Ingin Jadi Vlogger? Mulai Aja Dulu!

Ingin menjadi seorang vlogger? Vlogger atau video blogger yang sering disebut dengan istilah vlogger pada saat ini sudah menjadi daya tarik tersendiri, terutama untuk para generasi millennials.

Ada banyak yang perlu disiapkan untuk menjadi seorang vlogger, selain konten yang menarik kamu pun harus mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan, serta kamu juga harus mempersiapkan mental, personality/karakter untuk menjadi seorang vlogger dan bahkan kamu juga harus mempersiapkan tema konten yang nantinya kamu sajikan. Ituulah yang akan menjadi ciri khas kita untuk menjadi seorang vlogger.

Bicara soal karakter, Sobat sudah ada yang tahu mengenai karakter yang dibutuhkan seorang vlogger itu seperti apa? Nah, jika kamu ingin menjadi seorang vlogger penting untuk memiliki karakter tersendiri. Misalnya, seorang beauty vlogger, kamu harus mempertahankan ciri khas untuk menjadi beauty vlogger yang konsisten. Contohnya jika kamu ingin fokus pada konten beauty, dengan ciri khas video menampilkan daily makeup dan sebagainya. Dengan begitu, bisa kamu jadikan karakteristik tersendiri.

Selain itu, jangan lupa dengan berbagai kebutuhan teknis untuk menjadi seorang vlogger. Kebutuhan teknis apa saja yang harus kamu butuhkan? Berikut ini TimiKimi berikan ulasan mengenai apa saja yang harus disiapkan untuk menjadi seorang vlogger. Simak yuk!

Kebutuhan untuk Menjadi Seorang Vlogger

1. Kamera

Source: Google

Kebutuhan menjadi vlogger pertama yang kamu harus punya yaitu kamera. Ada banyak berbagai macam kamera yang ditawarkan, mulai dari resolusi sedang hingga resolusi tinggi. Nah, sebagai vlogger pemula kamu tidak perlu mempunyai kamera dengan harga yang mahal, cukup menggunakan kamera yang mempunyai kualitas resolusi mumpuni untuk membuat vlogmu. Ingat ya, Sobat! Membuat vlog tidak harus dengan kamera mahal kok, yang penting memiliki kualitas yang baik untuk menunjang vlogmu.

Baca juga: 10 YouTuber Indonesia Berpenghasilan Fantastis, Siapa Saja Kah Mereka?

2. Microphone

Source: Google

Hal yang satu ini tidak boleh dilupakan ya Sobat, terutama buat kamu yang ingin menjadi vlogger yang mengandalkan narasi/banyak bicara di depan kamera. Microphone untuk vlog jelas menjadi peralatan yang wajib untuk kamu miliki. Sama seperti kamera, tidak harus dengan microphone mahal, yang penting mampu menghasilkan suara yang jelas. Dengan menggunakan headset dari smartphone pun, suara yang dihasilkan sudah terdengar dengan jelas lebih menghemat budget, Sobat.

3. Memory Card

Source: Google

Barang mungil yang satu ini juga sangat penting dan dibutuhkan untuk keperluan menjadi vlogger, lho! Ini akan membantu kamu mencegah memori internal kamera atau smartphone cepat habis di tengah-tengah proses produksi. Menyediakan memori eksternal juga berguna untuk menjaga keawetan dari kamera atau smartphone kita agar tidak cepat rusak.

4. Stabilizer Kamera, Tripod / Monopod

Source: Google

Jika kamu berniat untuk membuat video di luar ruangan dan terdapat banyak gerakan, sebuah stabilizer kamera adalah investasi peralatan yang perlu kamu siapkan. Manfaat dari menggunakan stabilizer ini sendiri adalah untuk menjaga gambar video tetap stabil dan tidak bebas dari gambar yang goyang yang merusak tampilan video.

Kualitas video yang terlalu banyak goyangan bisa buat penonton pusing dan menurunkan jumlah viewers vlogmu. Untuk kamu yang menggunakan smartphone bisa mengandalkan fungsi monopod/tripod untuk vlog agar rekaman video yang dihasilkan tidak goyang-goyang dan lebih nyaman untuk ditonton. Namun, monopod/tripod sebenarnya lebih baik digunakan untuk kondisi indoor dan objek tidak bergerak banyak.

Baca juga: Ini Dia 4 Tren Digital Yang Harus Kamu Ketahui Di Tahun 2019

5. Lighting

Source: Google

Pengaruh lighting atau pencahayaan dalam vlog dapat memberi sentuhan profesionalisme walau hanya menggunakan kamera pada smartphone. Tidak hanya berguna untuk menerangkan objek yang direkam, lighting juga dapat mengubah mood dari vlog tersebut. Dengan menggunakan lighting yang agak remang-remang bisa menghasilkan suasana yang romantis atau misterius.

Lighting yang terang dengan warna yang terang memberi kesan yang cerah dan bahagia pada hasil rekaman vlog. Kamu pun tak perlu membeli perangkat lighting yang mahal, cukup mencari ruangan dengan pencahayaan yang baik, dibantu dengan sedikit lampu sederhana untuk mendapatkan suasana yang dicari untuk vlogmu.

6. Komputer/Laptop

Source: Google

Nah, ini juga tidak boleh kamu lupakan untuk kebutuhan vlogger-mu, yaitu komputer/laptop. Komputer/laptop sangat lah penting untuk kamu miliki, karena jika tanpa komputer/laptop bagaimana lagi cara kamu mengolah seluruh video untuk menjadi vlog yang bagus nantinya? Karena mengedit video membutuhkan processing power yang tinggi, sangat disarankan untuk menggunakan komputer/laptop dengan spesifikasi yang tinggi agar dapat bekerja dengan lebih efisien.

7. Software untuk Mengedit Video dan Mengedit Gambar

Source: Google

Walaupun kamu sudah memiliki komputer/laptop, kamu tetap membutuhkan software untuk mengolah data yang ada. Software yang bisa kita gunakan untuk mengedit video dan gambar sebenarnya tak perlu yang terbaik yah guys, yang penting di sini adalah bagaimana kamu yakin dengan kemampuan untuk mengedit video dan gambar menjadi vlog yang menarik untuk ditonton.

8. Lagu, Musik, dan Efek Suara

Source: Google

Kebutuhan menjadi vlogger yang terakhir yaitu adanya lagu, musik, dan efek suara. Yang membuat sebuah tontonan seru untuk disaksikan tak hanya gambarnya yang bagus tapi dukungan musik serta efek suara tentu membuatnya menarik. Untuk itu, tidak ada salahnya jika kamu menambahkan pada vlog. Musik dan efek suara bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Nah, usahakan lagu dan musiknya yang kekinian ya Sobat. Supaya makin banyak yang menyaksikan dan like video kamu. Lumayan kan untuk menambah jumlah subscriber. Satu hal lagi, pastikan musik yang kamu gunakan tidak berbayar alias gratis ya!

Baca juga: Ingin Menjadi Youtuber? Ini Dia Cara Mendapatkan Uang Dari Google Adsense Yang Harus Dipahami

Kumpulkan Niat dan Mulai Sekarang

Nah, Sobat untuk menjadi seorang vlogger, selain alat-alat yang harus kamu siapkan. Jangan lupa persiapkan niat dan segeralah memulai. Selain itu, siapkan juga jaringan internet yang kuat, agar pada saat kamu meng-upload vlog tidak ada kendala apapun. Yuk, mulai nge-vlog dari sekarang!