KPR Mandiri Syariah

Mencicil rumah KPR selalu membuat kita dipusingkan dengan bunga yang membuat cicilan tidak menentu nominalnya setiap bulan. Jika sudah seperti ini, kamu bisa mengandalkan cicilan rumah tanpa bunga dari KPR Mandiri Syariah. Simak cara pengajuannya di sini!

Kredit Pemilikan Rumah atau yang lebih dikenal dengan nama KPR merupakan salah satu cara yang sedang populer digunakan oleh banyak orang supaya bisa mewujudkan impian untuk memiliki rumah dengan cara mencicil setiap bulannya hingga lunas. Cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya ini berupa cicilan pokok dan juga bunga pinjaman. Untuk besaran bunga yang dikenakan berbeda-beda tergantung kebijakan masing-masing bank. Inilah yang membuat kita sering dipusingkan dengan cicilan KPR karena sistem bunga yang dikenakan adalah bunga floating yang besarannya mengikuti pergerakan suku bunga di pasaran sehingga nominal cicilan tidaklah sama setiap bulannya.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mengambil cicilan KPR Mandiri Syariah yang tidak menetapkan sistem bunga. Sesuai dengan namanya, KPR Mandiri Syariah menggunakan sistem syariah yang sesuai dengan hukum Islami sehingga tidak menggunakan sistem perhitungan bunga layaknya bank konvensional lainnya. KPR Syariah Mandiri memang tidak menggunakan bunga, tapi sebagai gantinya akan ada margin keuntungan yang harus kamu bayarkan kepada Bank Mandiri Syariah. Besaran nominalnya ini tentu saja sudah disepakati sejak awal oleh kedua belah pihak, yakni dirimu dan pihak Bank Mandiri Syariah.

KPR Mandiri Syariah menggunakan akad murabahah yakni bank nantinya akan membeli terlebih dahulu rumah yang kamu inginkan. Baru setelah itu bank akan menjualnya kepadamu dengan menambahkan margin keuntungan di dalamnya. Selain tidak memiliki bunga, apa saja kira-kira kelebihan yang dimiliki oleh KPR Mandiri Syariah?

Kelebihan KPR Mandiri Syariah

KPR Mandiri Syariah (kpr.online)

Ada banyak sekali alasan kenapa kamu harus mengambil KPR Mandiri Syariah. Supaya bisa mengenal apa saja kelebihan yang dimiliki KPR Mandiri Syariah, kamu bisa melihat langsung list di bawah ini!

Baca Juga : Ingin Beli Rumah? Pelajari Dulu Cara Simulasi KPR BTN Yang Mudah Ini

  • Jumlah Cicilan Akan Tetap Setiap Bulannya

Kelebihan utama yang membuat KPR Mandiri Syariah sangat menarik adalah karena jumlah cicilan yang harus kamu bayar setiap bulannya ini tetap karena sejak awal besaran cicilan sudah ditetapkan hingga masa akhir tenor. Dengan begitu, kamu sudah tahu berapa dana yang harus disisihkan setiap bulannya hingga bisa melunasi cicilan.

  • Masa Tenor yang Disediakan Cukup Lama

KPR Syariah Mandiri imemiliki pilihan masa tenor yang cukup lama yakni minimal 6 tahun dan maksimal 15 tahun. Pilih masa tenor dengan tepat supaya bisa menyesuaikan jumah cicilan per bulan dengan penghasilan bulanan. Jangan sampai kamu mengambil masa tenor singkat sehingga nominal cicilan yang dibebankan menjadi terlalu besar untuk dibayar.

  • Plafon Pinjaman Sangat Tinggi

Plafon Pinjaman (dream.co.id)

Seperti yang sudah kamu ketahui kalau harga jual rumah di Indonesia, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta sangatlah tinggi. Rata-rata berada di angka Rp300 juta hingga Rp500 juta lebih untuk tipe rumah yang sederhana. Inilah yang menjadi alasan kenapa KPR Syariah bisa memberikanmu plafon pinjaman hingga Rp5 miliar untuk dapat membeli rumah idamanmu.

  • Kamu Bisa Membeli Rumah Baru atau Second

Untuk meminimalisasi dana yang dikeluarkan, beberapa orang cenderung lebih suka untuk membeli rumah bekas atau second dibanding rumah yang baru dibangun. Pasalnya harga rumah bekas biasanya lebih murah sehingga kamu bisa menghemat banyak biaya karena selisihnya bisa mencapai 10-20% lebih.

  • Tidak Ada Biaya Denda

Biaya Denda (www.pymnts.com)

Terakhir adalah tidak adanya biaya denda yang dikenakan kepadamu jika mengambil KPR Mandiri Syariah. Mulai dari denda keterlambatan karena membayar cicilan telat hingga denda pelunasan di awal karena kamu mendapatkan rezeki dan ingin segera melunasi hutang piutangmu. Tapi sebagai ganti dari biaya denda ini, akan ada dana ta’zir dan ta’widh yang merupakan dana sosial untuk disumbangkan kepada orang-orang yang tidak mampu.

Syarat dan dokumen yang wajib dipenuhi saat mengajukan KPR Mandiri Syariah

Dokumen KPR Mandiri Syariah (banco.az)

Sebelum mengajukan KPR Mandiri Syariah, ada beberapa syarat serta dokumen pengajuan yang perlu kamu lengkapi terlebih dahulu agar nantinya proses bisa berjalan dengan lancar dan pinjaman bisa lekas cair. Syarat dan dokumen yang diperlukan adalah:

Baca Juga : Keuntungan Membeli Rumah Dengan Sistem KPR

  • Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Berusia minimum 21 tahun dan maksimal 55 tahun saat masa akhir pelunasan
  • Foto 3×4 yang berwarna (suami dan istri jika sudah menikah)
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi Surat Nikah (bagi yang sudah menikah)
  • Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Fotokopi rekening koran selama 3 bulan terakhir
  • Slip gaji yang asli
  • Surat keterangan bekerja yang di dalamnya terdapat masa kerja dan status karyawan
  • Fotokopi rekening listrik dan telepon
  • Fotokopi legalitas rumah yang akan dibeli
  • Fotokopi Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
  • Sertifikat Hak Milik (SHM) yang asli

Ketentuan Penting dalam KPR Mandiri Syariah yang Wajib Kamu Tahu

KPR Mandiri Syariah (kupastuntas.co)

Selain syarat dan dokumen yang harus dipersiapkan, ada beberapa ketentuan dari KPR Mandiri Syarriah yang perlu kamu ketahui, yaitu:

  • Maksimum Angsuran Cicilan

Pertama adalah besaran angsuran cicilan per bulan milikmu besarannya tidak boleh melebihi dari 40% dari jumlah gaji atau penghasilan bulanan. Jadi misalkan saja gajimu per bulans saat ini adalah Rp5 juta, maka kamu hanya dibolehkan untuk mengambil cicilan KPR Mandiri Syariah per bulannya hanyalah Rp2 juta. Jika kamu ingin mengambil cicilan hingga lebih dari Rp2 juta per bulan, maka sudah pasti pihak KPR Syariah akan langsung menolak pengajuanmu.

  • Rumah Harus Sudah 50% Selesai Dibangun

Ada ketentuan dalam KPR Syariah kalau kamu bisa mendapatkan pembiayaan dari Bank Mandiri Syariah jika rumah yang akan dibeli sudah 50% atau sudah jadi 100%. Jika rumah yang ingin kamu beli masih belum dibangun atau proses pembangunannya kurang dari 50%, maka kamu wajib menyertakan surat perjanjian kerjasama antara developer dan kantor Bank Syariah Mandiri.

Lima Langkah dalam Mengajukan KPR Mandiri Syariah

Lima Langkah (solutionsreview.com)

Jika sudah mantap ingin mengajukan KPR Mandiri Syariah, kamu bisa mengikuti kelima langkah yang diberikan TunaiKita berikut ini!

1. Tentukan Rumah yang Ingin Dibeli

Langkah pertama adalah menentukan terlebih dahulu rumah yang ingin kamu beli. Tapi ketika memilih rumah, perhatikan lokasi rumah karena KPR Mandiri Syariah bisa menolak pengajuanmu jika rumah terletak di dekat kuburan, rel kereta, hingga pinggiran kali atau sungai. Jadi, pilih lokasi rumah dengan tepat.

2. Siapkan Uang muka

Langkah kedua adalah menyiapkan uang muka sebagai tanda jadi ketika akan mengambil KPR Mandiri Syariah. Untuk besaran uang muka sebenarnya tergantung dari dana yang kamu miliki. Tapi untuk KPR Mandiri Syariah, kamu harus menyiapkan uang muka setidaknya minimal 20% dari harga jual rumah. Jadi kalau harga rumah yang ingin kamu beli adalah Rp300 juta, maka siapkan minimal dana untuk uang muka sebesar Rp60 juta.

3. Lakukan Simulasi Perhitungan KPR Mandiri Syariah

Melakukan Perhitungan (www.mypropertyboutique.com)

Setelah uang muka disiapkan, kamu harus melakukan simulasi perhitungan KPR Mandiri Syariah dulu. Hal ini dilakukan supaya kamu bisa menentukan masa tenor yang tepat sehingga kamu bisa menyisihkan dana untuk cicilan per bulan. Tidak mengerti bagaimana caranya melakukan simulasi perhitungan KPR Mandiri Syariah? Sekarang sudah ada banyak kalkulator online KPR Syariah yang bisa kamu pergunakan.

Baca Juga : Serba-Serbi KPR Yang Harus Kamu Ketahui

 4. Lengkapi dokumen yang diperlukan

Sebelumnya kamu sudah diberitahu apa saja syarat dan dokumen yang diperlukan. Siapkan dokumen-dokumen tersebut dan lakukan pengecekan kelengkapan. Pastikan juga kalau dokumen yang difotokopi ini bisa terbaca karena ada banyak kasus penolakan pengajuan KPR Mandiri Syariah dikarenakan fotokopi dokumen buram sehingga tidak bisa dibaca dengan jelas oleh pihak Bank Mandiri Syariah.

5. Pilih Cara Pengajuan

Kantor Bank Mandiri Syariah (pak.pandani.web.id)

Setelah ke empat langkah di atas sudah dilakukan, maka kamu tinggal memilih cara pengajuan KPR Syariah. Ada dua cara yang bisa kamu pilih. Cara yang pertama adalah dengan mendatangi kantor cabang Bank Mandiri Syariah dan cara yang kedua adalah mengajukan secara online melalui situs resmi Bank Mandiri Syariah di situs  www.syariahmandiri.co.id. Baik itu mengajukan langsung ke Bank Mandiri Syariah maupun melalui situs resminya, pengajuanmu akan dibantu oleh tim marketing KPR Mandiri Syariah. Kamu cukup mengisi formulir dan memberikan kelengkapan dokumen saja karena nantinya mereka yang akan membimbingmu selama proses pengajuan.

Semoga dengan adanya informasi di atas, kamu bisa melakukan pengajuan KPR Mandiri Syariah secara lancar dan rumah impianmu bisa cepat didapatkan.