Harus Tahu Pentingnya Asuransi Untuk Millennials

Asuransi menjadi salah satu instrumen penting dalam hidup untuk mengantisipasi risiko yang timbul di masa depan. Meski asuransi bukan barang baru bagi masyarakat Indonesia, keraguan untuk memiliki asuransi sesuatu yang belum kita ketahui betul manfaatnya bagi generasi millennials. Di usia yang sedang produktif, millennials harus peduli akan pentingnya asuransi.

Generasi millennial kini memberi pengaruh cukup besar. Menduduki hampir setengah dari populasi di Indonesia. Millennial menjadi generasi yang dianggap kreatif di berbagai bidang. Selain kreatif, mereka juga pandai membagi waktu dalam bersosialisasi dan bekerja. Namun, meillennial dianggap kurang pandai mengatur keuangan. Di usia muda, agaknya millennial kurang bijak dalam menggunakan penghasilan yang didapat. Padahal sudah saat menerapkan pepatah sedia payung sebelum hujan dalam kehidupan nyata. Nah, TimiKimi punya lho ulasan mengenai pentingnya asuransi untuk kamu para millennial, simak yuk!

Baca juga: Tips Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik Untuk Kamu

Asuransi Untuk Millennial: Butuh atau Tidak?

Source: Google

Sobat, mengapa sangat penting membuat perencanaan keuangan? Karena sebelum kalian mengalami hal yang tidak terduga, ada baiknya kamu menyiapkan diri sebelum terlambat. Memiliki asuransi lebih baik daripada tidak memiliki asuransi sama sekali, guna mempersiapkan diri dari risiko yang akan terjadi di masa depan. Berikut beberapa alasan mengapa asuransi penting untuk dimiliki di usia muda.

1. Masa Klaim yang Nyaman

Source: Google

Biasanya asuransi memiliki kebijakan pencairan dana berkisar 1 sampai 3 bulan setelah asuransi dibuka. Untuk kamu para generasi millennials, tidak perlu khawatir menunggu masa klaim dari pihak asuransi jika kamu memilikinya sejak dini. Dibanding memilikinya ketika sudah menghadapi masalah darurat, lebih baik kamu memiliki asuransi sejak dini kan?

2. Premi Rendah

Source: Google

Pihak asuransi akan memberikan premi rendah jika Anda mengajukan asuransi pada usia muda. Karena risiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, dianggap lebih kecil dibandingkan dengan usia di atas 40 tahun ke atas. Dengan demikian, persoalan mengenai premi yang tinggi tidak akan kamu hadapi.

3. Rencana Keuangan yang Lebih Matang

Source: Google

Selain memberi perlindungan dari sisi keuangan, rencana finansial yang lebih matang juga bisa kamu dapatkan dengan mendaftarkan diri di asuransi. Sehingga membuatmu lebih fokus mengatur keuangan untuk tabungan atau bahkan untuk investasi. Tanpa harus mengganggu pikiran kamu mengenai hal-hal yang tidak terduga.

4. Pilihan yang Beragam

Kamu bisa membandingkan dari berbagai macam program yang disediakan penyedia asuransi sebelum memutuskan untuk memiliki asuransi. Kamu punya kebebasan lebih untuk menentukan program mana yang terbaik sesuai dengan diri sehingga bisa meminimalkan kekurangan. Kamu bisa memilih berbagai asuransi seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi untu aset: mobil, rumah, tinggal kamu pilih asuransi mana yang sesuai dengan kebutuhanmu.

5. Bisa Dijadikan Investasi

Source: Google

Dengan memiliki asuransi kamu juga bisa memanfaatkan investasi dari asuransi. Selain kamu memperoleh perlindungan dari asuransi yang kamu pilih, dengan membayar premi secara berkala setiap bulannya. Nantinya uang kamu bisa ditukar menjadi tabungan di kemudian hari, Sobat.

Baca juga: 10 Bisnis Yang Menjanjikan Bagi Mahasiswa, Cukup Untuk Nambah Uang Saku

Selain pentingnya asuransi untuk millennials kamu juga akan mendapatkan beberapa keuntungan yang bisa membantu hidupmu. TimiKimi juga punya ulasannya juga, lho.

  • Kamu jadi punya “Plan B”

Sudah dijelaskan di atas bahwa asuransi memberikan perlindungan finansial untuk kamu. Jika ada sesuatu yang tidak kita harapkan terjadi, seperti kecelakaan atau tiba-tiba sakit yang mengharuskan kamu menjalani rawat inap. Hal ini sudah pasti akan mempengaruhi kamu secara finansial. Kalau kamu punya penghasilan tetap setiap bulannya itu bukan menjadi masalah yang besar, tetapi bagaimana untuk kamu yang tidak punya penghasilan tetap? Sudah pasti itu akan membuatmu repot kan.

Jika kamu memiliki asuransi jiwa, maka risiko finansial yang akan terjadi seperti penjelasan di atas sudah pasti bisa ditutupi. Asuransi menjaga uang kamu, tidak habis untuk menutupi kebutuhan finansial yang tak terduga seperti kecelakaan. Bahkan jika meninggal dunia, keluarga yang ditinggalkan, yang selama ini kita dukung secara finansial juga akan mendapat manfaat sesuai nilai polis.

  • Bisa optimal berkarya dan bekerja

Generasi millenial memberi pengaruh cukup besar di Indonesia. Mereka juga dianggap kreatif dan inovatif. Itu juga bisa menjadi ajang untuk menunjukan jati diri dan aktualisasi. Selagi energi dan waktu masih memungkinkan, untuk itu kamu harus memanfaatkannya sebaik mungkin. Tujuan utama kamu yaitu berkarya dan bekerja secara optimal. Namun, selain bekerja keras kamu juga harus menikmati hidup.

Kamu bisa melakukan apapun yang kamu sukai, seperti hobi, mencari teman dan networking sebanyak-banyaknya. Dengan adanya asuransi, kamu akan mendapat perlindungan jiwa dan secara finansial. Kamu pun akan merasa tenang menikmati hidup.

  • Harganya makin murah kalau belinya sekarang, bukan nanti

Ini berlaku di semua jenis asuransi, semakin bertambah usia, semakin tinggi harga premi yang harus kamu bayar. Karena di usia muda ini risiko untuk terkena penyakit lebih kecil. Berarti kemungkinan kita akan memerlukan asuransi dengan segera juga kecil. Bila kondisi kesehatan sudah bermasalah atau mengalami cedera sebelum memiliki polis, biasanya kondisi tersebut akan dikecualikan di dalam polis.

  • Anti madesu alias masa depan suram

Dengan perencanaan yang baik, kamu dapat memastikan masa depan yang bahagia. Karena kamu tidak perlu pusing lagi memikirkan pendapatan yang jauh berkurang. Tersedianya jaminan dana hari tua yang akan memastikan kamu menjalani gaya hidup seperti saat ini. Misalnya kamu masih tetap bisa terus melakukan hobi traveling kamu.

  • Tambahan dana darurat

Pentingnya dana darurat untuk menjaga kestabilan finansial kamu. Menurut Milliarder Mark Cuban seperti dilansir CNBC, kalau kamu belum berkeluarga maka jumlah dana darurat yang disarankan adalah sebesar 6 kali penghasilan bulanan. Sementara ketika kamu sudah menikah, sebaiknya kita punya dana darurat sebesar 12 kali penghasilan bulanan. Meskipun begitu, dana darurat dalam bentuk tunai tadi bisa berkurang.

  • Tidak pusing memikiran hutang

Seandainya kamu kehilangan sumber penghasilan karena kejadian yang kurang menyenangkan seperti sakit atau kecelakaan. Siapa yang akan bayar cicilan kamu? Jangan sampai hutang ini malah menjadi beban untuk orang disekitar kamu. Dengan perlindungan penyakit kritis, seperti penyakit jantung, kanker, stroke, gagal ginjal, penyakit paru kronis hingga angioplasty.

  • Pelengkap asuransi yang sudah kamu punya

Untuk kamu yang tidak tertarik membeli asuransi karena sudah disediakan oleh kantor. Coba kamu pastikan dulu jumlah dan manfaat yang kamu dapatkan. Bisa jadi manfaatnya kurang mencukupi. Kamu tahu tidak sobat? Pakar keuangan dari Amerika Serikat, Suze Orman dalam bukunya The Money for The Young & Broke, bahwa kamu tidak perlu takut beli asuransi jiwa lebih dari yang kamu pikir perlukan. Kebanyakaan perusahaan atau di tempat kamu bekerja hanya menyediakan asuransi kesehatan. Untuk itu jangan ragu untuk memiliki asuransi lainnya untuk keuntungan kamu sendiri.

Baca juga: Pinjaman Uang Tanpa Jaminan Dengan KTA Terbaik, Begini Lho Caranya!

Kalau Tidak Sekarang, Kapan Lagi?

Banyaknya manfaat yang didapat jika kamu memiliki asuransi sangat menguntungkan bukan? Terlebih lagi di usia muda, kamu dapat menikmati hidup dengan tenang. Dengan asuransi di masa tuamu nanti, kamu tidak perlu lagi kerepotan mencari dana tambahan kan. Yuk Sobat, punya asuransi sekarang!