Ini Cara Meminjam Uang di Bank Buat Kamu yang Baru Pertama Kali Mengajukan

cara meminjam uang di bank

Ketika butuh dana mendesak, pinjaman bank selalu menjadi solusi sebagian besar orang. Tapi tidak semua orang tahu bagaimana caranya mengajukan pinjaman ke bank. Buat kamu yang bagi perdana mengajukan pinjaman ke bank. Ini cara-cara mudahnya yang bisa kamu ikuti!

Siapapun pasti pernah mengalami masa-masa sulit di mana kita sedang butuh dana dalam keadaan yang sangat mendesak. Kesulitan ekonomi memang tidak bisa dihindarkan, terutama jika dana yang ada dalam tabungan tidak lagi bisa diandalkan sebagai dana darurat yang dapat dipergunakan sewaktu-waktu. Jika sudah seperti ini biasanya orang cenderung akan berpikir untuk mengajukan pinjaman uang. Ada beberapa tempat peminjaman uang tunai seperti Pegadaian, koperasi, kantor, dan pastinya di bank. Dari tempat-tempat peminjaman tersebut, bank yang paling sering menerima pengajuan pinjaman dana tunai. Kamu sendiri sudah pernah mengajukan pinjaman ke bank belum? Jika baru pertama kali mengajukan pinjaman, ada baiknya kamu ketahui dulu cara meminjam uang ke bank supaya pengajuanmu bisa langsung diterima.

Kenali Jenis Pinjaman di Bank

Uang Rupiah (detik.net.id)

Hal yang pertama kali wajib kamu pahami sebelum mengetahui cara meminjam uang di bank adalah kenali terlebih dahulu apa sjaa jenis pinjaman yang ada di bank. Sebenarnya pinjaman di bank ada banyak jenisnya, tapi yang termasuk dalam kategori pinjaman dana tunai ada dua, yakni kredit tanpa agunan (KTA) dan kredit multiguna (KMG).

Kredit multiguna merupakan kredit yang mengharuskan kamu untuk memberikan jaminan atau agunan saat akan mengajukan pinjaman. Nama lain dari kredit multiguna adalah kredit dengan agunan. Agunan yang diberikan bisa berupa sertifikat rumah, BPKB (Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor) seperti mobil atau motor, serta surat-surat berharga lainnya. Nominal pinjaman yang diberikan biasanya berkisar antara 80%-70% dari nilai agunan. Jadi misalkan saja sertifikat rumah yang kamu gadaikan bernilai Rp200 juta, maka dana yang bisa diberikan oleh bank berkisar antara Rp160 juta hingga Rp140 juta.

Kebalikannya dari kredit multiguna, kredit tanpa agunan merupakan kredit yang tidak mengharuskanmu untuk memberikan jaminan atau agunan sehingga prosesnya tergolong lebih cepat karena tidak memerlukan proses penaksiran aset terlebih dahulu. Untuk kredit tanpa agunan, jumlah dana pinjaman yang diberikan tergantung masing-masing bank. Tapi rata-rata memberikan pinjaman minimal Rp5 juta hingga Rp300 juta lebih. Sedangkan untuk jangka waktu peminjaman kredit tanpa agunan tidak berbeda jauh dengan kredit multiguna karena rata-rata mematok jangka waktu maksimal hingga 60 bulan (5 tahun).

Baca juga: Pinjaman KTA vs Pinjaman Online, Mana yang Terbaik?

Cara Meminjam Uang di Bank dengan Lima Langkah Mudah

Kalau sudah paham jenis dari pinjaman bank, kini saatnya kamu mengetahui cara meminjam uang di bank. Cukup ikuti langkah-langkah mudah yang ada di bawah ini ya Sobat!

1. Pastikan Histori Kredit Bersih

Kredit Skor (www.wingsfinancial.com)

Langkah yang pertama adalah pastikan kalau kamu memiliki histori kredit yang bersih. Bank tidak akan memberikan pinjaman kepada orang yang memiliki histori kredit yang buruk. Histori kredit adalah riwayat semua kredit yang pernah kamu miliki sebelumnya, misalkan saja kredit kendaraan bermotor (KKB), kredit pemilikan rumah (KPR), kredit usaha, hingga kartu kredit. Jika saat ini masih ada cicilan kredit tersebut yang menunggak alias belum dibayar, segera selesaikan supaya tidak ada tunggakan lagi sehingga histori kredit jadi bersih.

2. Pilih Bank Penyedia dan Bandingkan Bunganya

Selanjutnya adalah pilih bank penyedia yang ingin kamu ajukan. Tapi ingat, jangan cuma satu mencarinya. Setidaknya cari lebih dari dua hingga tiga supaya kamu bisa membandingkan, mana yang akan memberikan penawaran terbaik untukmu karena beda bank penyedia pinjaman, maka syarat, jumlah pinjaman, masa tenor, hingga bunga yang diberikan juga berbeda-beda. Jadi carilah yang paling menguntungkanmu nanti, terutama bunganya. Carilah bank yang memberikan bunga terendah supaya beban hutang jadi ringan.

3. Penuhi Persyaratan dan Dokumen yang Diminta

Kartu Tanda Penduduk (Sumber: detik.net.id)

Jika sudah mencari bank penyedia pinjaman, penuhi persyaratan dan dokumen yang diminta oleh pihak bank. Kalau kamu mengajukannya secara offline, maka sediakan dokumen dalam bentuk fisik. Tapi jika mengajukannya secara online melalui website resmi bank, maka siapkan dokumen berbentuk digital yang sudah discan terlebih dahulu. Sebagai bahan acuanmu, ada beberapa syarat yang biasanya diminta oleh bank, yaitu:

  • Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Fotokopi KK (Kartu Keluarga)
  • Fotokopi buku tabungan
  • Fotokopi NPWP (nomor pokok wajib pajak)
  • Fotokopi slip gaji (ada bank yang menetapkan jumlah minimal gaji)
  • Fotokopi akta nikah (bagi yang sudah berkeluarga)
  • Kartu kredit (jika mengambil pinjaman pinjaman kredit tanpa agunan)
  • Dokumen penyerahan agunan (jika mengambil pinjaman Kredit Multiguna)

Baca juga: Bisakah Mengajukan KTA Tanpa Kartu Kredit? Caritahu Jawabannya di Sini!

4. Ajukan Uang Pinjaman Seperlunya

Kemudian tetapkan berapa nominal uang yang akan kamu pinjam. Ingat ya Sobat, meskipun pihak bank memberikan maksimum plafon pinjaman yang sangat tinggi, tapi bukan berarti kamu bisa menentukan pinjaman dana tinggi karena bank juga akan menyesuaikan plafon pinjaman dengan penghasilan bulananmu. Jadi, ajukan saja seperlunya karena pinjaman yang lebih bisa membuat beban hutangmu jadi lebih banyak.

5. Tentukan Jangka Waktu Cicilan yang Sesuai

Masa Tenor (Sumber: www.dexteracademy.in)

Meski terdengar sepele, tapi menentukan jangka waktu cicilan sangat penting dilakukan. Dengan menentukan jangka waktu cicilan, maka kamu bisa mengetahui berapa nominal dana yang harus kamu sisihkan per bulannya buntuk membayar cicilan. Semakin lama jangka waktu yang diambil, maka semakin kecil nominal cicilan per bulan, tapi jumlah keseluruhan hutang akan lebih besar karena ada bunga yang dibayarkan juga semakin besar. Tapi jika kamu mengambil jangka waktu yang pendek, maka nominal cicilan per bulan jadi lebih besar. Tapi keseluruhan hutang akan jadi lebih kecil karena bunga yang dibayarkan jadi lebih sedikit.

Jika semuanya sudah disiapkan, maka kamu tinggal mendatangi bank penyedia pinjaman atau mengunjungi situs resmi bank tersebut untuk mengajukan pinjaman. Mudah bukan?

Pinjaman di Bank Tidak Lolos, Ajukan Pinjaman Online Saja!

Tunai Kita (Sumber: tunaikita.com)

Tidak sedikit orang yang pengajuan pinjamannya ke bank ditolak begitu saja. Biasanya ada beberapa alasan yang membuat pengajuan mereka mengalami penolakan, mulai dari ketidaklengkapan data dan persyaratan dokumen yang diberikan, catatan kredit yang buruk, minimal penghasilan tidak mencukupi, dan lain sebagainya. Jika sudah seperti ini, lantas kamu mau bagaimana? Sementara kondisimu saat ini benar-benar sedah butuh dana mendesak. Tidak perlu khawatir Sobat karena masih ada pinjaman online yang bisa kamu andalkan. Apa itu pinjaman online?

Pinjaman online merupakan jenis pinjaman yang cara pengajuannya secara online, baik itu melalui website resmi atau aplikasi. Pinjaman online ini diberikan oleh perusahaan fintech P2P lending. Salah satu penyedia pinjaman online yang namanya sudah dikenal masyarakat luas adalah TunaiKita yang berbasis aplikasi. Pinjaman yang diberikan berkisar antara Rp1 juta hingga Rp20 juta. Sedangkan untuk jangka waktu cicilan yang diberikan adalah maksimum 180 hari (6 bulan). Bagi kamu yang ingin mengajukan pinjaman online di TunaiKita, caranya sangatlah mudah. Coba ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Baca juga: Psst, Ini Bocoran Agar Pinjaman Online 24 Jam Langsung Diterima

  • Siapkan persyaratan yang diminta seperti KTP, NPWP, dan rekening bank lokal (BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, Bank Permata, Bank Danamon, dan Bank Mega).
  • Download aplikasi TunaiKita yang tersedia di PlayStore atau AppStore
  • Lakukan registrasi dengan mengisi data diri yang lengkap
  • Setelah itu baru login ke dalam aplikasi
  • Pilih nominal pinjaman yang diinginkan beserta jangka waktu cicilan yang disanggupi
  • Klik mulai ajukan dan lengkapi persyaratan yang diminta dengan menguploadnya

Sekarang kamu tinggal menunggu pengajuan pinjaman diproses oleh pihak TunaiKita. Jika pengajuan pinjaman diterima, maka dalam jangka waktu beberapa hari, dana pinjaman akan langsung ditansfer ke rekening bank lokal yang sudah kamu berikan sebelumnya. Pinjaman online dari TunaiKita bisa kamu pergunakan untuk keperluan apa saja, termasuk biaya rumah sakit, biaya sekolah anak, biaya renovasi rumah, biaya perbaikan kendaraan, modal usaha, hingga tambahan biaya pernikahan. Sifatnya yang bisa dipergunakan untuk keperluan apapun membuat pinjaman online semakin digemari. Ingin coba mengajukan pinjaman online juga? Segera download aplikasi TunaiKita dan ajukan sekarang!