DJP Online

Pada zaman yang serba menggunakan teknologi seperti saat ini, Tentu kehadiran DJP Online eFiling banyak diminati oleh masyarakat. Setiap harinya terdapat ratusan hingga ribuan pengguna internet yang mengakses laman situs DJP online tersebut.

Semenjak adanya DJP Online eFiling, melakukan pelaporan pajak jauh lebih terasa mudah. Bagaimana tidak? Kamu bisa menuntaskan segala urusan wajib pajak kamu secara online. Akan tetapi, sebagai sebuah sistem tentunya layanan ini belum terlepas dari permasalahan. Para wajib pajak seringkali menemukan error saat mengakses website ini yang berujung gagal lapor.

Nah Sobat, jika kamu pernah mengalami hal yang serupa saat melaporkan wajib pajak-mu secara online, di artikel kali ini TimiKimi akan membahas solusinya. Simak dibawah yuk.

DJP Online eFiling Sering Mengalami Gangguan Saat Log In dan Registrasi

 

DJP Online

source: google

 

Saat kamu mengakses website untuk melaporkan pajak secara online, kamu akan diminta untuk melakukan registrasi menggunakan EFIN yang sudah diaktivasi oleh KPP tempat dimana kamu terdaftar. Akan tetapi, bagi beberapa wajib pajak yang belum akrab dengan penggunaan internet, tahapan registrasi dan log in ini bisa menimbulkan berbagai pertanyaan, di antaranya:

  1. Bagaimana jika sudah melakukan pendaftaran DJP Online efiling tetapi alamat email yang digunakan salah?

Tidak perlu khawatir Sobat, kamu masih bisa melakukan pendaftaran atau registrasi ulang menggunakan alamat email yang benar.

  1. Bagaimana jika aktivasi tidak masuk ke email?

Sebenarnya masalah seperti ini sudah sangat jarang terjadi. Akan tetapi, jika kamu masih mengalami kendala seperti ini, kamu bisa mencoba memperbaharui atau melakukan refresh halaman kotak masuk email kamu. Jangan lupa untuk memeriksa di bagian spam juga ya!

  1. Mengapa masih gagal melakukan registrasi meski aktivasi sudah diklik?

Hal ini mungkin disebabkan oleh koneksi internet kamu sedang mengalami gangguan. Untuk langkah lebih aman, kamu bisa meminta ulang tautan aktivasi dengan kembali masuk ke dalaman aplikasi DJP Online dan tekan “Kirim Link Aktivasi”.

  1. Bagaimana jika kode verifikasi tidak sesuai?

Pastikan kode server yang ada di DJP online dan kode server yang ada di email kamu sudah sama. Setelah itu kamu bisa kembali ke kotak masuk email dan periksa kembali email terakhir dan pastikan lagi kode server-nya sudah sama. Apabila masih berbeda, kamu bisa mengirim ulang kode verifikasi.

  1. Bagaimana jika gagal masuk ke dalam akun yang sudah dibuat?

Jika kamu tidak masuk ke dalam akun yang sudah kamu buat dengan alamat email yang kamu daftarkan, alternatifnya kamu bisa mencoba kembali masuk menggunakan nomor ponsel yang sudah didaftarkan.

  1. Bagaimana jika lupa kata sandi?

Beberapa pengguna memang sering kali mengalami hal ini, kamu tak perlu panik Sobat. Gunakan fasilitas lupa / ganti (reset) password pada halaman DJP Online.

Baca Juga : Tips Repot Menghindari Ibu Kos Saat Ditagih Sewa Bulanan

Kesalahan Pada DJP Online Saat Menginput Data

DJP Online

source: google

            Permasalahan berikutnya yang juga seringkali terjadi adalah, kesalahan saat memasukkan data. Jika kamu mengalami hal ini, kamu tidak perlu panik dan buru-buru mendatangi KPP tempat kamu terdaftar untuk memperbaiki data yang sudah kamu masukkan. Kamu bisa merubah dan memperbaiki datamu secara online Sobat.

  1. NPWP pemberi kerja sudah diisi tapi nama tetap tidak muncul

Jika kamu mengalami permasalahan ini, solusi yang bisa kamu lakukan adalah menghapus terlebih dahulu SPT kamu, kemudian keluar dari halaman atau log out. Kemudian kamu bisa kembali masuk ke dalam halaman dan lakukan pengisian ulang.

  1. Memeriksa kelengkapan isian SPT 1770 S

Untuk melakukan hal ini, pastikan dulu kamu sudah mengisi daftar harta dan bukti potongan pajak.

  1. Merubah dan menambah data SPT yang sudah dikirim sebelumnya

Jika kamu ingin merubah dan menambah SPT yang sudah kamu kirim sebelumnya, kamu bisa melakukannya dengan cara login DPJ online yang sama seperti saat kamu membuat SPT sebelumnya.

  1. Bukti penerimaan elektronik tidak muncul

Setelah lapor pajak online, biasanya kamu akan secara otomatis menerima BPE atau bukti penerimaan elektronik. Namun, apabila tidak muncul silahkan cek kembali menu eFiling DJP Online. Jika sudah ada berarti pelaporan pajak kamu sudah masuk.

  1. ID Billing tidak muncul

Setelah selesai mengisi dan menyimpan form Surat Setoran Elektronik (SSE), maka akan muncul halaman PDF ID Billing. Jika ID Billing tidak muncul, silahkan matikan pop up blocker di browser yang sedang kamu gunakan.

Error Status Code DJP Online eFiling

Ada banyak penyebab yang membuat halaman DJP online efiling error ketika kamu mencoba untuk mengaksesnya. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu mulai memahami macam-macam error status code dan solusi yang harus dilakukan saat menemukan hal tersebut.

Baca Juga : Pinjaman Uang Online Terpercaya Di Indonesia

  1. Server Not Found 404 atau Error 405

Jika kamu menemukan pesan error seperti ini, kamu bisa kembali atau melakukan refresh pada halaman DJP Online serta mengulangi tahapan log in.

  1. Error 500 atau Error 502

Untuk mengatasi error yang satu ini, pastikan terlebih dulu apakah kamu sudah terhubung ke jaringan internet, apakah koneksi internet kamu stabil, serta kamu sudah menggunakan browser yang dianjurkan, seperti Google Chrome, Microsoft Edge, atau Mozilla firefox. Apabila semua sudah normal, tetapi tulisan tersebut masih muncul, besar kemungkinannya DJP online sedang down.

  1. Kode Kesalahan: REG008

Kamu akan menemukan pesan kesalahan ini saat log in dengan menggunakan NPWP yang sudah terdaftar. Silakan kunjungi halaman reset password DJP Online pada bagian lupa email klik “Ya” dan masukkan alamat email aktif kamu. Buka kotak masuk email kamu, klik tautan yang dikirimkan dan buatlah password baru. Kamu tidak perlu mendaftar lagi.

  1. Kode Kesalahan: SO002

Jika kamu menemukan pesan error seperti ini, itu artinya data kamu tidak bisa ditemukan atau dengan kata lain kamu belum terdaftar. Setelah itu silahkan coba daftar kembali di halaman registrasi DJP Online.

  1. Kode Kesalahan: SO004

Tulisan ini akan kamu temukan jika kamu belum mengklik tautan aktivasi yang dikirimkan ke alamat email yang kamu daftarkan.

  1. Error Status Code: 0

Pesan error ini akan muncul ketika kamu akan submit SPT. Untuk mengantisipasi hal ini, pastikan terlebih dahulu laporan harta yang kamu cantumkan. Jika masih ada nilai yang nol, maka ganti terlebih dahulu nominalnya.

Baca Juga : Manakah Yang Lebih Baik, BPJS Kesehatan Atau Asuransi Kesehatan?

  1. Error 500: java.lang.NullPointerException

Apabila kamu menemukan pesan error ini, silahkan update profil kamu terutama pada bagian nomor ponsel didaftarkan.

  1. Error 403 atau Error 405

Untuk error yang satu ini, kamu tidak memiliki otoritas untuk mengakses layanan ini. Kamu bisa melakukan clear cache browser dan restart komputer-mu. Jika masih belum bisa, terpaksa kamu harus langsung mendatangi kantor pajak tempat kamu terdaftar Sobat!

  1. Error 732: Internal Server Error

Pesan error ini akan muncul saat koneksi internet kamu tidak lancar. Tidak perlu panik, cukup reload halaman browser kamu.

  1. home?access_token=nul

Pesan error yang terakhir ini berbeda dengan jenis kesalahan sebelumnya. Jika kamu menemukan kendala ini, maka terdapat dua kemungkinan penyebabnya. Pertama, kamu terlalu lama membuka halaman situs tanpa melakukan aktivitas apa pun atau kamu pernah log in menggunakan perangkat lain dan lupa log out. Untuk mengatasi hal tersebut silakan hubungi call center layanan DJP online, yaitu Kring Pajak di nomor 1500200.

Nah Sobat, itu dia jenis-jenis error code pada DJP online dan solusi untuk mengatasinya Sobat. Jika kamu mengalami permasalahan-permasalahan di atas, jangan panik dulu Sobat, kamu bisa mencoba solusi-solusi di atas.

 

Semoga membantu!

Penulis: Indah Sari