Liburan seringkali menjadi tempat pelarian untuk menghilangkan stres. Akan tetapi biaya juga tidak jarang menjadi kendala bagi sebagian orang yang ingin berlibur.

 

Nah Sobat, di artikel kali ini TimiKimi akan membahas destinasi liburan yang bisa kamu pilih tanpa harus menghabiskan biaya yang terlalu banyak. Di mana aja sih? Yuk simak ulasan TimiKimi di bawah ini.

 

        Yogyakarta

Yogyakarta bisa menjadi pilihan destinasi liburanmu Sobat. Selain objek wisata dan harga makanannya yang murah meriah, kamu juga bisa menikmati wisata sejarah di sini.

Hal yang paling penting kamu bisa berkeliling kota Yogyakarta menggunakan fasilitas umum dengan harga murah. Salah satunya yaitu bus trans. Dengan tarif Rp 3.500 kamu sudah bisa menaiki bus ini dan mengunjungi berbagai objek wisata seperti Malioboro, Candi Prambananan, Museum Biologi, Tugu Yogya, dan objek wisata lainnya. Selain itu, bus ini juga sudah terintegrasi dengan bandara dan stasiun.

 

Malang

            Malang juga menjadi salah satu destinasi yang murah untuk berlibur. Malang memiliki banyak objek wisata dengan harga murah seperti kampung warna-warni, kampung 3D, pantai, alun-alun, museum, dan objek wisata lainnya.

Jika kamu pecinta kuliner, kamu juga bisa mencicipi wisata kuliner kota Malang yang beragam. Mulai dari rawon, pecel, bakso, hingga orem-orem.

           

            Kediri

            Kamu menyukai wisata kuliner? Itu artinya kamu harus mengunjungi kota yang satu ini. Jika kamu pernah mengunjungi kampung Inggris, Pare, pasti sudah tidak asing lagi tentang sajian kuliner murah di wilayah Kediri. Hanya dengan Rp 5.000 kamu sudah bisa makan dengan kenyang.

Bukan hanya kuliner, kota Kediri juga memiliki berbagai objek wisata yang menarik untuk didatangi. Mulai dari kebun Bunga Matahari, Simpang Lima Gumul, Gunung Klotok, dan objek wisata lainnya.

 

Madura

            Karapan sapi, api abadi, Gili Labak dan air terjun Toroan bisa menjadi pilihan wisata kamu di saat mengunjungi Madura. Sama halnya dengan kota-kota sebelumnya, Madura juga memiliki wisata kuliner yang siap memanjakan lidah para wisatawan. Mulai dari bebek, rujak dulit, dan kaldu kokot yang sama sekali tidak boleh kamu lewatkan.

 

            Solo

            Sebagai salah satu kota yang menjadi pusat para pelajar untuk menimba ilmu, Solo mempunyai biaya hidup yang bisa dikatakan sangat murah. Sama halnya dengan Yogya, kamu bisa mengandalkan bus trans yang beroperasi hingga malam hari.

Solo juga memiliki beragam wisata menarik seperti Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Museum Radya Pustaka dan Kebun Binatang Taru Jurug.

 

            Pulau Tidung

            Destinasi liburan yang satu ini cocok untuk kamu yang bosan dengan hiruk Ibu Kota Sobat. Menikmati waktu liburan di Pulau Tidung akan membantumu melupakan penat bekerja sejenak. Pulau Tidung merupakan salah satu bagian dari Kepulauan Seribu yang lokasinya dekat dengan Jakarta.

Panorama pantai yang cantik dengan nuansa pantai putih dan luasnya hamparan laut akan memanjakan mata para wisatawan. Keindahan bawah lautnya juga menjadi menu wajib untuk dinikmati. Biasanya ada banyak agen yang menyediakan paket liburan ke pulau ini. Semakin banyak orang yang kamu ajak maka akan semakin murah biaya liburan yang akan kamu habiskan Sobat.

 

            Banyuwangi

Tak heran kalau Banyuwangi mendapatkan penghargaan United Nations World Tourism Organization (UNWTO) yang diselenggarakan PBB, tahun lalu. Banyuwangi memiliki segudang objek wisata indah seperti waduk Bajulmati, Gunung Raung, Gunung Ijen dan pantai plengkung. Harga tiket masuk ke dalam seluruh objek wisata ini termasuk murah dengan akses yang mudah dijangkau.

 

Nah itu dia Sobat, 7 destinasi wisata asik dan murah meriah di Indonesia. Jadi, liburan kali ini kamu tidak perlu mengkhawatirkan biaya liburan yang mahal lagi. Indonesia masih memiliki banyak wilayah yang mempesona dan tentunya dengan budget liburan yang masih terjangkau.

 

Semoga membantu!

 

Penulis: Indah Sari