Ingin Langsung Lanjut S2 dengan Beasiswa? Siapkan 8 Hal Ini Terlebih Dahulu Yuk!

Melanjutkan kuliah ke jenjang S2 kini telah menjadi pilihan banyak orang. Selain untuk memperdalam ilmu dan menambah pengalaman, kuliah S2 juga punya segudang manfaat. Apalagi jika kamu memiliki kesempatan melanjutkan S2 dengan beasiswa. Nah, untuk kamu yang ingin lanjut S2 dengan beasiswa perhatikan beberapa hal berikut ini terlebih dahulu yuk!

Pendidikan adalah hal penting bagi setiap orang. Sebab, dengan pendidikan maka kita bisa melihat dengan lebih jelas ‘masa depan yang lebih cerah’. Apalagi, jika pendidikan yang kamu tempuh semakin tinggi. Nah, bagi kamu yang sudah berhasil mendapat gelar sarjana, kamu sudah bisa memanfaatkannya sebagai jembatan menuju kesuksesan. Tapi jika dirasa ilmu yang kamu dapatkan masih belum cukup dan kamu masih ingin tetap belajar, melanjutkan S2 bisa jadi pilihan.

Namun kendala biaya kerap terjadi padamu yang ingin lanjut kuliah. Pasalnya, untuk menempuh jenjang ini membutuhkan dana yang tidak sedikit. Untuk kampus negeri ternama di Indonesia saja, biaya semesteran untuk S2 bisa mencapai belasan juta rupiah. Belum biaya lain-lain seperti seminar, buku, tempat tinggal dan akomodasi di lokasi kuliah. Memang bikin pusing kalau soal biaya yang satu ini. Untuk itu, kali ini TunaiKita akan membahas mengenai hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum lanjut S2 dengan beasiswa, simak yuk!

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Lanjut S2 dengan Beasiswa

1. Tentukan Tujuan

“Diterima Kuliah di Luar Negeri Itu Mudah, asalkan…” (edukasi.kompas.com)

Hal pertama yang harus kamu perhatikan sebelum lanjut S2 dengan beasiswa yaitu menentukan tujuan. Tentunya, kamu harus tahu apa alasan lanjut studi S2. Apakah kamu cuma ingin gelar? Apakah masih cinta belajar? Ingin menjadi dosen? Atau ingin lebih mudah diterima bekerja?

Pelajari apakah betul tujuanmu bisa tercapai dengan menempuh studi S2. Jika memang ingin jadi dosen, maka sudah pasti kamu harus lanjut S2. Tapi jika kamu S2 hanya agar lebih mudah mencari kerja, maka kamu perlu pertimbangan lebih. Ingat, semakin tinggi gelar, semakin sedikit peluang kerjanya. Namun, tentu tenaga kerja yang tersedia atau pesaingmu juga lebih terbatas. Akan tetapi, yang perlu diperhatikan adalah target lokasi kerja yang diinginkan.

Baca juga: Tips Agar Pekerjaan Full Time Dan Freelance Tetap Seimbang

2. Siap Belajar

Melanjutkan studi S2 berarti kamu harus siap untuk kembali menjadi mahasiswa. Itu artinya, kamu juga harus siap belajar. Kamu harus rajin belajar, membaca, dan membuat tugas. Jangan sampai kamu mengeluh sulit mengikuti pelajaran karena berbagai alasan, seperti kerja atau mengurus keluarga ya, Sobat!

3. Tentukan Jurusan yang Tepat

5 Tips Mengatur Jadwal Kuliah untuk Mahasiswa Baru (kumparan.com)

Menentukan jurusan S2 penting agar nantinya, gelar dan ilmumu bisa lebih tepat dan bermanfaat. Sebab, tak sedikit orang yang keliru menentukan jurusan S2, dan kemudian menyesal atau harus mengambil kuliah lagi untuk jurusan lain yang berbeda.

Untuk menentukan jurusan, kembali pada tujuan kuliah kamu. Jika kamu ingin menjadi dosen, wajib hukumnya untuk mengambil jurusan yang sejalur dengan studi S1 dan studi yang hendak kamu ajarkan nantinya. Pelajari tentang linearitas agar kamu bisa lebih memahaminya. Jika kamu ingin memperkaya ilmu pengetahuan sesuai minat, maka kenali minatmu secara mendalam. Jangan lupa pula pertimbangkan soal kemampuanmu. Jika kamu mengambil jurusan yang berbeda dengan jurusan semasa S1, maka kamu perlu mengambil matrikulasi.

Matrikulasi adalah pembelajaran mata kuliah dasar sebagai pengantar untuk memahami studi di jurusan tertentu. Biasanya, matrikulasi ini wajib diambil untuk mahasiswa yang mengambil studi S2 lintas jurusan. Ada yang mengenakan biaya tambahan untuk matrikulasi, ada juga yang tidak.

4. Pilih Kampus yang Tepat

Sama halnya dengan menentukan jurusan, menentukan kampus juga adalah hal penting. Pilihlah kampus setelah kamu tahu ingin lanjut studi S2 di jurusan apa. Untuk menentukan kampus yang tepat, kamu harus melihat profil kampus secara mendalam.

Hal paling utama yang perlu kamu tahu adalah mengenai akreditas kampus dan akreditas jurusan yang hendak kamu ambil. Pilihlah kampus dengan akreditasi A. Selanjutnya, kenali fasilitas yang disedikan kampus dan juga tenaga pengajarnya. Sistem pengajaran, mata kuliah, biaya kuliah, dan akses menuju ke kampus tersebut juga perlu dipelajari sebagai landasan memilih kampus yang tepat. Kampus dalam negeri atau luar negeri, juga harus ditentukan. Ingat ya Sobat, tidak semua kampus menyelenggarakan studi S2.

Baca juga: Fakta-Fakta Yang Harus Kita Ketahui Tentang Mahasiswa Kedokteran

5. Siapkan Diri untuk Tes Akademik dan Tes Bahasa Inggris

Tipe Dosen Kayak Gini yang Bikin Mahasiswa Rajin Kuliah (www.duniadosen.com)

Hampir semua kampus mensyaratkan tes potensi akademik dan tes bahasa Inggris sebagai salah satu syarat melanjutkan studi S2 di kampus yang akan kamu pilih. Hanya saja, istilah yang digunakan untuk menyebut tes tersebut bisa berbeda. Ketentuan nilai dan cara tes masing-masing kampus juga bisa berbeda.

Ada kampus yang mengizinkan tes di luar, lalu hasilnya dikumpulkan. Ada pula yang hanya menerima tes yang diselenggarakan di intern kampus tertuju saja. Yang terpenting, kamu harus bersiap untuk kedua tes tersebut. Tes potensi akademik sangat mirip dengan tes psikologi, atau tes calon pegawai negeri sipil, atau tes masuk STAN dan sejenisnya. Jadi, kamu bisa belajar dari soal –soal serupa. Intinya adalah mengasah logika dan pengetahuan umum.

Sedangkan tes bahasa Inggris, umumnya serupa dengan tes TOEFL atau TOEIC atau IELTS. Untuk syarat skor bisa beragam. Biasanya nilai minimalnya setara dengan TOEFL 450. Ada juga yang menyaratkan lebih dari itu. Tapi, sangat jarang yang mensyaratkan nilai kurang dari itu.

6. Asah Kemampuan Menulis

Studi S2 akan banyak menuntutmu untuk menghasilkan tulisan. Baik sebagai tugas biasa, essay, makalah, jurnal dan yang terpenting adalah tesis. Jadi, sangat penting bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan S2 untuk mengasah keterampilan menulis, agar terbiasa nantinya.

7. Kumpulkan Informasi Beasiswa

Tips dan Strategi Memperoleh Beasiswa Impian untuk Kuliah ke Luar Negeri (desainggris.com)

Mulailah menggali informasi dan update informasi mengenai beasiswa, universitas dan course atau riset terkini. Kamu bisa mencarinya via search engine, dosen, jaringan alumni universitas, perhimpunan mahasiswa luar negeri (PPI), atau kedutaan besar negara-negara yang ingin kita tuju jika menginginkan beasiswa ke luar negeri. Cari tau deadlinenya, persyaratannya, apa saja yang ditanggung oleh beasiswa tersebut, course yang ditawarkan serta kondisi terkini negaranya.

Hal ini penting untuk menyusun langkah kita kedepan dan memperkirakan waktu pemerolehan beasiswa serta awal kuliah. Jangan sampai kita sudah diterima di universitas tapi justru belum punya sumber dana untuk berangkat kuliah.

Baca juga: Mengalami 7 Hal Ini? Tandanya Kamu Butuh Cari Pekerjaan Baru

Persiapkan Diri dengan Matang

Nah, Sobat itu dia hal-hal yang harus kamu perhatikan untuk persiapan lanjut S2 dengan beasiswa atau pasca sarjana. Persiapkan diri dengan matang agar semua rencanamu berjalan lancar. Selamat mencoba dan semoga ilmu yang kamu dapatkan nantinya bisa bermanfaat.