Cara Mendapatkan Beasiswa

Dana yang tidak mencukupi bukan menjadi alasan untuk meraih pendidikan yang tinggi karena kamu bisa mengandalkan beasiswa untuk dapat kuliah di dalam maupun luar negeri. Simak cara mendapatkan beasiswa yang bisa kamu terapkan langsung nanti!

Mengenyam pendidikan yang tinggi adalah cita-cita banyak orang karena dengan memiliki pendidikan yang tinggi, maka kamu bisa mendapatkan kehidupan yang lebih layak karena lapangan pekerjaan dan karir akan terbuka lebar. Sayangnya, untuk bisa meraih cita-cita ini ada dana yang dibutuhkan dan jumlahnya terbilang cukup besar. Oleh karena itu dibutuhkan beasiswa yang bisa membiayai pendidikanmu hingga selesai agar kamu bisa kuliah secara gratis.

Untuk bisa mendapatkan beasiswa ini juga tidaklah mudah karena persaingan yang sangat ketat, apalagi jika kamu ingin meneruskan pendidikan di luar negeri.  Tapi tenang saja Sobat! Kamu harus selalu ingat apa kata pepatah, “Di mana ada kemauan, di situ pasti ada jalan”. Jadi, asalkan mau berusaha, pasti kamu bisa mendapatkan beasiswa tersebut. Kali ini TunaiKita akan membagi beberapa cara mendapatkan beasiswa yang bisa kamu coba terapkan, yaitu:

1. Miliki Nilai Akademis yang Bagus

Memiliki Nilai Akademis yang Bagus (Sumber: www.globeslcc.com)

Cara yang pertama adalah memiliki nilai akademis yang bagus. Nilai akademis bukanlah hanya sekedar angka, tapi ternyata bisa membawamu untuk meraih beasiswa karena hampir semua beasiswa mensyaratkan nilai akademis tertentu agar bisa lolos seleksi beasiswa. Jadi mulai sekarang perbaiki nilai akademismu supaya bisa memperbesar peluang mendapatkan beasiswa nanti. Selain nilai akademis, kamu juga harus aktif berorganisasi sehingga nantinya pihak pemberi beasiswa akan menganggap kalau kamu bisa bersosialisasi atau berinteraksi dengan banyak orang.

2. Tentukan Universitas dan Jurusan

Sebelum mengambil beasiswa, ada baiknya kamu menentukan terlebih dahulu universitas beserta jurusan kuliah yang ingin kamu ambil nanti supaya bisa fokus. Persaingan untuk mendapatkan beasiswa di luar negeri akan lebih ketat dibanding persaingan beasiswa dalam negeri karena peminatnya jauh lebih banyak. Sebelum memilih, perhatikan jurusan yang menjadi populer di universitas tersebut karena jurusan yang populer sudah pasti banyak peminatnya. Beberapa jurusan yang biasanya diminati oleh para pencari beasiswa adalah jurusan hukum, keuangan, kedokteran, sosial budaya, serta teknik dan sains. Jadi pertimbangan dengan matang sebelum kamu mengambil keputusan karena universitas dan jurusan yang akan dipilih ini tidak bisa diubah lagi jika kamu sudah mengajukan beasiswa.

Baca Juga : Alasan Kenapa KTA DBS Cocok Digunakan Untuk Dana Pendidikan

3. Tingkatkan Skor TOEFL/ IELTS

Meningkatkan TOEFL (Sumber: teacher2students.com)

Sangat penting bagimu untuk menguasai bahasa asing, terutama bahasa Inggris jika ingin mengajukan beasiswa, terutama beasiswa luar negeri karena akan ada tes bahasa TOEFL (Test of English as Foreign Language) dan IELTS (International English Language Testing System). Minimal skor TOEFL yang harus kamu miliki adalah 550, sedangkan untuk skor IELTS harus di atas 6,5. Sebaiknya sebelum tes TOEFL dan IELTS untuk beasiswa, kamu harus latihan terlebih dahulu agar skormu bisa tinggi. Kalau perlu ambil kursus khusus TOEFL dan IELTS di tempat kursus bahasa Inggris.

4. Tulis Esai Berkualitas

Ada banyak cara agar diri kita bisa dilirik dan mendapatkan beasiswa. Salah satunya adalah dengan menuliskan esai yang berkualitas. Cobalah untuk menulis esai sebanyak 500-700 kata dan pilih tema yang bagus. Beberapa tema yang paling banyak diambil adalah tema tentang kontribusi terhadap bangsa, sukses terbesar dalam hidup, dan rencana setelah kamu nanti diterima di universitas pilihanmu. Tema ini banyak dipilih karena bisa mencerminkan pandangan dirimu. Agar tulisan esai bisa lebih bagus, cobalah untuk mencari referensi esai dengan tema serupa atau bertanya kepada senior yang sudah pernah mendapatkan beasiswa.

5. Cari Orang yang Bisa Memberikan Rekomendasi

Cara mendapatkan beasiswa yang lainnya adalah dengan mencari orang yang bisa memberikanmu surat rekomendasi. Tapi yang bisa memberikanmu surat rekomendasi ini bukanlah sembarang orang. Kamu bisa meminta surat rekomendasi dari dosen pengajarmu atau atasan tempat kamu bekerja. Kenapa surat rekomendasi ini sangat penting untuk mendapatkan beasiswa? Ini dikarenakan pihak yang memberikan beasiswa harus mengenal dirimu dengan baik dan dari surat rekomendasi, mereka bisa mengenalmu. Jadi mulai sekarang pastikan untuk menjaga hubungan baik dengan orang-orang yang ada di lingkunganmu, baik itu lingkungan sekolah, universitas, atau tempat kerja.

6. Menulis Motivation Letter

Menulis Motivation Letter (Sumber: www.myenglishlanguage.com)

Motivation letter atau surat motivasi memang tidak menjadi salah satu syarat untuk mengajukan beasiswa, tapi keberadaan surat ini ternyata cukup berpengaruh untuk mengubah pikiran pihak yang memberikan beasiswa. Buat surat motivasi dengan menunjukkan alasanmu tertarik untuk mengambil studi di jurusan dan universitas yang kamu ambil. Jelaskan semenarik mungkin apa yang akan kamu lakukan setelah kamu berhasil menuntaskan pendidikan di jurusan dan universitas tersebut.

Baca Juga : Hindari Pinjaman Online Pribadi Untuk 5 Keperluan Ini

7. Dapatkan Letter of Acceptance

Tahukah kamu kalau letter of acceptance ini bisa menjadi tiket emas dirimu untuk mendapatkan beasiswa. Bagi yang belum tahu, letter of acceptance adalah surat penerimaan dari universitas yang kamu tuju. Biasanya kalau kamu sudah mendapatkan letter of acceptance, besar kemungkinan kalau beasiswa bisa kamu terima. Bagaimana caranya untuk mendapatkan letter of acceptance ini? Kamu bisa mendapatkanya dengan mengajukannya ke universitas yang kamu tuju terlebih dahulu. Dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa mendapatkan letter of acceptance, jadi kamu harus mengajukannya jauh-jauh hari.

8. Siapkan dan Penuhi Syarat Administrasi

Mempersiapkan Syarat Administrasi (Sumber: www.indiabook.net)

Kita seringkali tidak memperhatikan hal-hal dasar seperti syarat administrasi yang diberikan sehingga pada saat mengajukan beasiswa, kita akan kebingungan karena sudah mendekati deadline sementara syarat administrasi belum terpenuhi semuanya. Syarat administrasi untuk mengajukan beasiswa ini tidaklah sedikit dan dibutuhkan waktu berhari-hari bahkam berminggu-minggu karena ada dokumen-dokumen di dalamnya.

Baca Juga : Tips Dan Trik Agar Pinjaman Dana Tanpa Jaminan Langsung Cair

Beberapa dokumen penting yang menjadi syarat administrasi adalah ijazah terakhir (SMA atau S1) yang sudah dilegalisir, surat keterangan sehat dan bebas narkoba yang bisa kamu dapatkan dari rumah sakit, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari kepolisan, dan masih banyak lagi syarat administrasi lainnya yang harus kamu penuhi.

9. Sering Latihan untuk Interview

Proses untuk mendapatkan beasiswa memang dibutuhkan beberapa tahap, mulai dari seleksi administrasi hingga interview atau tes wawancara. Jika sudah sampai tahap interview, itu tandanya kamu sudah setengah jalan untuk mendapatkan beasiswa. Jadi jangan sampai pada tahapan ini kamu tidak lolos hanya karena gugup, grogi, atau tidak percaya diri. Jadi sebaiknya, kamu mulai memperbanyak latihan untuk interview agar nantinya terbiasa. Lalu untuk latihan interview ini, pertanyaan apa saja yang biasanya ditanyakan? Beberapa pertanyaan yang ditanyakan biasanya adalah seputar dirimu dan juga tentang visi misi serta motivasimu untuk mendapatkan beasiswa. Jadi siapkan jawaban dari pertanyaan tersebut.

10. Ikut Program Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP (Sumber: infokampus.news)

Cara mendapatkan beasiswa yang terakhir adalah dengan mengikuti program beasiswa LPDP (Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan) yang diadakan Kementrian Keuangan serta Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Beasiswa LPDP ini diadakan setiap tahunnya dan kuota beasiswa yang disediakan lumayan banyak. Kamu bisa mendaftar beasiswa LPDP ini melalui situs reminya di alamat url www.lpdp.kemenkeu.go.id. Tapi untuk beasiswa tahun 2019, masih belum dibuka sehingga kamu bisa mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum pendaftaran beasiswa LPDP 2019 dibuka.

Semoga setelah membaca cara mendapatkan beasiswa di atas, kamu bisa mendapatkan beasiswa yang kamu inginkan nanti.