Peluang Usaha Makanan

Jika ingin membuka usaha makanan, kamu harus melihat tren yang ada saat ini supaya usahamu nanti tidak ketinggalan jaman dan bisa menarik banyak konsumen. Coba pelajari dulu ide peluang usaha makanan yang ada di bawah ini!

Usaha makanan di Indonesia sejak 5 tahun belakangan ini memang sedang naik daun. Hal ini tak lepas dari peran media sosial, blogger, hingga aplikasi direktori kuliner yang membuat orang semakin mencintai makanan. Coba saja kamu membuka salah satu media sosial seperti instagram, pasti ada banyak foto-foto makanan dengan tampilan apik yang sangat menggiurkan untuk dicoba. Dengan begitu, makanan tak lagi hanya sekedar untuk mengenyangkan perut saja, tapi juga untuk memuaskan mata dan memberikan kenikmatan rasa dari makanan yang disantap.

Dengan beragam alasan tersebut, usaha makanan sampai kapanpun akan tetap banyak peminatnya. Tapi bukan berarti jika kamu membuka usaha makanan akan laris manis begitu saja. Justru karena peminatnya yang tinggi, maka persaingan usaha makanan sangat ketat. Jika kamu tidak pintar-pintar melihat celah makanan mana yang akan menjadi tren, maka tak menutup kemungkinan kalau usaha makananmu bisa gulung tikar. Oleh karena itu, jika kamu ingin membuka usaha makanan, TunaiKita punya beberapa ide peluang usaha makanan yang bisa kamu pilih, yaitu:

1. Peluang Usaha Makanan Unik

Makanan Unik (feastonthis.com)

Pertama ada peluang usaha makanan unik yang sepertinya akan semakin digemari pada tahun 2019 ini. Masyarakat Indonesia sangat suka terhadap sesuatu yang sifatnya unik dan menarik. Jadi kalau ada makanan unik yang sedang viral, mereka pasti akan penasaran dan ingin mencoba seperti apa citarasa dari makanan tersebut. Coba saja kita kilas balik pada tahun 2018 saat banyak makanan yang menggabungkan keju mozarella. Seperti steak mozarella, ayam goreng Korea dengan mozarella, dan masih banyak lagi. Penggunaan keju mozarella yang masih tergolong jarang di Indonesia pun sukses membuat orang penasaran ingin mencobanya jika dipadukan dengan makanan lain

Baca Juga : Ketahui Lima Pilihan Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan  

2. Peluang Usaha Makanan Jajanan Luar Negeri

Selain usaha makanan unik, ada peluang usaha makanan jajanan luar negeri yang juga akan semakin bermunculan di tahun 2019 ini. Kenapa usaha jajanan luar negeri memiliki peluang yang cerah di tahun 2019? Ini dikarenakan jajanan luar negeri memberikan citarasa yang berbeda dibanding jajanan tradisional dalam negeri sehingga membuat kita menjadi penasaran mencobanya. Coba saja kamu ingat-ingat saat kemunculan egg tart yang membuat orang rela mengantri hingga berjam-jam demi mencicip jajanan asal Hongkong ini. Lalu yang baru-baru ini sedang dibicarakan dan viral di berbagai media sosial adalah Thai Bun yang merupakan roti kasur khas Thailand dengan isian selai di dalamnya yang sangat melimpah.

3. Peluang Usaha Makanan Sehat

Makanan Sehat (kinstacdn.com)

Selanjutnya ada peluang usaha makanan sehat yang akan semakin digemari oleh masyarakat Indonesia karena saat ini masyarakat kita sudah aware dengan pentingnya kesehatan. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya orang yang pergi ke pusat olahraga seperti gym, pelatihan yoga, dan lain sebagainya. Tidak hanya melakukan olahraga saja, mereka juga mengimbanginnya dengan menyantap makanan yang sehat. Perkembangan usaha makanan sehat di Indonesia memang terbilang sangat pesat. Pada tahun 2018, ada banyak makanan sehat yang bermunculan seperti poke bowl, smoothie bowl, hingga salad wraps.

4. Peluang Usaha Makanan Pedas

Rasanya peluang usaha makanan pedas masih akan terus berjaya di tahun 2019 karena memang pada dasarnya masyarakat Indonesia sangat suka kuliner bercitarasa pedas. Jadi kalau kamu membuka usaha makanan pedas, peluang untuk suksesnya akan jauh lebih besar. Jika menilik dari usaha-usaha makanan pedas sebelumnya seperti seblak, ayam geprek, hingga sate taichan. Makanan-makanan pedas tersebut sukses mendapat hati tersendiri di hati masyarakat Indonesia. Jadi kalau kamu ingin membuka usaha makanan pedas, usahakan untuk membuatnya tampil berbeda sehingga tidak kalah saing dibanding usaha makanan pedas lainnya.

5. Peluang Usaha Makanan Tradisional

Makanan Indonesia (migrationology.com)

Siapa bilang usaha makanan tradisional tidak akan laris manis di tahun 2019? Justru peluang usaha makanan tradisional akan semakin terbuka lebar di tahun ini. Pasalnya, Indonesia memiliki beragam kebudayaan dan kuliner yang berbeda-beda sehingga kamu tidak akan habis mengeksplorenya. Tentu saja untuk menjadikan usaha makanan tradisionalmu menjadi viral, kamu harus membuatnya tampilannya lebih menggiurkan dengan penataan yang apik. Contoh makanan tradisional yang sedang ramai dibicarakan adalah nasi liwet Sunda yang menjadi makanan tradisional favorit ketika mengadakan arisan hingga acara-acara kebersamaan yang lain.

6. Peluang Usaha Makanan Roti Artisan

Mungkin bagi beberapa orang yang tidak sering menyantap roti akan merasa asing dengan nama roti artisan. Roti artisan merupakan roti yang langsung dibuat oleh pembuat roti pada saat hari itu juga alias bukan roti buatan pabrik. Beberapa contoh usaha makanan roti artisan yang sangat populer adalah Francise Artisan Bakery, BreadLife, BreadTalk, hingga Roti Boy. Roti artisan ini dinilai lebih sehat karena tidak menggunakan bahan pengawet. Kamu bisa memulai untuk membuka usaha roti artisan secara kecil-kecilan di garasi rumah atau menjualnya secara online.

Baca Juga : 10 Ide Usaha Sampingan Untuk Karyawan, Lumayan Buat Nambah Penghasilan

7. Peluang Usaha Makanan yang Terlihat Instagramable

Kuliner Instagramable (cnn.com)

Terakhir ada peluang usaha makanan yang terlihat instagramable alias terlihat cantik untuk difoto. Kenapa hal ini bisa dijadikan sebagai peluang usaha? Seperti yang kamu ketahui kalau saat ini sosial media, terutama instagram sedang marak-maraknya digunakan. Instagram menampilkan foto-foto makanan yang ditata sedemikian mungkin sehingga hasilnya terlihat sangat bagus. Oleh karena itu, kenapa makanan instagramable ini tidak dijadikan sebagai usaha saja? Untuk membuka usaha makanan instagramable, kamu harus memadukan salah satu dari ke enam ide peluang usaha makanan yang ada di atas.

Kurang Modal untuk Usaha? Pinjaman Online Jadi Solusinya

Ambil Pinjaman Online (www.telegraph.co.uk)

Jika ide peluang usaha sudah kamu dapatkan, maka sekarang tinggal menyiapkan modal dananya. Untuk mengetahui kisaran modal yang dibutuhkan, kamu harus melakukan perhitungan terlebih dahulu, mulai dari menghitung biaya bahan baku, operasional, sewa tempat, gaji karyawan, dan lain sebagainya. Jika dana modal sudah diketahui jumlahnya, maka kamu bisa langsung menyiapkannya. Hal pertama yang akan dilakukan orang ketika sudah mengetahui berapa modal yang dibutuhkan adalah mengecek isi tabungan dan juga aset yang mereka miliki.

Kalau jumlah tabungan tidak mencukup dan tidak ada aset yang bisa digadaikan, maka solusinya adalah mengajukan pinjaman. Ke mana kita bisa mengajukan pinjaman? Ada banyak tempat peminjaman modal seperti KUR (Kredit Usaha Rakyat), KTA (Kredit Tanpa Agunan), dan pinjaman online. Untuk pinjaman jenis KUR dan KTA, dana yang diberikan memang terbilang cukup besar, tapi kamu akan membutuhkan waktu yang cukup lama supaya dana bisa cair dan bisa digunakan sebagai modal. Jika kisaran dana yang dibutuhkan kurang dari Rp20 juta, kamu disarankan untuk memilih pinjaman online melalui TunaiKita yang aman dan terpercaya karena diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Baca Juga : Cara Mendapatkan Kredit Usaha Rakyat Yang Mudah

TunaiKita (Sumber: www.tunaikita.com)

Untuk bisa mendapatkan pinjaman modal usaha di TunaiKita, kamu harus memenuhi ketiga syarat terlebih dahulu seperti memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), dan rekening bank lokal (BNI, BCA, BRI, Bank Mandiri, Bank Mega, Bank Danamon, Bank Permata). Setelah kamu mempersiapkan persyaratan tersebut, kamu tinggal mendownload aplikasi TunaiKita yang ada di PlayStore.

Lakukan registrasi supaya bisa login, kemudian setelah bisa login, kamu tinggal mengunggah dokumen yang disyaratkan. Jika sudah, pilih nominal pinjaman dan masa tenor yang kamu inginkan. Untuk minimum pinjaman Rp1 juta dan maksimum pinjaman Rp20 juta dengan masa tenor 10 hari sampai 120 hari. Mudah bukan? Sekarang kamu tinggal menunggu pihak TunaiKita melakukan konfirmasi. Jika pengajuan pinjamanmu diterima, maka dana akan langsung ditransfer melalui nomor rekening bank lokal yang sudah kamu berikan.

Kalau modal usaha makanan sudah di tangan, kini saatnya kamu bergerak untuk memulai usaha makanamu. Semoga usaha makananmu akan menjadi sukses ya Sobat!