Festival unik di dunia bisa kamu jadikan bucket list jika kamu ingin liburan ke beberapa negara. Dengan adanya festival unik yang bisa kamu ikuti menambah keseruan liburanmu. Sobat tahu nggak festival unik di dunia apa saja yang bisa kamu ikuti? TimiKimi punya ulasannya di bawah ini!

Festival biasanya diselenggarakan untuk memperingati suatu peristiwa. Beragamnya ras, suku dan budaya penduduk dunia, tak heran kalau ada beraneka macam festival di dunia. Meski zaman sudah modern, bukan berarti tradisi bisa dilupakan begitu saja, Sobat. Termasuk dengan festival, yang digunakan sebagai media pelestarian tradisi.

Meski kadang terbilang aneh, tapi festival-festival ini merupakan festival yang unik. Kalau Sobat berencana untuk liburan ke suatu negara, kamu patut cari tahu apakah negara tersebut mempunyai festival unik yang bisa kamu ikuti atau tidak.

Dengan mengikuti festival di negara tersebut liburan kamu pun akan semakin menyenangkan. TimiKimi punya informasi mengenai festival unik di dunia yang bisa kamu jadikan referensi liburanmu. Simak yuk!

Festival Unik Di Dunia yang Gak Boleh Kamu Lewatkan

Beberapa negara memiliki beragam festival yang unik. Setiap festival menawarkan pengalaman luar biasa untuk mengenal tradisi atau budaya suatu negara. Dengan mengikuti festival unik di dunia berikut ini kamu akan meraskan pengalaman seru.

1. Festival Holi, India

Source: tourmyindia.com

Festival unik di dunia yang pertama datang dari India. India merupakan salah satu negara yang memiliki banyak festival yang tentunya sangat menarik, festival ini juga dikaitkan dengan perayaan keagamaan oleh masyarakat India sendiri. Selain untuk menghormati para dewa, festival ini diadakan untuk menyambut datangnya musim semi dan dirayakan untuk mengharap hasil panen yang berlimpah dan tanah yang subur.

Festival Holi atau Festival of Calours ini merupakan festival yang melibatkan banyak warna. Karena, setiap perayaan Holi pada setiap tanggal 13 Maret, penduduk asli India akan saling mewarnai tubuh, menggunakan bubuk pewarna. Mereka boleh menggunakan baskom, semprotan air, atau media lainnya yang pastinya tidak membahayakan. Perayaan festival ini diawali dengan menyalakan api unggun Holika. Dan pada malam sebelum hari perayaan festival, warga akan berkumpul untuk bernyanyi dan menari. Festival ini menjadi salah satu festival unik di dunia yang paling ceria, lho!

Baca juga: Siap Seru-Seruan Di LaLaLa Festival? Ini Dia Info Lineup Dan Harga Tiket Lengkapnya!

2. Festival Songkran Water

Source: krabi-hotel.com

Thailand memiliki festival yang unik dan menarik perhatian wisatawan dunia. Festival Songkran merupakan perayaan tahun baru Thailand. Untuk kamu yang ingin berlibur ke Thailand dan mengikuti festival ini kamu bisa datang di bulan April. Festival ini rutin diselenggarakan setiap tanggal 13 – 15 April setiap tahunnya. Selama tiga hari, Thailand akan ramai dengan berbagai kegiatan yang diadakan oleh warga setempat. Salah satu kegiatan favorit dari festival ini adalah perang air, yang melibatkan hampir seluruh penduduk setempat juga wisatawan.

Perang air ini awalnya berasal dari tradisi orang-orang yang saling mencipratkan air bekas mencuci patung dengan tujuan mendapat berkat dan keberuntungan di tahun yang baru. Serta membersihkan diri dari segala keburukan. Songkran Festival jatuh pada bulan April, dimana Thailand sedang panas-panasnya. Festival ini menjadi festival yang paling ditunggu-tunggu warga setempat dan juga wisatawan dunia, lho!

3. Festival Loi Krathong dan Yi Peng Lantern, Thailand

Source: Google

Negara Thailand memiliki banyak festival unik yang sayang jika kamu lewatkan. Bila kamu datang ke Thailand, festival satu ini tidak boleh dilewatkan. Festival Loi Krathong merupakan bentuk terimakasih pada Dewi Air dan permintaan maaf karena telah membuat polusi atau mencemari air sungai. Festival ini dirayakan dengan membuat hiasan rakit teratai yang diberikan lilin di tengahnya kemudian dihanyutkan di sungai. Biasanya para pengunjung diberitahu untuk meminta permohonan sebelum menghanyutkan hiasan tersebut.

Uniknya lagi, festival ini dibarengi dengan festival Yi Peng Lantern dimana kamu bisa menerbangkan lentera ke langit sebagai bentuk terimakasih kepada para dewa. Nah, untuk Sobat TimiKimi yang ingin mengikuti dua festival ini, kamu bisa datang pada bulan November akhir ya!

Baca juga: Saatnya Liburan Sambil Nikmati Festival Bahari Kepri

4. Jember Fahion Carnival, Indonesia

Source: Liputan6.com

Tidak hanya di luar negeri saja lho yang bisa tampil eksis dengan berbagai macam kostum. Nyatanya, di negara tercinta kita Indonesia juga memiliki hal yang serupa. Jember Fashion Carnaval menjadi salah satu festival unik di Indonesia yang juga menarik perhatian wisatawan manca negara. Festival yang diadakan di kota Jember, Jawa Timur ini dilaksanakan selama satu minggu.

Kostum yang dikenakan pun berasal dari berbagai macam daerah, dengan model dan warna yang berbeda-beda. Tentunya hal tersebut akan sangat menyenangkan setiap orang yang melihat salah satu festival di Indonesia ini. Jember Fashion Carnival diselenggarakan setiap tahun dengan tema yang berbeda-beda, dan pada tahun 2019 ini akan dilaksanakan pada 30 Juli hingga 3 Agustus 2019. Jangan sampai kelewatan ya, Sobat!

5. Octoberfest, Jerman

Source: traveltriangle.com

Awal mula festival ini adalah pada tahun 1810 tepatnya pada bulan Oktober tanggal 12 dimana Putra Mahkota Ludwig yang akhirnya menjadi Raja Ludwig menikahi Putri Theresia dari Sachsen-Hildburghausen. Pada saat itu para warga diundang ke pesta kerjaan sebagai bentuk penghormatan kepada Putra Mahkota. Entah karena kebetulan atau sengaja, acara ini juga bertepatan dengan acara penghabisan beer musim semi untuk kemudian dibuat beer musim gugur.

Octoberfest yang dirayakan setiap tahun di akhir bulan September hingga awal bulan Oktober, berlokasi di Munchen, Bayern, Jerman. Ini juga merupakan festival terbesar di dunia dan dikunjungi hampir 6 juta pengunjung setiap tahunnya. Tidak hanya beer, Sobat juga bisa menikmati hidangan tradisional Jerman, seperti, sosis hendikasespatzle, dan sauerkraut.

6. Festival Mermaid and Mermen, Amerika Serikat

Source: cnn.com

Festival Mermaid and Mermen yang melibatkan kaum lelaki ini sangat unik. Pasalnya, tak hanya wanita saja yang bisa mengenakan pakaian mermaid, para lelaki pun juga bisa memakainya, lho! Festiva yang digelar sebagai ajang mepertontonkan hasil karya para seniman di mata publik ini berhasil merebut perhatian. Kota New York merupakan tempat digelarnya festival unik ini. Festival ini digelar dengan menggunakan pakaian putri duyung bertujuan untuk menyambut datangnya musim panas yang hangat.

Saat festival ini digelar, maka seluruh kota New York akan libur, begitupun dengan kota-kota di seluruh Amerika Serikat. Hari Festiva Mermaid and Mermain ini telah menjadi hari libur nasional negara Amerika lho, Sobat!

7. Festival La Tomatina, Spanyol

Source: centives.net

Kegiatan ini merupakan festival tahunan yang diadakan di kota Bunol, provinsi Valencia, Spanyol. Siapapun yang hadir dan ikut dalam rangka semarak festival La Tomatina ini akan saling lempar melempar buah tomat dengan bertujuan sebagai hiburan. Festival La Tomatina ini merupakan festival perang makanan terbesar. Karena banyak melibatkan banyaknya orang dengan jumlah buah tomat yang juga tidak kalah banyaknya. Buah-buah tomat tersebut diletakan pada lahan atau lapangan yang luas, kemudian para peserta harus saling lempar tanpa mencederai lawannya. Sangat seru bukan?

Baca juga: Festival Tabot, Festival Unik Dari Bengkulu

Catat Jadwal Festival yang Akan Kamu Ikuti

Nah, Sobat untuk kamu yang ingin mengikuti festival unik di dunia, jangan lupa catat waktu perayaan yang mau kamu ikuti ya! Agar kamu tidak salah jadwal, kan sayang kalau liburan kamu cuma sekdar jalan-jalan aja.

Semoga informasi yang TimiKimi berikan bermanfaat dan menambah referensi, Sobat.