Ingin Ajukan Pinjaman Dana Jaminan KTP? Ini Pilihan Penyedianya!

pinjaman dana jaminan ktp

Pinjaman dana jaminan KTP memang menjadi pilihan banyak orang yang membutuhkan dana mendesak. Selain hanya membutuhkan KTP untuk pengajuan pinjaman, prosesnya pun cukup mudah dan cepat. Kira-kira penyedia mana saja yang bisa memberikan pinjaman hanya dengan jaminan KTP?

Pasti semua warga negara Indonesai memiliki Kartu Tanda Penduduk atau KTP. KTP pada umumnya digunakan sebagai kartu identitas diri seseorang. Akan tetapi, bagi sebagian masyarakat, ternyata KTP bisa dijadikan sebagai alat untuk mendapatkan pinjaman. Bagaimana mungkin? Kamu ingin mendapatkan pinjaman dana jaminan KTP? Betul kok Sobat, kamu bisa mengajukan pinjaman dengan KTP sebagai jaminannya.

Kebutuhan masyarakat akan dana tunai memang tidak bisa dipungkiri lagi. Semakin tingginya kebutuhan, mau tidak mau kita harus mempunyai dana darurat jika terjadi sesuatu di luar rencanamu. Bagaimana kalau kamu tidak mempunyai dana darurat? Mau tidak mau kamu harus mengajukan pinjaman kan? Kebanyakan lembaga penyedia pinjaman uang biasanya salah satu syarat untuk meminjam yaitu adanya jaminan. Kali ini TimiKimi akan mengulas mengenai beberapa penyedia pinjaman dana jaminan KTP yang bisa diajukan  Sobat. Simak yuk!

1. Pinjaman Dana Jaminan KTP dari Koperasi

Source: Google

Biasanya lembaga keuangan seperti koperasi akan menggunakan KTP untuk melakukan verifikasi data calon nasabah. Di tengah kebutuhan dan perekonomian yang semakin mendesak ini, semakin banyak orang yang membutuhkan pinjaman uang online. Berikut beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan dana jaminan KTP.

  • Lakukan Komunikasi dengan Pihak Penyedia Pinjaman

Langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah mencari nomor kontak yang bisa dihubungi dari pihak marketing koperasi. Kamu bisa mencari nomor kontak tersebut melalui saudara atau tetangga. Biasanya juga para marketing koperasi akan memasarkan dan mensosialisasikan pinjaman dana yang ditawarkan dari rumah ke rumah. Jangan lupa untuk mencari kontak marketing dari koperasi yang memiliki kredibilitas tinggi, ya!

Baca juga: Ajukan Pinjaman Tanpa BI Checking? Cek 6 Hal Ini Dulu Yuk!

  • Lakukanlah Negosiasi Untuk Mengajukan Pinjaman Dana

Segeralah menghubunginya untuk menanyakan mengenai pinjaman dana jaminan KTP yang kamu perlukan. Awalnya kamu harus mengenalkan identitas diri terlebih dahulu. Setelah itu, lakukanlah tanya jawab dengan pihak koperasi mengenai program pinjaman dana dengan jaminan KTP saja.

Selain itu, kamu juga bisa mengajukan pinjaman dana yang diinginkan. Biasanya untuk kategori koperasi kecil dengan jaminan KTP saja, calon nasabah hanya bisa meminjam antara Rp100 ribu hingga Rp1 juta.

  • Mempersiapkan Data-Data Sebagai Administrasi yang Harus Diselesaikan

Walaupun kamu sudah mengajukan pinjaman secara lisan, tentu pihak koperasi akan menyarankan untuk membuat pengajuan secara tertulis. Pengajuan tertulis disini biasanya dilakukan sebagai formalitas saja. Hal yang sangat penting ketika ingin meminjam dengan KTP mengenai domisili atau tempat tinggal. Lakukanlah peminjaman dana dengan jaminan KTP di sekitar tempat tinggalmu, karena peluang pinjaman anda diterima akan jauh lebih besar.

  • Jelaskan Bahwa Anda Mendapatkan Rekomendasi Teman

Rekomendasi teman memang cukup menambah peluang keberhasilan dari pinjaman dana tersebut, lho! Akan lebih baik jika temanmu direkomendasikan oleh seseorang yang juga meminjam di tempat tersebut. Rekomendasi dari teman ini memang sangat berpengaruh dalam menambah tingkat kepercayaan dari koperasi yang bersangkutan. Perlu diperhatikan bahwa teman yang dimaksud memiliki rekam jejak yang sangat baik dalam hal peminjaman dana.

  • Menunggu Proses Pencairan Dana

Ketika kamu sudah mengajukan pinjaman dan melengkapi syarat-syarat administrasinya, maka harus menunggu dana tersebut dicairkan. Biasanya untuk nominal pinjaman di bawah Rp500 ribu, proses pencairannya tidak terlalu lama. Apalagi jika kamu menggunakan sistem pinjaman dana koperasi online.

  • Cicilan Pinjaman Dana

Jangan lupa setelah kamu mendapatkan pinjaman, hal yang perlu kamu lakukan adalah membayar cicilan pinjamanmu. Biasanya para nasabah akan mendapatkan pinjaman dana dengan jangka waktu antara 1 hingga 3 bulan saja. Sebaiknya kamu melakukan angsuran dengan disiplin agar ke depannya kamu memiliki rekam jejak yang bagus. Tujuannya agar ketika dalam beberapa waktu ke depan kamu terpaksa dan terdesak dengan keuangan, akan lebih mudah meminjam di tempat tersebut.

Baca juga: Pinjaman Pribadi Bank Vs Pinjaman Pribadi Non Bank, Lebih Menguntungkan Mana?

2. Pinjaman modal usaha dari Bank Danamon

Source: Google

Bank Danamon memiliki produk simpan pinjam dengan plafon pinjaman mulai dari Rp5 juta hingga maksimal Rp200 juta. Namun, terdapat persyaratan bahwa calon nasabah harus sudah memiliki usaha sendiri yang telah berjalan.

Untuk proses pengajuannya terbilang sangat mudah dan simpel, calon nasabah hanya diminta syarat berupa jaminan KTP dan KK asli kemudian calon nasabah dapat melakukan konsultasi secara langsung dengan pihak Bank Danamon. Persyaratan umum yang harus kamu penuhi yaitu:

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Minimum berusia 21 tahun dan maksimal 60 tahun pada saat akhir pinjaman (khusus karyawan maksimal berusia 55 tahun pada saat pengajuan)
  3. Karyawan / Profesional / Pengusaha
  4. Mininum penghasilan bulanan Rp2 juta per bulan
  5. Masa kerja minimum 1 tahun (karyawan) dan 2 tahun (pengusaha/profesional)
  6. Mengisi lengkap dan menandatangani aplikasi Dana Instant

3. Pinjaman bebas dari BPTN

Source: Google

Bank BPTN kini juga tengah memperlihatkan kebutuhan pinjaman yang kian hari semakin meningkat. Dengan demikian, Bank BPTN menawarkan program pinjaman dengan plafon pinjaman hingga maksimal Rp50 juta, dengan tenor atau jangka waktu pinjaman maksimal sampai 24 bulan.

Selain hanya urusan meminjam uang, nasabah Bank BPTN berkesempatan akan mendapatkan pelatihan untuk upaya pengelolaan usaha dan bisnis agar mampu berkembang lebih baik. Jadi ketentuan utamanya pinjaman hanya perlu memenuhi syarat berupa KTP dan KK saja apabila telah memiliki usaha dan bisnis yang aktif dan sudah berjalan selama minimal 2 tahun. Cara mengajukan permohonan pinjaman tanpa jaminan ini harus dengan mendatangi langsung kantor Bank BPTN dimana kamu berdomisili sesuai dengan KTP.

Baca juga: Pengajuan Pinjaman KTA Bisa Langsung Disetujui Jika Kamu Ikuti 5 Hal Ini!

4. Pinjaman Online TunaiKita

Selain mengajukan pinjaman di bank dan koperasi, kamu juga mengajukan di pinjaman online (fintech). Tetapi, sebelum kamu mengajukan pinjaman sebaiknya kamu cek kembali apakah pinjaman online tersebut sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) atau belum. Jangan sampai kamu terjebak dengan pinjaman online yang tidak resmi. Pilihlah pinjaman online terpercaya pilihamu ya!

Nah, kamu bisa mengajukan pinjaman di TunaiKita. TunaiKita merupakan aplikasi pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK sehingga terjamin keamanannya. Pinjaman yang diberikan mulai dari Rp1 juta hingga Rp20 juta. Masa tenor yang diberikan hingga 6 bulan.

TunaiKita

Cara mengajukannya pun sangat mudah. Kamu hanya tinggal siapkan tiga syarat, yaitu KTP (Kartu Tanda Penduduk), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), dan nomor rekening bank lokal (BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, Bank Mega, Bank Danamon, dan Bank Permata). Pastikan kamu sudah mendownload terlebih dahulu aplikasi TunaiKita yang ada di PlayStore atau AppStore. Lalu, kamu bisa langsung melakukan registrasi agar bisa login. Isi data diri dengan benar, kemudian lakukan login. Kamu nantinya harus mengisi nominal jumlah pinjaman dan memilih masa tenor yang diinginkan sesuai kebutuhanmu. Jika sudah, kamu tinggal menunggu pihak TunaiKita melakukan konfirmasi dan memproses pengajuan pinjaman mahasiswa tanpa jaminan. Kalau pengajuan pinjamanmu diterima, maka dalam jangka waktu beberapa hari saja dana bisa cair melalui rekening tabungan yang telah kamu berikan. Mudah bukan?

Sobat, memilih tempat mengajukan pinjaman memang tidak semudah yang dibayangkan, terlebih lagi memilih pinjaman dana tanpa jaminan langsung cair. Kita harus melihat lagi mana yang terbaik untuk Sobat.