Sesuai dengan karakter yang dimilikinya, introvert memang cenderung lebih pemalu dan tidak banyak bicara. Bukan berarti tipe introvert akan kesulitan dalam dunia kerja lho Sobat. Justru sebaliknya, tidak jarang introvert menjadi karyawan terbaik di dalam sebuah perusahaan.

 

Berdasarkan riset telah menyatakan bahwa ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan memiliki seorang introvert dalam lingkup kerja. Seperti misalnya penelitian yang dilakukan oleh Daniel C. Feiler dan Adam M. Kleinbaum dari Tuck Business School di Dartmouth College. Penelitian ini menyatakan bahwa orang-orang introvert ternyata lebih perseptif dan lebih dekat dengan realita karena mereka melihat dunia dengan pendekatan yang berbeda serta pandangan yang lebih akurat dibandingkan dengan para ekstrovert.

 

Seperti yang sudah sempat disinggung sedikit, introvert seringkali menjadi karyawan teladan di dalam sebuah perusahaan. Nah Sobat, di artikel kali ini, TimiKimi akan membahas alasan-alasannya. Yuk simak ulasan berikut.

 

Introvert Selalu Menyaring Informasi

Introvert paling handal untuk hal yang satu ini. Dia hanya akan mendengarkan dan menerima informasi yang menurutnya benar-benar berisi dan memiliki nilai. Begitu juga pada saat menyampaikan sebuah argumen, introvert akan membuat semua orang mendengarkannya karena mereka hanya akan menyampaikan suatu informasi yang penting dan berguna.

 

Introvert Itu Jujur

Mereka seringkali memiliki pemahaman bahwa basa-basi adalah hal yang tidak perlu dalam bersosialisasi dengan orang lain. Dengan kata lain mereka adalah orang yang to the point. Hal tersebut bisa dianggap tidak benar atau mungkin tidak sopan bagi beberapa orang. Akan tetapi mereka bersikap demikian dikarenakan mereka mengharapkan dan juga menghargai kejujuran orang lain. Jadi, jika kamu membutuhkan feedback jujur akan sesuatu, kamu bisa bertanya pada seorang introvert. Karena tidak peduli sepahit apa, mereka akan bersenang hati untuk memberitahu.

 

Introvert Itu Unik

Introvert memiliki kepribadian yang unik. Kamu pasti mengenal Albert Einstein, bukan? Siapa yang tidak tahu dengan sosok introvert yang satu ini. Albert Einstein merupakan seorang jenius fisika yang menemukan banyak teori salah satunya teori relativitas. Akan tetapi, dia berhasil menunjukkan sisi unik dari ke-introvert-annya tanpa harus mengikuti tren yang ada. Einstein berhasil membuat sejarah untuk dunia.

 

Introvert Tidak Suka Politik

Introvert selalu menjunjung tinggi kejujuran dan ketulusan, maka mereka akan menjauhi hal-hal yang berbau politik dalam lingkungan kantor. Mereka lebih memilih untuk mengandalkan hasil kerja untuk melangkah maju. Hal tersebut akan menjadi poin lebih bagi pemilik perusahaan yang menginginkan transparansi dan efisiensi dalam lingkup kerja.

 

Introvert Itu Mandiri

Beruntunglah jika kamu memiliki sosok introvert di dalam tim. Sosok introvert biasanya akan lebih memilih untuk mempelajari tugas-tugas mereka sendiri dan mengerjakan dengan cara mereka sendiri pula. Tidak jarang pula mereka membuat catatan mengenai rutinitas pribadi. Mereka juga cenderung mencari suasana yang hening untuk berkonsentrasi mengerjakan tugas-tugasnya. Itu kenapa introvert bisa mengerjakan pekerjaan dengan baik karena mereka bisa menetapkan fokus saat menyelesaikan sesuatu.

 

Introvert Itu Loyal dan Bisa Diandalkan

Ada beberapa pemahaman yang salah mengenai introvert, bahwa orang-orang introvert adalah orang yang menjauhi orang lain. Hal ini tidak perlu terlalu dijadikan masalah karena mereka secara perlahan akan membuat lingkaran mereka sendiri yang berisi orang-orang yang mereka percaya, dan dengan orang-orang ini seorang introvert bisa menjadi sangat setia. Jadi, jika kamu memiliki seorang introvert dalam tim dan dia merasa senang berada di dalamnya, maka mereka akan bekerja keras untuk memberikan kontribusi untuk membuat perusahaan mencapai kesuksesan.

 

Nah Sobat, itu dia 6 alasan yang melatarbelakangi kenapa seorang introvert menjadi karyawan terbaik di dalam sebuah perusahaan. Tidak jarang sosok introvert disepelekan karena memiliki cara berkomunikasi yang berbeda dengan orang-orang kebanyakan. Akan tetapi, setelah mengetahui hal-hal di atas, bukankah introvert juga memiliki nilainya tersendiri?

 

Semoga membantu!

 

Penulis: Indah Sari