Filsafat merupakan kajian tentang persoalan yang dikaji secara kritis dan dijabarkan secara mendasar. Biasanya filsafat berkaitan ilmu pengetahuan, bahasa, nilai, akal dan pikiran manusia. Berbeda dengan filosofi, filosofi merupakan pola pikir manusia yang menggambarkan suatu hal atau sebuah objek yang biasanya dikaitkan dengan kehidupan atau sifat manusia yang sifatnya lebih subjektif. Sebagai contoh, filosofi padi semakin berisi semakin merunduk. Maksud dari filosofi ini adalah, manusia diibaratkan sebagai padi yang harus tetap rendah hati meski semakin berisi, baik dalam hal kekayaan ataupun ilmu pengetahuan.

 

Dalam rangka World Philosophy Day, kali ini TimiKimi akan membahas tentang para Filsuf terkenal di dunia beserta dengan filosofi-filosofinya. Baca ulasannya di bawah yuk.

 

Plato (427-348 SM)

Plato adalah seorang filsuf dan matematikawan Yunani, penulis philosophical dialogues dan pendiri dari Akademi Platonik di Athena, sekolah tingkat tinggi pertama di dunia barat.

Berikut filosofi-filosofi yang ia cetuskan:

  1. Orang yang ingin bergembira harus menyukai kelelahan akibat bekerja.
  2. Orang baik tidak memerlukan hukum untuk memerintah mereka agar bertindak penuh tanggung jawab, sementara orang jahat akan selalu menemukan celah di sekitar hukum.

 

Aristoteles (384 – 322 SM)

Aristoteles adalah seorang filsuf Yunani, murid dari Plato dan guru dari Alexander Agung. Ia menulis tentang berbagai subjek yang berbeda, termasuk fisika, metafisika, puisi, logika, retorika, politik, pemerintahan, etnis, biologi dan zoologi.

Berikut filosofi-filosofi yang ia cetuskan:

  1. “Saat dunia membutuhkan, dan bakat Anda mampu memenuhinya, di sanalah lapangan kerja tercipta”.
  2. “Kualitas bukanlah tindakan, tapi kebiasaan”
  3. “Setiap orang bisa menjadi marah, itu adalah hal yang mudah, tetapi menjadi marah kepada orang yang tepat, dengan kadar yang tepat, di saat yang tepat, dengan tujuan yang tepat serta dengan cara yang tepat, bukanlah kemampuan setiap orang dan bukanlah hal yang mudah”

 

Thales (624 – 546 SM)

Thales adalah seorang filsuf yang mengawali sejarah filsafat Barat pada abad ke-6 SM. Pemikiran Thales dianggap sebagai kegiatan berfilsafat pertama dan disebut sebagai bapak filsafat.

“Apabila kamu menasihati orang yang bersalah maka berlemah lembutlah agar dia tidak merasa ditelanjangi.” merupakan filosofi yang paling terkenal yang pernah ia cetuskan

 

Siddhartha Gautama (563 – 483 SM)

Siddhartha Gautama adalah guru spiritual dari wilayah timur laut India yang juga merupakan pendiri Agama Buddha.  Ia secara mendasar dianggap oleh pemeluk Agama Buddha sebagai Buddha Agung atau Sammāsambuddha pada masa sekarang.

Berikut filosofi-filosofi yang ia cetuskan:

  1. “Tidak ada sesuatu pun di dunia ini yang permanen.”
  2. “Bahkan kematian tidak harus ditakuti oleh orang yang hidup dengan kebijaksanaan”.

 

Konfusius (551 – 479)

Konfusius merupakan filsuf asal Tiongkok. Lahir selama era Spring & Autumn dalam sejarah Tiongkok, Konfusius dan ide-idenya tentang hubungan sosial dan pribadi menjadi acuan pemikiran yang banyak diikuti oleh orang Tionghoa. Dia adalah seorang penulis yang mencakup Lima Klasik dalam sastra Cina. Memiliki kepercayaan bahwa perilaku moral yang tepat paling baik dilakukan, daripada moralitas dijadikan aturan.

Berikut filosofi-filosofi yang ia cetuskan:

  1. “Tanpa rasa saling menghormati apa bedanya manusia dengan binatang?”
  2. “Diam adalah teman sejati yang tidak pernah mengkhianati.”
  3. “Orang yang mengejar dua ekor kelinci, akan kehilangan keduanya.”
  4. “Belajar tanpa berpikir sia-sia, berpikir tanpa belajar berbahaya.”

 

Nah Sobat, itu dia 5 Filsuf terkenal di dunia lengkap dengan filosofinya. Jika dipahami dengan seksama, filosofi-filosofi di sangat erat kaitannya dengan nilai-nilai kehidupan. Maka, tidak ada salahnya jika kita menerapkannya di dalam kehidupan, bukan?

 

Semoga membantu!

 

Penulis: Indah Sari