunikasi

Untuk Fakultas Ilmu Komunikasi ada enam jurusan yang tersedia untukmu yakni jurusan Ilmu Komunikasi, Ilmu Perpustakaan, Hubungan Masyarakat, Jurnalistik, Manajemen Komunikasi, serta Televisi dan Film.

12. Fakultas Keperawatan

Fakultas Keperawatan hanya memiliki satu jenis jurusan saja yakni jurusan Keperawatan.

13. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

Untuk Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, ada dua jurusan yang bisa dipilih yakni jurusan Perikanan dan Ilmu Kelautan.

14. Fakultas Teknologi Industri Pertanian

Baca Juga : Daftar Terbaru 100 Kampus Terbaik Di Indonesia Tahun 2019, Yuk Daftar Di Sini!

Pertanian (metrotvnews.com)

Fakultas Teknologi Industri Pertanian memiliki setidaknya tiga jurusan yaitu jurusan Teknik Pertanian, Teknologi Pangan dan Teknologi Industri Pertanian.

15. Fakultas Farmasi

Fakultas Farmasi hanya memiliki satu jurusan saja yaitu jurusan Farmasi.

16. Fakultas Geologi

Fakultas Geologi juga cuma punya satu jurusan yang bisa dipilih yaitu jurusan Geologi.

Jurusan di UNPAD yang Jadi Terfavorit Tahun 2019

Universitas Padjajaran (klimg.com)

Dari puluhan daftar jurusan di UNPAD yang ada di atas, ada beberapa yang diminati alias menjadi favorit para calon mahasiswa yaitu:

  1. Jurusan Teknik Informatika dari Fakultas Matematika dan IPA
  2. Jurusan Ilmu Hubungan Internasional dari Fakultas Ilmu Politik dan Ilmu Sosial
  3. Jurusan llmu Hukum dari Fakultas Hukum
  4. Jurusan Bisnis Digital dari Fakulas Ekonomi dan Bisnis
  5. Jurusan Managemen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  6. Jurusan Jurnalistik dari Fakultas Ilmu Komunikasi
  7. Jurusan Agribisnis dari Fakultas Pertanian
  8. Jurusan Ilmu Kedokteran dari Fakultas Kedokteran
  9. Jurusan Sastra Inggris dari Fakultas Ilmu Budaya
  10. Jurusan Farmasi dari Fakultas Farmasi

Cara Mendaftar di Universitas Padjajaran

Berhubung Universitas Padjajaran termasuk dalam jajaran universitas negeri ternama yang ada di Indonesia, maka sudah pasti persaingan untuk masuk ke universitas ini tidaklah mudah. Tapi jangan putus asa Sobat karena jika kamu memiliki tekad yang kuat dan terus belajar serta pantang menyerah, ada empat cara untuk mendaftar di Universitas Padjajaran yang bisa kamu pilih salah satunya, yaitu:

1. Lewat Jalur SNMPTN

SNMPTN (www.youthmanual.com)

Jalur pertama yang bisa kamu ikuti adalah SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Untuk bisa mengikuti SNMPTN, kamu harus memiliki rapor yang baik dan juga portofolio akademik yang meyakinkan. Selain itu sekolahmu dulu (SMA) harus memiliki NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) dan mengisi PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa). Syarat lainnya yang diberikan adalah kamu merupakan siswa kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2019, memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) yang memiliki prestasi unggul, dan memiliki nilai rapor seperti 1 s/d 5 yang telah diisikan oleh sekolah di PDSS.

Jadwal pelaksanaan SNMPTN 2019 ini memang sudah lewat karena jatuh pada tanggal 4 Februari 2019 hingga 14 Februari 2019 dan pengumuman hasil seleksinya jatuh pada tanggal 23 Maret 2019. Tapi jika saat ini kamu masih kelas 11 dan tahun depan ingin mengikuti SNMPTN, kamu bisa menyiapkan syarat di atas dan mendaftar di situs http://www.snmptn.ac.id.

2. Lewat Jalur SBMPTN

SBMPTN (Tribunnews.com)

Jalur pendaftaran Universitas Padjajaran adalah lewat jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Penuhi persyaratan yang diminta seperti lulusan tahun 2017/ 2018/2019 yang memiliki ijazah, memiliki nilai UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer), memiliki NISN, dan tidak lulus jalur SNMPTN 2019. Kamu bisa mendaftar secara online terlebih dahulu lewat url http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.Untuk tanggal pendaftarannya mulai dari tanggal 10 Juni – 24 Juni 2019. Sedangkan pengumuman hasil lolosnya pada tanggal 9 Juli 2019 pukul 15.00 situs http://www.sbmptn.ac.id.

Baca juga: Beasiswa BCA Finance 2019: Syarat dan Cara Mendaftarnya

3. Lewat Jalur SMUP

Selanjutnya ada pendaftaran melalui SMUP yaitu Seleksi Masuk Universitas Padjajaran yang diadakan oleh Universitas Padjajaran sendiri. Untuk mengikuti pendaftaran melalui jalur SMUP, kamu bisa mengakses situs https://pendaftaran.unpad.ac.id. Buat akun lalu isi data diri secara lengkap mulai dan kelengkapan dokumen yang disyaratkan. Setelah itu lakukan pembayaran formulir ujian masuk, dan lengkapi pendaftaran untuk mendapatkan kartu ujian SMUP. Ujian tes ini akan ada beberapa tahap mulai dari wawancara, tes tertulis, dan ujian lainnya.

4. Jalur Bidikmisi

Bidikmisi (idntimes.com)

Jalur terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mendaftar di Universitas Padjajaran adalah melalui jalur Bidikmisi. Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi calon mahasiwa yang tidak mampu secara ekonomi tapi memiliki prestasi akademik yang sangat cemerlang. Untuk bisa mendaftar jalur Bidikmisi, kamu bisa membuka situs http://bidikmisi.belmawa,ristekdikti.go.id. Jalur Bidikmisi bisa diambil jika tidak lolos jalur SNMPTN dan SBMPTN.

Itulah informasi lengkap mengenai fakultas dan jurusan di UNPAD serta cara mendaftarnya. Selalu rajin belajar dan jangan pantang menyerah agar bisa lolos dan diterima di Universitas Padjajaran ya Sobat!