Ada banyak alasan ketika seseorang memutuskan untuk pindah kerja. Tidak nyaman, gaji yang tidak sepadan dan yang paling sering untuk meningkatkan jenjang karir. Di tempat yang baru kamu bisa mendapatkan posisi yang lebih baik dan juga gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan tempat sebelumnya. Akan tetapi, jangan lupa untuk mempertimbangkan hal-hal berikut sebelum memutuskan untuk pindah kerja Sobat. Apa aja sih? Yuk simak ulasan TimiKimi di bawah ini.

 

Posisi dan Gaji

Alasan utama kenapa seseorang memutuskan untuk pindah kerja adalah meningkatkan karir dan pendapatan. Jika kamu memiliki alasan dan tujuan yang sama, maka pastikan kamu mendapatkan dua hal ini di tempat baru. Jangan sampai kamu pindah kerja, tetapi gaji kamu lebih kecil dibanding sebelumnya, atau lebih parahnya kamu ditempatkan di posisi yang lebih rendah.

 

Status Pegawai

Selain jabatan dan gaji, kamu juga harus memastikan status kepegawaian-mu di rumah barumu nanti. Beberapa perusahaan menerapkan sistem kontrak selama beberapa bulan, kemudian mengangkat karyawan tadi menjadi karyawan tetap. Namun ada juga yang menerapkan sistem karyawan kontrak dan memperbaharui kontrak hingga jangka waktu tertentu.

Status karyawan ini sangat penting untuk mengetahui apakah kamu bisa mengandalkan perusahaan baru ini untuk karirmu ke depannya. Biasanya, dengan berstatus karyawan tetap, kamu akan mendapatkan karir yang jauh lebih baik. Selain itu, ada satu keuntungan lain bila kamu memiliki status karyawan tetap, yaitu proses pengajuan pinjaman seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA) dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) akan menjadi lebih mudah. Karena bank sering memberikan syarat calon debitur untuk menjadi karyawan tetap kalau ingin mengajukan pinjaman.

         

Lokasi Kantor

           

Hal selanjutnya yang harus kamu pastikan sebelum memutuskan untuk pindah ke perusahaan baru adalah, lokasi tempat kamu bekerja. Usahakan kamu ditempatkan di lokasi yang mudah dijangkau dan memiliki akses transportasi yang mudah. Terkadang lokasi tempat kerja yang jauh dan sulit diakses menyebabkan kamu sering datang terlambat dan ujung-ujungnya malas ke kantor.

           

Benefit

           

Jangan anggap remeh hal ini Sobat. Saat kamu mendapatkan tawaran kerja, pastikan terlebih dahulu benefit dan fasilitas apa yang akan kamu terima setelah nantinya bergabung dengan perusahaan mereka. Sebagai pegawai, kamu pasti mendapatkan beberapa fasilitas seperti tunjangan transportasi, tunjangan uang makan, tunjangan cuti, fasilitas untuk kegiatan kerja seperti laptop atau komputer dan lain sebagainya. Jika memungkinkan, fasilitas itu lebih baik dan bagus dibanding tempat kerjamu yang lama.

 

Lingkungan Kerja

Tempat bekerja yang memiliki turnover terlalu tinggi biasanya sudah menunjukkan bahwa terdapat sesuatu yang mencurigakan pada perusahaan tersebut. Jadi sebelum bergabung kamu harus mendapatkan informasi tentang situasi lingkungan bekerja.

 

Nah itu dia Sobat, 5 hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu sebelum pindah bekerja. Apapun alasannya, ada baiknya kamu tetap mempertimbangkan keputusanmu dengan baik sebelum hengkang dari perusahaan. Jika kamu sudah mengetahui seluruh informasi yang berkaitan dengan hal-hal diatas, maka kamu sudah siap menuju rumah barumu. Selamat untuk kamu yang baru saja menerima pekerjaan baru!

 

Penulis: Indah Sari