Hikmah di Bulan Suci Ramadhan Yang Harus Kita Maksimalkan

Bulan suci ramadhan merupakan bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh umat islam di dunia, selain itu bulan puasa juga bulan penuh kebaikan dan keberkahan. Di bulan yang penuh kebaikan ini semua orang berlomba-lomba untuk mengerjar pahala. Lalu, apa sajakah hikmah puasa yang harus kita maksimalkan di bulan ramadhan ini? Simak ulasannya yuk!

Menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan adalah suatu kewajiban bagi setiap muslim. Puasa bukan hanya menahan lapar dan haus saja, tetapi di puasa bulan ramadhan ini kamu juga harus mampu mengendalikan dan menahan hawa nafsu. Dan jika kamu tidak menjalankannya, maka hukumnya berdosa. Dan wajib menggantinya di lain waktu serta wajib juga untuk membayar fidyah. 

Tidak hanya itu, di bulan ramadhan ini diharuskan untuk menjalankan kewajiban lainnya seperti sholat, dzikir, membaca Al-quran, membantu sesama yang membutuhkan serta membayar zakat agar kamu menjadi orang yang bertaqwa. Tahukah kamu bahwa ada beberapa hikmah puasa yang harus kamu maksimalkan agar bulan ramadhanmu penuh berkah? TimiKimi punya ulasannya untuk kamu, lihat di sini ya!

Hikmah Puasa Agar Puasa Lebih Maksimal

1. Menjadi Pribadi yang Lebih Sabar dan Tabah

Source: Google

Hikma puasa yang bisa kamu rasakan di bulan ramadhan yang pertama yaitu kamu akan menjadi seorang yang lebih sabar dan tabah. Menjalani ibadah puasa, bukan hanya menahan lapar dan haus saja, Sobat. Akan tetapi, kamu juga harus menahan hawa nafsumu. Dengan berpuasa kamu dilatih untuk bisa menahan amarah, serta tidak berburuk sangka terhadap orang lain. Manfaat puasa lainnya yaitu kamu kamu menjadi terbiasa bersikap sabar menghadapi sesuatu dan tidak mudah terpancing oleh omongan-omongan orang tentangmu.

Baca juga: Tips Bijak Atur Keuangan Di Bulan Ramadhan

2. Menjadi Pribadi yang Lebih Menghargai Waktu dan Disiplin

Kamu yang menjalankan ibadah puasa, tentu hidupnya akan lebih teratur dan menghargai waktu, mengapa? Di bulan puasa, kamu akan terbiasa bangun pagi untuk makan sahur, selain itu untuk kamu yang waktu makannya tidak teratur dengan berpuasa waktu makanmu akan jauh lebih teratur pada jam berbuka puasa. Dengan berpuasa hidup kamu akan lebih teratur dan akan terbiasa di bulan-bulan berikutnya.

3. Melatih Seseorang Lebih Bersyukur

Hikmah puasa selanjutnya yang akan kamu rasakan yaitu menjadi pribadi yang lebih bersyukur. Di bulan ramadhan kita dibolehkan untuk makan dua kali yaitu pada saat berbuka puasa dan waktu sahur. Dengan begitu, maka kamu akan lebih merasa bersyukur dengan apa yang kamu makan. Tentu pada saat puasa kamu akan lebih bersyukur dengan apa yang kamu makan ketika waktu berbuka puasa dan sahur. 

4. Lebih Peduli Terhadap Sesama

Source: Google

Seperti yang TimiKimi jelaskan bahwa bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh kebaikan dan keberkahan. Nah, semua orang yang menjalankan ibadah puasa akan saling berbuat kebaikan terhadap sesama, agar puasa yang kamu jalani penuh berkah dan pahala. Kamu bisa berbuat kebaikan terhadap sesama dengan membagikan takjil gratis untuk berbuka puasa dan hal kebaikan lainnya.

5. Mempererat Tali Silaturahmi

Source: Google

Menjalankan ibadah puasa, tentu setelah berbuka puasa kamu akan menjalankan sholat tarawih berjamaah di masjid. Maka dengan adanya kegiatan seperti itu setiap hari dan menjadikan bertemu dengan semua orang yang sholat berjamaah di masjid, maka yang awalnya tidak pernah bertemu menjadi bertemu yang biasanya tidak akrab menjadi akrab. Tidak hanya itu, kamu juga akan ada banyak kegiatan buka bersama atau bukber dan tentunya kamu akan bertemu dengan teman yang sudah lama sekali tidak bertemu. Sehingga tali silaturahmimu akan kembali terhubung. Kebiasaan ini juga akan berlanjut di bulan-bulan berikutnya selain bulan ramadhan. Dengan begitu, tali silaturahmi kamu akan tetap terjaga. 

Baca juga: Lebaran Tinggal 1 Bulan Lagi, Intip Tips Persiapan Mudik Ala TimiKimi!

6. Membiasakan Diri untuk Berhati-hati dalam Bertindak

Dengan menjalankan ibadah puasa, maka kamu akan menghidari hal-hal yang dapat mengurangi pahala puasa kamu. Tentu kamu tidak ingin pahalamu berkurang hanya karena tindakanmu yang tidak berhati-hati kan. Untuk itu, jagalah lisan, perbuatan dan hati. Setelah kamu membiasakan diri berbuat baik di bulan ramadhan, maka kamu akan terbiasa serta akan berhati-hati dalam bertindak. Karena ingat bahwa Allah SWT mengetahui semua hal yang kita kerjakan. 

7. Melatih Hidup Sederhana

Source: Google

Waktu berbuka puasa adalah hal yang paling ditunggu ketika berpuasa. Pada saat, waktu berbuka puasa kamu pasti akan merasakan nikmatnya berbuka puasa walaupun hanya dengan segelas air putih dan buah kurma saja. Dengan merasakan hal itu, kamu akan sadar dan akan lebih menghargai makanan serta akan melatih diri kita untuk lebih sederhana dalam hidup. Karena sesungguhnya Allah SWT tidak menyukai dengan hal yang berlebihan. Dan lebih menyukai hal yang sederhana.

8. Hidup Seimbang

Puasa merupakan bentuk ibadah wajib kita sebagai seorang muslim. Dengan menjalankan puasa di bulan ramadhan, maka kamu telah menjalankan kewajiban untuk bekal kelak di akhirat. Serta keseimbangan hidupmu yaitu kebutuhan dunia dan akhirat, dengan kata lain dengan berpuasa maka kita telah menjalankan kebutuhan akhirat dan sejenak meninggalkan kebutuhan dunia. Karena kebutuhan dunia jika kamu terus menuruti kebutuhan dunia saja, itu tentu tidak akan ada ujungnya. Namun, yang perlu Sobat ingat adalah bahwa kepentingan dunia dan akhirat harus seimbang.

9. Meningkatkan Ketaqwaan Seseorang

Menjalankan ibadah puasa kamu akan terlatih untuk menahan hawa nafsu untuk tidak melakukan hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT, dan menjalankan hal-hal baik untuk kamu jalani. Ini bertujuan agar kamu menjadi seseorang yang lebih bertaqwa lagi kepada Allah SWT. Yuk, kita sama-sama melakukan hal-hal baik yang diperintahkan oleh Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya untuk menjadi pribadi yang lebih bertaqwa.

10. Untuk Menjaga Kesehatan

Source: Google

Kamu jangan takut kelaparan karena berpuasa sebulan penuh. Justru dengan berpuasa kesehatanmu akan tetap terjaga, diantaranya dapat mengurangi tekanan darah, mengurangi kadar gula darah, mengurangi berat badan, dan sebaginya. Berpuasa bukan berarti kamu harus balas dendam karena menahan lapar selama kurang lebih 9 jam, dengan menu berbuka puasa yang tidak sehat. Untuk itu, kamu juga harus menjaga asupan yang kamu makan. Makanlah makanan yang kayak akan serat sehingga kamu akan kuat menjalani puasa. Makanlah yang cukup saat berbuka puasa dan sahur, jangan lupa minum vitamin juga ya, Sobat!

Baca juga: Inspirasi Bisnis Yang Menjanjikan Untuk Bulan Ramadhan, Pasti Laris Manis!

Lakukan Hal Baik di Bulan Ramadhan

Yuk, kita sama-sama untuk melakukan hal-hal baik di bulan ramadhan, agar hikmah puasa yang kamu rasakan bisa kamu maksimalkan. Jalankan kewajibanmu sebagai muslim dengan melakukan perintah Allah SWT dan menjauhi semua larangan-Nya. Semoga pada bulan ramadhan kali ini kita semua menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan setiap ibadah yang dilakukan dapat diberkahi oleh Allah SWT.

Semoga informasi yang TimiKimi mengenai hikmah puasa dapat bermanfaat untuk kamu. Semangat dan selamat berpuasa, Sobat TimiKimi semua!