Ingin Pinjaman Uang di Bank Cepat Disetujui? Ini Lho Caranya!

pinjaman online tanpa jaminan dan kartu kredit

Ditolak cinta memang sakit rasanya, sama halnya ketika kamu mengajukan pinjaman di bank tapi ditolak juga. Sakit bukan main, Sobat! Bukan cuma kamu yang pernah ditolak saat mengajukan pinjaman di bank. Banyak orang yang mengajukan pinjaman di bank juga merasakan hal yang sama, mendapatkan dana yang diinginkan. Tenang kamu gak sendirian!

Banyaknya bank yang menawarkan pinjaman dengan bunga yang rendah dan tenor yang panjang. Pinjaman uang di bank memang sangat menggiurkan, apalagi jika kamu membutuhkan uang dengan jumlah yang banyak. Itulah yang membuat banyak orang memutuskan untuk mengajukan pinjaman di bank. Tapi mengapa masih banyak yang ditolak saat mengajukan pinjaman? Kamu pasti bertanya-tanya bagaimana agar pengajuan pinjamanmu disetujui kan? Nah, TimiKimi punya jawabannya untuk kamu Sobat!

Baca juga: Pinjaman Online Tanpa Jaminan Dan Kartu Kredit? Emang Bisa? Cari Tahu Caranya Yuk!

Kriteria Agar Pinjaman Uang di Bank Disetujui

Source: Google

Sobat, sebelum kamu mengajukan pinjaman di bank ada baiknya kamu perhatikan kriteria apa saja yang menjadi penentu disetujuinya pinjamanmu. Berikut ulasannya untuk kamu.

1. Pastikan kolektibilitas kredit terjaga dengan baik

Pinjaman kamu akan disetujui jika kolektibilitas kreditmu terjaga dengan baik. Mengapa demikian? Karena kolektibilitas kredit digunakan sebagai acuan oleh pihak bank layak atau tidaknya kamu mendapat pinjaman. Kolektibilitas kredit sendiri sebagai status atau macetnya pembayaran cicilan kredit oleh debitur. Semakin lancar kamu membayar cicilan kredit, semakin bagus pula kolektibilitas kreditmu. Begitupun sebaliknya, jika kamu macet membayar cicilan kreditmu, kolektibilitas kreditmu akan jelek. Hati-hati ya Sobat!

Ada lima status kolektibilitas kredit yang menjadi ukuran bank saat melakukan analisis aplikasi pengajuan pinjaman diantaranya:

  • Kualitas 1 status Lancar, debitur bayar utang tepat waktu atau kredit lancar (performing loan)
  • Kualitas 2 status Dalam Perhatian Khusus (DPK), debitur menunggak selama 1-90 hari
  • Kualitas 3 status Kredit Kurang Lancar, debitur menunggak selama 91-120 hari
  • Kualitas 4 status Diragukan, debitur menunggak selama 121-180 hari
  • Kualitas 5 status Macet, debitur menunggak lbih dari 180 hari.

Jadi, kamu harus memperhatikan kolektibilitas kreditmu sebelum mengajukan pinjaman di bank. Selesaikan kewajiban utangmu dengan baik ya, Sobat.

Baca juga: Tips Aman Pinjam Uang Online Cepat Di Fintech

2. Sesuaikan besaran pinjaman dengan kemampuan bayar cicilan

Sobat tahu tidak? Kamu bisa mengajukan pinjaman hingga Rp. 50 juta, tapi jangan sampai kamu pinjam uang di bank dengan jumlah segitu juga ya. Pilihlah tenor yang jangka waktunya yang sedikit juga. Kalau kamu melakukannya sudah pasti kamu akan ditolak pihak bank, lho!

Menghitung-hitung perkiraan besaran nilai cicilan pinjaman yang bisa kamu bayar sangat diperlukan, Sobat. Sebab, besaran pinjaman yang kamu ajukan dapat disetujui jika memang sesuai dengan rasio kredit yang berlaku. Besaran rasio kredit yang berlaku biasnya mencapai 30%. Rasio tersebut nantinya dikalikan dengan besaran penghasilanmu, maka didapatlah besaran cicilan yang bisa kamu bayarkan ke bank.

3. Punya pekerjaan tetap

Source: Google

Sobat, jika kamu mengajukan pinjaman kamu pasti menemukan syarat seperti ini bahkan hampir di setiap lembaga peminjaman uang, kamu diharuskan melampirkan slip gaji dan surat keterangan kerja. Jika kamu bekerja sebagai freelancer ini akan sangat merepotkan buatmu, pasalnya jika tidak ada slip gaji dan surat keterangan kerja ini sudah pasti buat kamu kesulitan pinjam uang di bank.

Belum lagi kamu akan ada permintaan untuk kamu melampirkan rekening tabungan tiga bulan terakhir. Untuk karyawan kemungkinan besar tidak akan ada kendala di syarat ini, jika kamu punya rekening payroll. Kamu juga harus melampirkan slip gaji atau rekening tabungan tiga bulan terakhir guna membantu pihak bank untuk memastikan kebenaran dari penghasilan yang kamu dapatkan.

Untuk kamu yang mempunyai pekerjaan tetap dengan masa kerja minimal satu tahun, peluang mendapatkan pinjaman akan lebih besar.

 4. Pastikan sudah memenuhi syarat-syarat yang diminta

Kebanyakan hal yang sebenarnya simpel menjadi penghalang kamu untuk mendapat pinjaman dari bank. Misalnya saja kamu memberikan nomor telepon yang ternyata susah untuk dihubungi pihak bank. Hal semacam itu bisa membuat kamu gagal mendapat pinjaman di bank.

Untuk itu sebaiknya kamu pastikan dulu kalau kamu sudah memenuhi syarat-syarat yang diminta oleh pihak bank. Yang terpenting adalah berikan alamat email atau nomor telepon yang benar-benar dapat dihubungi.

Berikut TimiKimi kasih tahu syarat-syarat yang biasanya pihak bank berikan untuk kamu, diantaranya:

  1. Pendapatan minimal sesuai dengan jumlah pinjaman yang dipilih
  2. Melengkapi form aplikasi pengajuan
  3. Identitas diri (KTP, KK, ataupun Passpor)
  4. Bukti penghasilan seperti slip gaji, Surat Keterangan Penghasilan dan SPT
  5. Rekening tabungan minimal tiga bulan terakhir
  6. Fotokopi kartu kredit jika diminta
  7. NPWP

Untuk informasi lebih detailnya kamu bisa langsung cek di bank pilihanmu.

Baca juga: Butuh Pinjaman Aman Tanpa Ribet? Coba Pinjaman Syariah Online Yuk!

Kelebihan dan Kekurangan Pinjam Uang di Bank

Pinjaman uang di bank sangat menggiurkan dengan segala penawarannya. Namun, sebelum kamu mengajukan pinjaman di bank ada baiknya kamu ketahui dulu kelebihan dan kekurangannya. Apa saja? Berikut TimiKimi berikan ulasannya!

Kelebihan pinjaman uang di bank

1. Banyak varian produk

Kelebihan pertama pinjaman uang di bank yaitu memiliki banyak varian produk, mulai dari pinjaman tanpa agunan (KTA), pinjaman kredit kendaraan, rumah, dan sebagainya. Hal itu jelas sangat memudahkanmu untuk memilih produk pinjaman yang sesuai dengan kebutuhanmu.

2. Lebih aman

Source: Google

Selain banyak varian produk yang bisa kamu pilih, pinjaman uang di bank juga jauh lebih aman dan terjamin, karena untuk proses pinjamannya sendiri sudah diatur oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan juga Bank Indonesia.

3. Ada di mana-mana

Bank sudah ada di mana-mana bahkan sampai ke pelosok daerah. Ini sangat memudahkan kamu jika ingin mengajukan pinjaman uang di bank. Kamu hanya perlu datangi cabang bank terdekat di daerah tempat tinggalmu. Sangat mudah bukan?

4. Perhitungan bunga lebih jelas

Kelebihan lainnya yang bisa kamu dapatkan jika kamu mengajukan pinjaman di bank adalah perhitungan bunganya yang jelas. Kamu dapat mengetahui bagaimana metode perhitungan bunganya dengan jelas. Hal ini tentu dapat membantumu untuk mengetahui berapa jumlah uang yang harus kamu keluarkan setiap bulan untuk membayar cicilan.

Souce: Google

Kekurangan pinjaman uang di bank

1. Syarat lebih ketat

Salah satu kekurangan pinjaman uang di bank adalah syaratnya yang lebih ketat tetapi sesuai dengan keamanannya. Kamu harus memenuhi beberapa dokumen yang harus dilengkapi sebagai syarat pinjaman jika pinjamanmu ingin diterima oleh pihak bank.

2. Proses lebih rumit

Selain syaratnya yang ketat, kekurangan yang berikutnya adalah prosesnya yang terbilang rumit dan lumayan panjang. Jika kamu telah melampirkan dokumen yang diminta sesuai dengan persyaratan yang ada dan datamu telah diverifikasi, kemudian akan ada pihak bank yang akan menghubungimu untuk proses selanjutnya.

Pihak bank juga akan melakukan survey guna memastikan data yang kamu berikan benar. Pihak bank akan menghubungi mulai dari kantor hingga datang ke rumahmu.

3. Potensi aset disita jika gagal bayar

Kamu akan diminta untuk menandatangani surat perjanjian yang diberikan oleh pihak bank salah satunya kesepakatan penyitaan aset jika kamu gagal bayar atau kredit macet. Bank tidak akan memberikan toleransi jika kamu gagal membayar cicilanmu hingga lewat dari batas yang diberikan. Untuk itu, jangan sampai kamu telat bayar cicilanmu ya kalau tidak mau aset-aset yang kamu punya disita pihak bank.

4. Ada denda jika melunasi lebih cepat

Mungkin kamu berpikir kalau melunasi cicilan lebih cepat itu bagus. Lain halnya, jika kamu melakukan pinjaman di bank. Pihak bank akan memberikanmu denda. Denda yang diberikan sendiri berbeda-beda, sesuai dengan kebijakan bank masing-masing.

Jangan Khawatir Pinjaman yang Kamu Ajukan Ditolak

Selama kamu mengikuti persyaratan yang sudah TimiKimi berikan ulasannya di atas, semoga pinjamanmu di bank segera disetujui. Ingat ya Sobat, lakukan pembayaran cicilan kreditmu jangan sampai terlambat dari batas yang ditentukan.