Ada beberapa alasan di saat kamu memutuskan untuk membeli perabotan rumah tangga yang baru. Misalnya, perabotan lama sudah usang, rusak atau kehilangan fungsi atau pindah ke hunian baru.

 

Untuk membeli perabotan rumah tangga, kamu bisa mendatangi mal-mal ataupun toko-toko tradisional. Biasanya mereka menjual banyak versi dan jenis perabotan. Mulai dari perabotan klasik hingga perabotan modern yang terbuat dari berbagai bahan, seperti plastik dan logam.

 

Nah Sobat, untuk kamu yang ingin membeli perabotan rumah tangga, TimiKimi mau mengingatkan hal-hal yang wajib kamu perhatikan sebelumnya. Apa aja sih? Yuk simak ulasan berikut.

 

Buat Daftar Belanjaan

            Catatlah semua perabotan yang ingin kamu beli, terutama yang paling dibutuhkan. Urutkan dari prioritas utama hingga ke prioritas terakhir agar tahu hal mana yang harus didahulukan. Setelah membuat daftar belanjaan, kunjungi beberapa toko yang menjual perabotan rumah tangga. Cek model, harga dan kualitas yang ditawarkan berbagai tempat agar kamu mengetahui tempat mana saja yang menawarkan barang yang paling kamu inginkan

 

Tentukan Budget

            Sebagai pembeli yang bijak, kamu harus tau kisaran harga perabot yang ingin dibeli agar bisa memperkirakan berapa budget yang harus kamu persiapkan. Kamu bisa menggunakan uang tabungan atau menggunakan kartu kredit jika ingin menghemat uang tunaimu. Pilihlah toko dimana kamu bisa mendapatkan diskon jika menggunakan kartu kredit atau kartu kredit yang memberikan fasilitas cicilan 0%. Promo dan diskon seperti ini akan sangat berguna mengingat harga perabotan rumah tangga cukup mahal.

 

Kualitas Prima

            Penting bagimu mengutamakan kualitas karena perabot berkualitas bagus akan lebih tahan lama. Meski harus merogoh kocek berlebih, hal ini akan membuatmu lebih puas dan menguntungka karena barang bisa tahan lebih lama. Hal ini akan menghindari kamu dari pengeluaran membeli perabotan baru di kemudian harinya.

 

Pilih Perabotan yang Multifungsi

            Semakin banyak fungsi perabot yang kamu pilih, maka semakin besar juga nilai yang didapatkan untuk uang yang dikeluarkan. Lebih ringkas mengeluarkan uang lebih untuk perabot yang bisa melakukan banyak hal dibanding membeli perabot murah, tapi dengan fungsi terbatas. Jika kamu membeli oven yang bisa menjadi pemanggang roti, kamu sebenarnya menghemat uang karena tidak perlu membeli lagi pemanggang roti.

 

Garansi

            Pastikan seluruh perabotan rumah tangga yang kamu beli dilengkapi dengan fasilitas garansi. Jadi, jika terjadi kerusakan, kamu bisa mengajukan claim perbaikan secara gratis. Semakin besar dan lama garansi yang diberikan, maka akan lebih menguntungkan. Pastikan juga apakah pembuat perabot memiliki service center di kota yang kamu tinggali. Jadi jika ada yang rusak, kamu tidak perlu menunggu lama untuk dibetulkan.

 

Perabotan Minim Biaya Perawatan

            Meski kamu membeli perabotan baru, bukan berarti harus melupakan biaya untuk perawatan. Kamu juga harus mempertimbangkan kemudahan merawat perabot yang dibeli. Jika terbuat dari kayu, kamu harus rajin-rajin mengelap perabot tersebut dengan semir khusus untuk kayu. Jika membeli mesin cuci, perhatikan pula listrik dan jumlah air yang dibutuhkan selama penggunaan.

 

Nah Sobat, itu dia hal-hal yang wajib kamu catat dan perhatikan sebelum membeli perabotan rumah tangga yang baru. Ingat, membeli sesuatu harus sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai membeli sesuatu hanya karena kamu ingin bukan karena butuh.

 

Semoga membantu!

 

Penulis: Indah Sari