Dongeng selalu diidentikan dengan mimpi dan hal-hal kebaikan lainnya. Lebih dari itu dongeng ternyata memiliki manfaat yang baik, terutama bagi anak. Nah, dalam memperingati Hari Dongeng Sedunia. Yuk kita mengenang cerita-cerita dongeng terbaik sepanjang masa.

Siapa yang dulu suka baca cerita dongeng sebelum tidur? Atau bahkan sampai sekarang masih suka membaca dongeng? Yap, cerita dongeng klasik yang biasa kita baca sewaktu kecil memang tak lekang oleh waktu dan masih seru untuk dibaca sampai sekarang. Sobat, dongeng tidak hanya menghibur tapi juga mendidik. Pesan moral yang terdapat dalam sebuah dongeng juga mampu menggerakkan hati kita untuk melakukan suatu perubahan. Perkembangan teknologi yang pesat membuat dongeng ditinggalkan. Itu membuat aktivitas rutin sebelum tidur yakni membacakan dongeng semakin berkurang. Nah, dalam rangka Hari Dongeng Sedunia yang diperingati setiap tanggal 20 Maret. Yuk, kita mengenang cerita-cerita dongeng terbaik sepanjang masa yang selalu menarik untuk dibaca. Kira-kira cerita dongeng apa saja ya yang TimiKimi akan ulas untuk Sobat? Simak yuk!

Cerita Dongeng yang Bisa Ingatkan Masa Kecilmu

Source: Google

Cerita dongeng memang menjadi hal yang menarik untuk dibaca, karena biasanya cerita dongeng bisa buat kamu senyum-senyum sendiri apalagi kalau ceritanya happy ending, kan. Tapi, tidak banyak juga cerita dongeng yang mengisahkan cerita tragis yang bikin kamu sedih. Berikut cerita dongeng klasik yang TimiKimi berikan untuk kamu, dongeng favoritmu ada gak ya?

1. Pinocchio

Source: Google

Cerita dongeng klasik pertama yaitu Pinocchio, novel asli yang berjudul The Adventures of Pinocchio dikarang oleh penulis asal Italia bernama Carlo Collodi di tahun 1883. Tahun 1940 baru kemudian Pinocchio diangkat menjadi film yang diproduksi oleh Walt Disney.

Kisah ini dimulai ketika Geppetto, seorang pemahat kayu yang hidup di sebuah desa kecil Tuscany di Italia, menciptakan sebuah boneka kayu dan membuat keinginan agar Pinocchio bisa menjadi seorang anak laki-laki. Malam harinya, Pinicchio dihidupkan oleh blue fairy, yang kemudian memberitahunya bahwa ia bisa menjadi anak laki-laki nyata apabila ia bisa membuktikan dirinya menjadi berani, jujur, dan tidak egois.

Geppetto yang menemukan Pinocchio dalam keadaan hidup sangat gembira. Namun, ketika dalam perjalanan ke sekolah, Pinocchio bertemu dengan Honest John The Fox dan teman-temannya. Meyakinkan untuk bergabung dengan pertunjukan boneka Stromboli, tapi Jiminy Cricket keberatan. Pinocchio segera menjadi bintang utama Stromboli sebagai sosok marionette yang bisa menyanyi dan menari. Selesai pertunjukkan, Pinocchio yang hendak pulang maah dikurung oleh Stromboli di dalam sebuah sangkar burung. Jiminy yang melihat tidak bisa menolongnya.

Blue Fairy muncul dan bertanya kenapa Pinocchio tidak berada di sekolah, namun dia berbohong dan hidungnya bertambah panjang dan panjang lagi. Pinocchio berjanji akan menjadi anak yang baik mulai saat ini, dan mengembalikan bentuk hidungnya menjadi normal kembali. Setelah itu, Pinocchio dan Jiminy kembali ke rumah dan tidak menemukan Geppetto karena sedang mencari Pinocchio. Geppetto tertelan ikan paus raksasa bernama Monstro dan hidup di dalam perutnya. Bertekad ingin membebaskan ayahnya, Pinocchio terjun ke laut bersama Jiminy dan masuk ke dalam perut Monstro untuk bertemu dengan ayahnya.

Kemudian mereka berencana untuk keluar dari sana dengan membuat Monstro bersin. Rencananya berhasil dan mereka semua keluar dari perut Monstro dan terdampar di sebuah pantai. Namun, Pinocchio tidak selamat, setelah kembali ke rumah Geppetto. Ia terbaring dan semua bersedih karena kepergiannya. Meski demikian, Pinocchio telah membuktikan kepada Blue Fairy bahwa dia sudah bertindak berani, jujur, dan tidak egois. Sehingga ia terlahir kembali sebagai anak laki-laki sungguhan.

Baca juga: Akan Tayang April 2019, Avengers: Endgame Hadirkan 7 Fakta Yang Mengejutkan

2. Cinderella

Source: Google

Cinderella merupakan cerita rakyat asal Eropa yang mengisahkan mitos tentang penindasan dan ketidakadilan. Pertama kali dirilis tahun 1634 oleh Giambattista Basile dalam Pentamerone (Italia), oleh Charles Perrault di tahun 1697 (Perancis), dan Brothers Grim di tahun 1812 (Jerman).

Ella adalah anak dari seorang ayah pedagang dan seorang ibu yang sangat mencintainya. Ibunya meninggal karena sakit waktu ia masih kecil, kemudian ketika Ella sudah beranjak dewasa ayahnya memutuskan untuk menikah lagi. Ella menyambut ibu tirinya Lady Tremaine dan dua saudara tirinya, Anastasia dan Driselle ke rumahnya.

Tak disangka, ayahnya yang sedang dalam perjalanan perdagangan jatuh sakit dan meninggal di perjalanan. Sejak itu, ibu tiri dan saudara tirinya yang iri kepadanya memperlakukan Ella seperti pembantu. Nah, Sobat itulah kenapa ia diberi nama Cinder-Ella (gadis abu). Namun, Cinderella selalu mengingat pesan ibunya “Have courage and be kind”, itulah yang menjadi pegangan hidupnya.

Suatu hari ada undangan dari kerajaan yang mengundang seluruh gadis untuk hadir dalam pesta. Ibu tiri dan saudara tirinya akan ikut, sedangkan Cinderella tidak boleh hadir dalam acara itu dan merusak baju Cinderella. Akhirnya Cinderella bertemu dengan ibu peri baik hati dan membantunya untuk pergi ke pesta dan bertemu pangeran. Pada malam itu, Cinderella memakai gaun cantik dan sepatu kaca, tetapi Cinderella harus bergegas keluar istana sebelum jam 12 malam.

Pada saat berlari, sepatu kacanya terjatuh, dan beberapa waktu kemudian pangeran memerintahkan untuk mencari gadis pemilik sepatu kaca ke seluruh negeri. Akhirnya sang pangeran menemukan Cinderella dan menikahinya. Cerita Cinderella menjadi favorit semua orang, bahkan cerita dongeng Cinderella ini dibuat filmnya oleh Walt Disney.

3. Snow White and The Seven Dwarfs

Source: Google

Snow White pertama kali diperkenalkan oleh Walt Disney pada tahun 1937 melalui film animasi asal Amerika Serikat. Cerita ini ditulis oleh Brothers Grimm, penulis cerita anak asal Jerman. Snow White and The Seven Dwarfs merupakan film animasi full-length pertama dan seri awal Walt Disney Animated Classics.

Snow White adalah seorang putri yang tinggal bersama ibu tirinya, ratu yang sombong dan kejam. Sang ratu takut akan kecantikan Snow White untuk mengerjakan pekerjaan rumah sebagai pembantu. Setiap hari sang ratu bertanya kepada Magic Mirror (kaca ajaib), ‘siapa yang tercantik dari semua?’, beberapa tahun kaca tersebut menjawab sang ratu yang tercantik, dan itu membuatnya senang. Sang ratu memerintahkan Huntsman untuk membunuh Snow White di tengah hutan. Namun ternyata ia menemukan bahwa Snow White masih hidup dan bersembunyi di sebuah rumah [ondok bersama tujuh kurcaci yang baik hati. Sang ratu menyamar sebagai seorang nenek tua yang membawa apel beracun kepada Snow White, yang akhirnya jatuh tertidur selamanya dan hanya bisa dibangunkan oleh ciuman seorang pangeran.

Baca juga: Memperingati Hari Musik Nasional. Ini Lho Musisi Indonesia Yang Sukses Di Luar Negeri!

4. Little Red Riding Hood

Source: Google

Little Red Riding Hood adalah cerita dongeng asal Eropa yang menceritakan seorang gadis kecil dan serigala besar yang jahat. Cerita ini diperkirakan dirilis sekitar abad ke-17 dan ditulis pertama kali oleh Charles Perrault.

Cerita ini berkisah tentang seorang gadis kecil bernama Little Red Riding Hood (karena ia mengenakan kerudung berwarna merah) yang dimintai tolong oleh ibunya untuk mengantar makanan untuk neneknya yang sakit. Di tengah perjalanan, seekor serigala mengikuti gadis tersebut dan bertanya kemana ia akan pergi. Gadis tersebut dengan lugu menjawabnya, dan menerima saran serigala tersebut untuk memetik bunga untuk diberikan ke neneknya.

Cerita tulisan Charles Perrault yang pertama kali dirilis berakhir disini, namun demikian ada beberapa versi asal Perancis dan Jerman yang menulis ada seorang pemburu/tukang kayu yang kebetulan lewat mendengar dengkuran serigala itu, kemudian datang menyelamatkan gadis kecil dan neneknya dengan cara memotong perut serigala tidur menggunakan kapak.

5. The Tale of Peter Rabbit

Source: Google

Peter Rabbit adalah buku pertama karangan Beatrix Potter yang dipublikasikan pada tahun 1902. Buku Peter Rabbit terdiri dari beberapa serial yang sudah terjual lebih dari 151 juta kopi dalam 35 bahasa. Di dalam buku yang ditulis oleh Beatrix Potter, Peter Rabbit diceritakan sebagai karakter kelinci yang mengenakan pakaian manusia.

Di dalam buku The Tale of Petter Rabbit, Peter dan keluarganya diperkenalkan. Pada suatu hari, Mrs. Rabbit pergi ke pasar, meninggalkan Peter dan saudara perempuannya, Flopsy, Mopsy, dan Cottontail untuk bermanin di hutan. Peter menggelar perintah ibunya karena menyelinap ke dalam kebun Mr. McGregor dan makan sayuran sebanyak-banyaknya.

Baca juga: Fakta Unik Dibalik Perayaan Hari Valentine Yang Harus Kamu Ketahui

Nah Sobat, yuk kita bacakan dongeng-dongeng terbaik yang bisa mengingatkan kamu pada kenangan masa kecil. Kamu juga bisa bacakan dongeng-dongeng tersebut ke anak, adik atau saudara yang lainnya. Selamat Hari Dongeng Sedunia!