Ingin Kuliah ke Luar Negeri? Cari Tahu Cara Mendapatkan Beasiswanya Di Sini

Bagi sebagian orang, melanjutkan kuliah ke luar negeri adalah impian yang harus dicapai. Tujuan mereka tidak hanya untuk mendapatkan ilmu dalam pendidikannya, namun juga karena ingin mendapatkan pengalaman berbeda saat berada di negara orang. Berikut cara mendapatkan beasiswa ke luar negeri untuk kamu.

Hal ini didorong dengan beberapa alasan positif, di antaranya memberi pengalaman hidup tersendiri dengan kesempatan mencoba ragam budaya baik dari negara tersebut maupun masyarakatnya. Menjadi mahasiswa internasional juga membuat jaringan sosial seseorang lebih luas dengan menjalin pertemanan dengan orang dari berbagai negara.

Tapi, berbicara mengenai kuliah ke luar negeri pastinya tidak semudah yang kita bayangkan bukan? Butuh proses dan usaha ekstra untuk bisa mendapatkan kesempatan itu. Mungkin bagi mereka yang memiliki uang lebih, tak jadi masalah besar untuk bisa bolak-balik setiap hari ke luar negeri. Mereka juga tak kesulitan untuk mendapatkan universitas yang mereka inginkan di luar negeri. Sebab selain harus memikirkan mengenai tes yang harus dilalui, namun biaya juga menjadi pertanyaanmu bukan?

Hal ini tentu wajar, karena biaya menjadi salah satu faktor penting yang hampir jadi pertimbangan semua orang. Namun mengenai biaya bukan menjadi penghalang besar untuk kamu yang memiliki tekad kuat untuk bisa melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Pasalnya sejumlah institusi memiliki fasilitas beasiswa yang dapat dijadikan sebagai jalan untuk bisa kuliah ke luar negeri.

Nah, TunaiKita punya beberapa tips agar kamu dapat melanjutkan pendidikan di luar negeri dengan jalur beasiswa. Simak tipsnya berikut ini ya!

Cara Mendapatkan Beasiswa ke Luar Negeri

1. Memiliki Keyakinan yang Kuat

Source: Google

Jika memang kamu sangat ingin untuk bisa kuliah di luar negeri, maka tanamkan pada diri bahwa kamu akan mendapatkan kesempatan itu. Jangan pernah ragu walaupun hanya sedikit. Semua keinginan akan terwujud dengan dukungan motivasi yang tinggi. Kamu harus siap dengan semua yang kamu putuskan, jangan menyerah lakukan apa yang bisa kamu lakukan untuk bisa meraih impian tersebut. Jika kamu sudah menanamkan keyakinan yang kuat pada dirimu, maka kemungkinan besar kamu akan melalui tes dengan nyaman dan lebih siap.

Baca juga: Daftar Beasiswa S2 Dalam Negri Untuk Kamu Yang Ingin Melanjutkan Pendidikan

2. Kemampuan Bahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan modal besar saat kamu ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri karena rata-rata di beberapa negara pasti masyarakatnya juga menguasai bahasa tersebut. Kamu bisa memulainya dengan sering menghafal kosakata Bahasa Inggris dengan les dan mengikuti tes TOEFL. Jangan malas untuk selalu mengasah kemampuan dalam berbahasa Inggris. Jika perlu, kamu luangkan waktumu untuk mengambil paket khusus belajar Bahasa Inggris, dengan begitu kamu akan cepat menguasainya.

3. Pilih Negara yang Paling Sedikit Peminatnya

Source: Google

Cara yang satu ini cukup ampuh agar kamu bisa mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Jika kamu ingin sedikit berbeda dari orang-orang pada umumnya, maka kesempatan akan lebih besar untuk meraih beasiswa. Pastikan kamu tidak hanya mengikuti tren, sehingga ramai-ramai memilih universitas atau negara yang banyak dipilih oleh orang. Sangat jelas kamu harus bersaing dengan ribuan orang dan kecil kemungkinan untuk bisa lolos.

Kamu bisa cari tahu informasi di mana saja mengenai negara dengan minat beasiswa sedikit dan jangan lupa untuk mencari tahu mengenai beasiswa-beasiswa yang disediakan oleh negara tersebut.

4. Buat Motivation Letter

Source: Google

Sobat sudah tahu kan bahwa Motivation Letter merupakan salah satu poin penentu kamu akan diterima atau tidak? Motivation Letter merupakan salah satu persyaratan yang selalu dibutuhkan dalam aplikasi beasiswa. Intinya kamu harus membuat essay yang menunjukkan bahwa kamu layak mendapatkan beasiswa tersebut.

Kebiasaan orang membuat essay dengan menggunakan kata-kata seperti “Saya sangat ingin mempelajari budaya di sana” atau “Saya tertarik untuk mempelajari bahasanya” hal ini sangat biasa, dan tidak akan ada yang dianggap spesial dari essay-mu itu. Cobalah untuk menuliskan beberapa hal menarik, seperti kamu sangat tertarik dengan negara tersebut karena sering menyaksikan beberapa filmnya, kamu memiliki teman yang tinggal di sana, atau kamu pernah memiliki teman SMA yang pernah mengikuti pertukaran pelajar di negara tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa kamu memang punya keinginan dan dasar yang kuat.

Baca juga: Peringkat Universitas Negeri Di Indonesia, Mana Yang Terbaik?

5. Lengkapi Persyaratan

Jika kamu sudah memahami aturan yang berlaku dan menentukan universitas mana yang akan kamu tuju, maka selanjutnya kamu harus memenuhi semua persyaratan. Kamu harus mempersiapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan dan siapkan selengkap-lengkapnya, seperti CV, surat referensi dan juga motivation letter adalah hal yang wajib untuk disertakan dalam lamaran ini. Jadi pastikan kamu sudah menyusunnya dengan baik ya, Sobat.

6. Masukkan Lamaran Lebih Awal

Sebisa mungkin untuk tidak menunda-nunda segala sesuatu yang menjadi tujuanmu. Sebab kebanyakan orang melamar di waktu-waktu terakhir. Jadi sebaiknya kamu jangan mengikuti kebiasaan buruk ini. Sebisa mungkin untuk memasukkan lamaran lebih awal. Mengapa hal ini harus kamu lakukan di awal?

Karena setiap lamaran yang kamu masukkan akan diperiksa oleh orang yang diberikan tanggung jawab untuk melakukan itu. Mayoritas, orang akan teliti memeriksa setiap lamaran yang masuk di awal saja. Namun ketika mendekati deadline, besar kemungkinan mereka tak seteliti di waktu awal. Sehingga beberapa poin plus kamu bisa saja luput dari penglihatan mereka. Nah, jadi usahakan untuk sesegera mungkin mengirimkan lamaran ya! Jangan pernah menunda-nunda kesempatan besar ini.

7. Pilih Unviersitas Tujuan

Source: Google

Kamu harus tahu universitas mana yang akan kamu tuju. Kamu harus benar-benar menimbang pilihanmu itu dan jangan sampai kamu salah ambil jurusan, karena itu akan sia-sia dan membuang-buang waktumu. Jika kamu sudah menentukan universitas dan jurusan mana yang akan kamu pilih, maka kamu tinggal mencari tahu mengenai proses untuk mendapatkan beasiswa di universitas tersebut.

Kamu juga bisa mencari tahu budaya negara yang akan kamu tuju. Kumpulkan informasi selengkap-lengkapnya mengenai apapun, terutama proses untuk bisa mendaftar di sana.

8. Persiapkan Tes

Source: Google

Jika kamu sudah memilih universitas dan sudah melengkapi semua persyaratannya, maka selanjutnya kamu harus mempersiapkan diri untuk mengikuti tes. Hal ini sudah harus kamu persiapkan sejak awal. Karena akan sia-sia jika kamu sudah menyiapkan segala hal, namun kamu belum siap untuk mengikuti tesnya. Tidak perlu takut dan gugup ketika menghadapi wawancara. Sebab saat panik kamu bisa saja menjawab pertanyaan secara ngelantur yang akhirnya membuat kamu tak lolos dalam tes tersebut. Kamu juga perlu melakukan beberapa latihan untuk mengerjakan beberapa soal pertanyaan untuk tes.

Baca juga: Beasiswa Pertamina 2019: Cara Mengajukan, Syarat, Dan Trik Supaya Bisa Lolos

Niat yang Kuat dan Jangan Menyerah

Nah Sobat, jangan pernah menyerah untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri tidak ada yang tidak mungkin selama kamu mempunyai niat yang kuat dan pantang menyerah. Teruslah belajar yang giat untuk modalmu di masa depan nanti. Semangat terus ya!