Ini Tips Gadai Emas di Pegadaian untuk Keperluan Mudik Lebaran

Menjelang hari raya lebaran, tempat-tempat pegadaian akan penuh dikarenakan banyak orang yang menggadaikan barangnya supaya dapat pinjaman dana untuk mudik. Buat kamu yang ingin gadai emas di Pegadaian, simak dulu tipsnya di sini!

Mudik ke kampung halaman bagi masyarakat Indonesia memang sudah menjadi tradisi yang tak bisa terlepaskan. Biasanya tradisi ini selalu dilakukan setidaknya satu minggu atau H-7 sebelum perayaan hari raya. Saat sudah mulai memasuki hari-hari mudik, semua sarana transportasi umum antar kota dan juga jalan tol akan dipadati dengan para pemudik. Semua stasiun televisi pun akan menyiarkan berita mudik hingga H+7 setelah lebaran.

Berhubung mudik lebaran sudah dilakukan secara turun temurun, maka pastinya kamu harus menyiapkan dana khusus supaya bisa mudik lebaran. Tapi terkadang dana yang ada tidaklah cukup untuk melakukan mudik lebaran. Padahal kamu juga sudah menggunakan dana THR (Tunjangan Hari Raya). Seperti yang kamu ketahui kalau untuk melakukan mudik lebaran ini dibutuhkan dana yang tidak sedikit karena pengeluaran mudik tak hanya tiket kendaraan saja, tapi juga oleh-oleh, biaya makan selama perjalanan, hingga biaya selama berada di kampung halaman.

Gadai Emas di Pegadaian Jadi Solusi Saat Dana Mudik Kurang

Gadai Emas (detik.net.id)

Ketika dana mudik kurang, masyarakat Indonesia lebih cenderung menggadaikan barang berharga milik mereka seperti emas supaya bisa mendapat dana tambahan untuk mudik lebaran. Hal ini dilakukan karena emas menjadi aset yang paling mudah dan cepat untuk digadaikan jika dibandingkan BPKB dan sertifikat rumah atau tanah. Tempat pegadaian yang paling banyak didatangi sudah pasti Pegadaian. Ada dua jenis produk gadai di Pegadaian yang paling banyak dipilih untuk menggadaikan emas, yaitu:

1. KCA (Kredit Cepat dan Aman)

Jenis produk gadai pertama ada Kredit Cepat Aman (KCA) yang sistemnya konvensional sehingga ada perhitungan bunga di dalamnya. Kamu bisa menggadaikan emas untuk mendapatkan pinjaman mulai dari Rp50 ribu hingga Rp500 juta. Jangka waktu yang diberikan adalah 4 bulan, tapi jika kamu memperpanjangnya berkali-kali alias tidak terbatas jangka waktunya.

2. Kredit Prima (Kredit Cepat dan Aman Prima)

Jenis produk gadai emas kedua yang banyak diminati adalah Kredit Prima. Jenis produk Pegadaian ini akan memberikanmu pinjaman bebas bunga alias bunganya 0% dengan jangka waktu peminjaman mulai dari 1 hari hingga 60 hari lamanya. Dana pinjaman yang bisa diberikan mulai dari Rp50 ribu hingga Rp500 ribu saja. Tapi nasabah dalam satu kartu keluarga hanya bisa memperoleh 1 kali periode kredit saja.

Baca juga: Cara Gadai Emas Di Pegadaian Yang Mudah, Cukup Ikuti Langkah Ini Saja!

Cara Gadai Emas di Pegadaian

Gadai Emas di Pegadaian (gadaian.com)

Setelah tahu produk gadai emas di Pegadaian mana yang ingin diambil, kamu bisa mengikuti tiga langkah yang ada di bawah ini untuk menggadaikan emas dengan mudah di Pegadaian!

1. Siapkan Persyaratan dan Datang ke Pegadaian

Pertama adalah datang ke Pegadaian dengan membawa syarat yang dibutuhkan seperti KTP, KK,  slip gaji, surat atau sertifikat emas yang asli. Setelah menyiapkan semua persyaratan, kamu bisa mendatangi kantor Pegadaian terdekat yang lokasinya berada di daerah domisilimu.

2. Isi Formulir Pengajuan Pinjaman

Saat ke kantor Pegadaian, langsung datangi loket yang ada di sana dan mintalah formulir untuk mengajukan gadai emas. Isi formulir tersebut secara teliti dan cek kembali supaya tidak ada yang terlewat. Setelah memastikan kalau formulir yang diisi sudah benar, maka serahkan kembali formulir beserta syarat kepada petugas loket. Petugas nanti akan meminta emas dan juga surat aslinya untuk menaksir harga emas dan memastikan keaslian emas yang kamu bawa.

3. Menunggu Pencairan Dana

Kalau emas sudah dicek keasliannya, maka petugas akan memberikan nominal pinjaman maksimum yang bisa kamu ajukan dan kamu bisa menentukan berapa dana yang akan dipinjam serta jangka waktu peminjaman. Jika nominal pinjaman yang kamu ajukan jumlahnya tidak banyak, maka dana bisa cair pada hari itu juga, tapi kalau jumlahnya mencapai puluhan juta, biasanya kamu harus menunggu setidaknya 1-3 hari kerja. Nantinya kamu bisa memilih apakah dana pinjaman ingin ditransfer ke rekeningmu atau diambil dalam bentuk tunai.

Baca juga: Untung Rugi Tabungan Emas Pegadaian, Bisakah Dijadikan Investasi?

Tips Gadai Emas di Pegadaian

Gadai Emas di Pegadaian (radarmalang.id)

Sebelum menggadaikan emas di Pegadaian, ada tiga tips yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu, yaitu:

  • Pastikan Emas yang Digadaikan Asli

Tips yang pertama adalah memastikan emas yang kamu bawa asli karena pihak Pegadaian pasti akan mengecek keaslian emas yang akan kamu gadaikan. Kalau ternyata emas tersebut palsu, sudah pasti pengajuan pinjamanmu akan ditolak. Emas yang asli sudah pasti memiliki sertifikat atau surat pembelian emas.

  • Emas Perhiasan Lebih Mudah Digadaikan

Emas apa yang kamu gadaikan? Emas yang paling banyak digadaikan menjelang hari raya lebaran adalah jenis emas perhiasan. Lalu kalau kita hanya memiliki emas murni atau emas logam bagaimana? Jenis emas murni atau emas logam juga bisa kamu gadaikan, hanya saja pastikan gramnya tidak terlalu besar. Emas yang gramnya terlalu besar akan sulit digadaikan. Biasanya berat emas murni yang sering digadaikan adalah emas 1 gram, 5 gram, dan 10 gram.

  • Datanglah Lebih Pagi

Perlu kamu ketahui kalau Pegadaian pasti akan penuh setiap harinya menjelang lebaran. Jika ingin gadai emas di Pegadaian, kamu harus datang lebih pagi. Kantor Pegadaian mulai membuka layanan setiap hari Senin-Jumat pada pukul 07.30 hingga 17.00. Dengan datang lebih pagi, proses gadai emasmu akan lebih cepat dan dana juga bisa kamu dapatkan segera.

Baca juga: Intip Harga Emas Putih Per Gram Buat Yang Ingin Investasi Emas

Tak Punya Emas untuk Digadaikan? Manfaatkan Pinjaman Ini!

TunaiKita (Sumber: www.tunaikita.com)

Kalau tidak ingin menggadaikan emas atau memang kamu tidak memiliki emas yang bisa digadaikan, kamu bisa mengandalkan pinjaman online dari TunaiKita.  TunaiKita merupakan salah aplikasi pinjaman online bisa memberikan pinjaman mulai dari Rp1 juta hingga Rp20 juta. Untuk masa tenornya hingga 180 hari (6 bulan).

Syarat yang harus kamu penuhi hanyalah tiga, yakni KTP, NPWP, dan rekening bank lokal seperti Bank Mandiri, Bank Permata, Bank Mega, Bank Danamon, BCA, BRI, dan BNI. Meskipun termasuk dalam kategori pinjaman online, tapi kamu tak perlu khawatir akan kemanan dari pinjaman ini karena TunaiKita sudah terdaftar di OJK. Dengan begitu semua prosesnya sudah diawasi oleh OJK mulai dari proses pengajuan, pencairan, hingga penagihannya sehingga aman dan kamu bisa terhindar dari resiko penipuan.

Untuk cara mengajukannya cukup ikuti langkah di bawah ini!

  • Download aplikasi TunaiKita di PlayStore atau AppStore
  • Lakukan registrasi dan lengkapi data
  • Setelah berhasil registrasi, lakukan login
  • Isi nominal pinjaman yang diinginkan dan masa tenor yang disanggupi
  • Klik mulai ajukan

Sekarang kamu hanya perlu menunggu pinjamanmu diproses oleh pihak TunaiKita. Jika data diri yang diberikan dan dokumen sudah lengkap, maka dana bisa cair dalam hitungan hari saja. Dana yang cair akan langsung ditransfer melalui rekening bank lokal milikmu yang nomornya sudah kamu berikan sebelumnya. Dengan adanya informasi di atas, semoga kamu cepat mendapatkan pinjaman untuk mudik lebaranmu.