Hari Pertama Kamu Masuk Kerja? Jangan Panik! TunaiKita Punya Tipsnya

Hari pertama kerja menjadi hal yang paling mendebarkan. Bahkan bagi yang sudah punya pengalaman bekerja pun masih sering merasakan hal tersebut, apalagi untuk para pekerja baru. Perasaan senang, antusias, khawatir, takut, dan sebagainya kumpul menjadi satu. Untuk itu, berikut tips agar hari pertamamu bekerja berjalan dengan lancar.

Mendapatkan sebuah pekerjaan baru memang hal yang menyenangkan. Pasalnya, kamu akan dihadapkan dengan suasana kerja yang baru dan lingkungan kerja yang baru. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa ada kekhawatiran dibenak para pekerja baru bagaimana menghadapi situasi tersebut. Pasti Sobat bertanya-tanya, apakah bisa menghadapi suasana kerja di tempat yang baru? Tenang Sobat, TimiKimi punya tips untuk menghadapi hari pertama kerja untuk kamu. Berikut ulasannya.

Tips Agar Hari Pertama Kerja Berjalan Sukses

1. Tampil sesuai profesi dan kepribadian Anda

Source: Google

Merasa nyaman itu penting dan bisa memberikan kepercayaan diri yang tinggi untuk kamu butuhkan saat memasuki lingkungan baru. Namun, harus kamu ingat ya Sobat, penampilan profesional kamu juga harus cocok dengan nilai-nilai perusahaan di tempatmu bekerja. Carilah titik kenyamanan antara kesan profesional dan menjadi diri sendiri.

Baca juga: Jika Mengalami Hal Ini, Berarti Tanda-Tanda Kamu Butuh Piknik!

2. Tiba lebih awal

Source: Google

Gunakan smartphone kamu untuk mencari tahu jarak dan waktu tempuh dari tempat tinggalmu ke lokasi kantor yang baru. Cari tahu pilihan dan jadwal sarana transportasi umum yang harus kamu gunakan, atau jika kamu membawa kendaraan pribadi, cari tahu di mana kamu bisa memarkir kendaraan pribadimu. Percaya deh, kamu tidak mau menjadi ‘si alasan klasik yang terlambat karena macet’ di hari pertama kerja. Rencanakan ini dengan baik, dan kamu bisa menghindari satu masalah yang tidak perlu terjadi hari itu.

3. Percaya diri

Source: Google

Kantor baru, apalagi kantor pertama, sepertinya memang diciptakan untuk membuat kamu merasa gugup. Tapi coba kamu pikir kembali. Semua orang tentu pernah berada di posisi ini. Kamu tidak sendirian, dan kamu tidak diharapkan untuk langsung tahu segalanya. Jadi, tarik napas yang dalam, jadi diri sendiri dan tunjukkan ke semua orang kenapa perusahaan itu teapt memilih kamu.

4. Fokus Mendengar

Source: Google

Salah satu cara terbaik untuk belajar dan beradaptasi di tempat kerja baru adalah mendengar secara aktif. Dengan mendengar kita akan tahu informasi apapun di seputar perusahaan, baik informasi penting saat rapat formal di kantor maupun informasi ringan saat istirahat makan siang.

5. Jangan Malu Bertanya

Hari pertama kerja adalah kesempatan terbaik di mana kamu bisa menanyakan apa pun yang belum dipahami terkait perusahaan tersebut. Jangan malu untuk bertanya, dan kamu akan dapat memahami semuanya dengan lebih cepat. Intinya jangan malu untuk bertanya, tidak ada salahnya bertanya justru itu akan membuatmu semakin akrab dengan rekan kerjamu.

Baca juga: Ini Dia 4 Tren Digital Yang Harus Kamu Ketahui Di Tahun 2019

6. Ingat Apa yang Kamu Katakan Saat Wawancara

Sebuah perusahaan memutuskan untuk mempekerjakan kamu karena sebuah alasan. Jadi, buktikan kalau kamu memang sesuai dengan apa yang sudah kamu katakan saat pertama kali wawancara di kantor tersebut. Jangan sampai apa yang kamu sampaikan tidak tidak sesuai dengan apa yang kamu lakukan untuk perusahaan tersebut.

7. Update Akun Media Sosial Kamu

Source: Google

Begitu memulai hari pertama kerja, langsung update profil dan jabatan kamu di akun media sosial! Pastikan untuk juga mem-follow fanpage perusahaan baru tempatmu bekerja, dan, setelah berkenalan, juga rekan-rekan baru kamu di LinkedIn. Dengan begini, kamu akan mulai membangun network profesional kamu di sana.

8. Ciptakan Hubungan, Atau Bahkan Persahabatan Baik

Source: Google

Perlakukan rekan kerja kamu sebagaimana ingin diperlakukan, dengan santun dan ramah. Ingat, hubungan profesional yang baik selalu berlandaskan rasa hormat dan kepercayaan berdasarkan kinerja. Walaupun mungkin awalnya knda belum tahu banyak, kamu tetap bisa membantu dan menunjukkan etos kerja yang baik. Untuk itu, pertahankan kinerja baik diperusahaan lamamu, dan bawa itu di tempat kerja baru kamu.

9. Dibawa Santai

Rencanakan dengan baik dan hari pertama kerja bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan. Jangan memaksakan dirimu untuk langsung bisa melakukan semuanyaa, jadi tidak usah terlalu tegang memikirkan bagaimana kamu harus membuat kagum rekan kerjamu. Tunjukkan sikap postif, keinginan untuk belajar dan berkembang, dan yang paling penting, dibawa asyik saja.

10. Tunjukkan Sikap Positif

Di hari pertamamu bekerja tujukkan sikap postif pada semua orang yang ada di kantor barumu. Datanglah ke kantor baru kamu dengan ekspresi wajah cerah, tunjukkan sikap baik kamu dan sapa rekan-rekan kamu dengan ramah dan penuh senyum. Percaya deh Sobat, menyebarkan senyum akan menularkan hal energi ke semua orang di sekitarmu.

Baca juga: Intip Rahasia Kelola Keuangan Ala Orang Paling Kaya Di Indonesia

Berikan Kesan Terbaik di Tempat Kerja Baru Kamu

Di hari pertamamu bekerja kamu tidak perlu khawatir, kamu hanya perlu memberikan kesan terbaik dan bersikaplah profesional. Semoga infromasi yang TimiKimi berikan dapat bermanfaat dan membantu Sobat!