Ini Lho Akibatnya Kalau Kamu Nggak Perhatian Sama Asupan Makanan

Sobat pernah melewatkan sarapan karena bangun kesiangan? Atau kamu pernah menunda makan siang karena disibukkan oleh rutinitas pekerjaan? Kalau pernah, sebaiknya kamu tidak lagi membiasakan untuk melewatkan waktu makan, karena ternyata, makan tidak teratur bisa berdampak buruk bagi tubuhmu. Di Hari Pangan Sedunia ini, TunaiKita akan membahas beberapa dampak jika kamu tidak peduli dengan asupan makanan yang kamu konsumsi. 

Sobat tahu nggak kalau setiap tanggal 16 Oktober diperingati Hari Pangan Sedunia, lho. Nah, di Hari Pangan ini TimiKimi akan membahas mengenai dampak buruk jika kamu tidak memperhatikan asupan makanan yang kamu makan sehari-hari. 

Rutinitas kerja yang padat kerap kali membuat kita tidak memperhatikan diri sendiri termasuk soal makanan yang kita konsumsi. Padahal, setiap harinya tubuh kita memerlukan sejumlah kalori untuk mendukung fungsi organ tubuh. Kesibukkan pun selalu menjadi alasan untuk tidak memperhatikan asupan makanan yang kamu makan. 

Belum lagi, demi menjaga bentuk tubuh, kamu rela melakukan diet yang sangat ketat dengan mengurangi sejumlah asupan makanan yang dibutuhkan tubuh. Tahukah kamu dampak yang ditimbulkan seperti apa? Simak ulasannya berikut ini yuk!

Hari Pangan Sedunia: Dampak Tidak Memperhatikan Asupan Makanan

1. Merasa Lelah Sepanjang Waktu

Tubuh Selalu Merasa Lelah, Ada Apa Ya? (www.liputan6.com)

Tahukah kamu? Salah satu alasan utama kenapa kamu merasa lelah sepanjang waktu adalah karena asupan kalori dalam tubuh sangat sedikit. Bukan berarti diet tidak baik dilakukan tapi dengan melakukannya dengan cara yang keliru, hanya akan menyebabkan dampak serius. Salah satunya adalah menurunnya metabolisme akibat kurangnya asupan energi yang bersumber dari makanan.

Baca juga: Kebiasaan Bangun Siang Bisa Sebabkan Kanker Hati?

2. Merasa Lapar Sepanjang Hari

Saat kamu merasa lapar dalam rentang waktu yang singkat, kemungkinan hal itu disebabkan oleh kurangnya asupan makanan dalam tubuh. Ada banyak teori yang menyarankan sebaliknya bahwa perasaan lapar itu disebabkan karena metabolisme yang cepat. Tapi penting untuk kita pahami kalau sebenarnya rasa lapar yang dibarengi dengan kondisi lelah sepanjang hari disebabkan oleh kurangnya kalori dalam tubuh.

3. Rambut Rontok

Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Cepat (www.merdeka.com)

Makan lebih sedikit juga bisa menyebabkan rambut rontok lho. Karena sama seperti organ tubuh lainnya, rambut juga membutuhkan nutrisi yang tepat untuk tumbuh dan sehat secara alami. Waktu kita melakukan diet yang ketat maka otomatis asupan nutrisi dalam tubuh akan berkurang. Inilah yang menyebabkan rambut kita cenderung rontok dan juga kehilangan kilau alaminya.

4. Gangguan Tidur

Soal hal ini kamu mungkin nggak pernah tahu, tapi ternyata mengkonsumsi sedikit makanan sangat berdampak pada pola tidur, lho. Gangguan tidur bisa jadi salah satu dampaknya. Saat tidur di malam hari terganggu maka efeknya akan berimbas pada kondisi tubuh yang tidak fresh di pagi harinya. Kalau kamu terbangun dengan perasaan letih dan lesu setiap kali bangun pagi, ini pertanda kalau pola makan kamu mungkin bermasalah.

5. Merasa Gelisah

Sama seperti mobil yang membutuhkan bensin sebagai bahan kabar, begitu juga dengan tubuh kita memerlukan makanan cukup. Saat kita kekurangan nutrisi dalam tubuh kemungkinan besar akan menyebabkan perubahan mood yang sangat cepat. Cepat merasa kesal dan gelisah adalah dampak paling buruknya. Karena itu, mulailah kembali mengatur jumlah asupan makananmu setiap hari ya, Sobat.

Baca juga: Lakukan 5 Hal Ini Untuk Mengembalikan Berat Badan Pasca Lebaran

6. Tubuh Merasa Dingin

Merasa dingin sepanjang hari walau tidak berada di ruangan ber-AC? Hal ini patut kamu curigai sebagai tanda gangguan kesehatan. Bisa jadi hal ini karena kurangnya asupan makanan yang masuk dalam tubuh. Sebagaimana rumus yang berlaku bahwa semakin sedikit jumlah kalori yang masuk dalam tubuh maka suhu tubuh akan menurun secara alami. Karena itulah kamu perlu mengecek kembali bagaimana pola makan kamu.

7. Mengalami Gangguan Pencernaan

Masalah sembelit adalah persoalan yang patut diperhatikan oleh mereka yang sedang menjalani diet ketat. Tubuh kita membutuhkan cukup banyak serat untuk menghasilkan massa tubuh. Jika kita justru membatasi asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, hal ini bisa saja menyebabkan masalah pencernaan. Karena itulah kamu perlu menyeimbangkan kembali asupan makanan yang dibutuhkan tubuh.

8. Suasana Hati cenderung Berubah-Ubah

Seperti yang sudah dibahas pada poin 5, bahwa saat tubuh kekurangan asupan nutrisi maka seseorang akan mudah gelisah dan mood yang cenderung berubah-ubah. Tapi perlu ditekankan bahwa perubahan mood dalam hal ini bisa menjadi sangat ekstrim dan sangat merugikanmu, Sobat

9. Perubahan Hormon

Kenali Jenis-Jenis Perubahan Hormon yang Menyebabkan Wajah Jerawatan (www.suara.com)

Makan yang tidak teratur dan tidak memperhatikan asupan yang kamu makan akan membuat hormon di dalam tubuh menjadi tidak seimbang, mengapa? karena di saat kamu melewatkan makan pagi/siang/malam, hormon kortisol akan meningkat dan dapat menyebabkan peningkatan pada berat badan. Itulah mengapa pentingnya makan teratur dan memeperhatikan asupan yang kita makan.

10. Kenaikan Berat Badan

Jika kamu tidak memperhatikan asupan yang kamu makan dan makan tidak teratur, ini akan meningkatkan risiko terjadinya obesitas. Obesitas adalah penumpukan lemak yang sangat tinggi di dalam tubuh sehingga membuat berat badan berada di luar batas tubuh ideal. Studi yang dilakukan Northwestern University telah menemukan bahwa makan di waktu yang tidak teratur dapat mempengaruhi berat badan atau menyebabkan obesitas. Jam ritme sikardian mengatur tentang sinyal lapar dan kenyang yang dapat menjaga berat badan. 

11. Kram Perut

Kram Perut tapi Tidak Haid, Ternyata Ini Penyebabnya (www.suara.com)

Hal yang sering kali terjadi saat terbiasa makan tidak teratur adalah kram pada perut. Biasanya, kram perut terjadi akibat penyakit lambung, refluks asam lambung, tukak lambung, infeksi lambung, dan lain-lainnya. Bahkan, di saat kamu melewatkan waktu makan atau membiarkan perut kosong, lalu makan setelah perut kosong dalam waktu yang lama, ini dapat membuat sensasi kembung dan kelebihan gas yang disertai dengan rasa nyeri perut.

Baca juga: 7 Buah Ini Miliki Manfaat Luar Biasa Untuk Kesehatan Tubuh

Yuk, Lebih Peduli dengan Asupan Makanan yang Dikonsumsi

Dengan menyadari bahayanya kekurangan nutrisi dalam tubuh, tentunya kamu disarankan untuk menyeimbangkan asupan makanan dalam tubuh. Tapi bukan berarti kamu bebas mengkonsumsi makanan sebanyak mungkin ya, Sobat. Ingat, mengkonsumsi makanan secara seimbang dan sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh itu jauh lebih baik.

Selamat Hari Pangan Sedunia, lebih peduli asupan makanan dan kesehatan tubuh yuk!