Inspirasi Bisnis yang Menjanjikan untuk Bulan Ramadhan, Pasti Laris Manis!

bisnis yang menjanjikan

Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari. Bulan yang dijuluki bulan penuh berkah ini membuka peluang rezeki bagi siapa saja. Buat kamu yang ingin mendulang untung di bulan Ramadhan, TimiKimi punya beberapa inspirasi ide bisnis yang menjanjikan untukmu. Yuk, lihat!

Bulan Ramadhan yang jatuh pada bulan Mei memang tinggal menghitung hari. Berbagai persiapan menjelang bulan Ramadhan sudah mulai dilakukan, mulai dari mempersiapkan budget untuk membeli perlengkapan Idul Fitri hingga tiket untuk mudik lebaran. Bulan Ramadhan bagi umat muslim selalu dijuluki dengan bulan yang penuh dengan berkah. Alasan utamanya adalah karena di bulan ini rezeki bisa kamu raih sebanyak mungkin. Coba saja kamu lihat adanya fenomena pebisnis dadakan atau yang lebih dikenal dengan nama pedagang musiman saat bulan Ramadhan. Jumlah pedagang musiman ini pasti akan menjamur berkali lipat.

Inspirasi Bisnis yang Menjanjikan Saat Bulan Ramadhan

Momen yang hanya datang satu tahun sekali ini pastinya harus kamu manfaatkan sebisa mungkin agar bisa mendapatkan tambahan penghasilan. Lantas enaknya bisnis apa yang bisa dijalankan saat bulan Ramadhan? TimiKimi punya beberapa rekomendasi bisnis yang menjanjikan saat bulan Ramadhan untuk kamu jalankan, yaitu:

1. Bisnis Takjil

Takjil (sidomi.com)

Pertama ada bisnis takjil yang paling banyak diincar oleh para pebisnis dadakan saat bulan Ramadhan. Bisnis takjil ini cakupannya sangat luas sekali karena ada banyak jenis takjil yang bisa kamu pilih, mulai dari kolak, es buah, gorengan, hingga kue tradisional khas Indonesia. Kebanyakan menu takjil yang paling laris adalah menu makanan manis atau makanan segar karena keduanya sangat cocok untuk menu berbuka. Supaya bisa menarik banyak peminat, buat inovasi yang berbeda dari menu takjil jualanmu.

Baca juga: Tips Supaya Usaha Modal Kecil Bisa Mendatangkan Untung Besar

2. Bisnis Katering Sahur

Bisnis yang menjanjikan kedua adalah bisnis katering untuk sahur. Kebanyakan orang selalu malas memasak makanan untuk sahur sehingga berakhir pada santapan yang tidak sehat seperti makan mie instan. Tawarkan katering untuk sahur dengan makanan rumahan yang sehat dan bergizi. Buat menu yang beragam setiap harinya supaya pelanggan tidak akan bosan.

3. Bisnis Lauk Kemasan

Makanan Kering (instagram.com)

Terlalu sulit menjalankan bisnis katering sahur? Kamu bisa menjalankan bisnis lauk kemasan yang lebih mudah menjalankannya. Bisnis rumahan yang menjanjikan ini bisa kamu lakukan dengan santai karena barang dagangan bisa distok. Beberapa jenis lauk kemasan yang cocok dijual saat bulan Ramadhan adalah abon, kering tempe, kering kentang, dendeng, sambal, dan aneka lauk pauk lainnya yang kering sehingga tahan lama.

4. Bisnis Baju Muslim

Bisnis baju memang tidak ada matinya. Seperti yang sudah kamu ketahui, bisnis baju di Indonesia tingkat kelarisannya menempati urutan kedua setelah bisnis makanan. Berhubung bulan Ramadhan, pastinya bisnis baju muslim akan laris manis di pasaran. Kamu bisa berjualan baju muslim untuk keluarga sehingga segmentasi pasarnya jadi lebih luas. Tawarkan harga paket jika membeli satu set baju muslim sekeluarga.

5. Bisnis Kue Kering

Kue Lebaran (idntimes.com)

Masih dengan bisnis yang menjanjikan saat bulan Ramadhan, ada bisnis kue kering yang sudah diketahui akan laris manis di pasaran, apalagi beberapa hari menjelang hari lebaran. Kamu bisa mulai membuka pre order kue kering sejak minimal 2 minggu sebelum hari lebaran untuk mencegah terjadinya penumpukan pesanan. Berhubung ada banyak pelaku bisnis kue kering, supaya tidak kalah saing, kamu bisa membuat kue kering yang berbeda.

6. Bisnis Parcel Lebaran

Kemudian ada bisnis parcel lebaran yang pasti laris saat bulan Ramadhan karena ada banyak orang yang memberikan bingkisan, baik itu untuk pribadi maupun perusahaan. Biasanya parcel lebaran yang paling banyak dipesan adalah parcel makanan ringan, kue kering, set peralatan makan bertema lebaran, hingga sembako.

7. Bisnis Katering Lebaran

Ada katering untuk sahur, ada juga donk katering untuk lebaran. Rata-rata asisten rumah tangga akan mudik saat lebaran sehingga penghuni rumah akan dibuat pusing saat akan menyiapkan hari raya lebaran. Kalau kamu membuka bisnis yang menjanjikan ini, dijamin pasti akan laris manis karena penghuni rumah yang ditinggalkan asisten rumah tangga pasti akan senang sekali kalau ada jasa katering untuk lebaran. Kamu bisa menyajikan menu makanan khas lebaran berupa ketupat sayur, opor ayam, rendang, sambal goreng ati, dan lain sebagainya.

Baca juga: Ketahui Lima Pilihan Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

8. Bisnis Jasa Sewa Kendaraan

Peminjaman Mobil (www.thezebra.com)

Momen Ramadhan menjadi momen bagi para penyedia jasa sewa kendaraan meraup untung yang berlipat. Pasalnya mereka akan kebanjiran orderan sewa mobil untuk mudik mulai minggu ketiga Ramadhan hingga hari raya lebaran. Untung yang bisa diraih tentu tak main-main jumlahnya. Jadi jangan sia-siakan kesempatan untuk meraup keuntungan ini ya!

9. Bisnis Jasa Bersih-bersih

Seperti yang sudah dikatakan di atas kalau asisten rumah tangga kebanyakan pasti akan mudik menjelang lebaran sehingga kamu pasti akan dibuat pusing untuk bersih-bersih rumah menjelang hari raya lebaran. Di sinilah letak peluang bisnis online yang menjanjikan ini. Kamu bisa menyediakan jasa bersih-bersih rumah dengan tarif per jam atau per ruangan.

10. Bisnis Jasa Penitipan Hewan

Jasa Penitipan Hewan (Tribunnews.com)

Bisnis yang menjanjikan terakhir adalah bisnis jasa penitipan hewan. Saat datang hari raya lebaran, pasti ada tradisi mudik yang tidak bisa kita ditinggalkan. Bagi pemilik hewan peliharaan, tidak mungkin kalau mereka mengajak serta hewan peliharaan mereka untuk ikut mudik. Jadi mau tak mau mereka terpaksa harus menitipkan hewan peliharaan mereka. Tapi saat membuka jasa penitipan hewan, kamu juga harus mempelajari bagaimana cara menangani atau mengurus hewan peliharaan tertentu.

Ajukan Pinjaman Online untuk Membuka Bisnis yang Menjanjikan Saat Bulan Ramadhan

Tunai Kita (Sumber: tunaikita.com)

Jika kekurangan modal saat akan membuka bisnis yang menjanjikan ini, kamu bisa mengandalkan pinjaman online yang mudah dan cepat. Salah satu pinjaman online yang bisa dituju adalah TunaiKita. TunaiKita merupakan aplikasi pinjaman online yang aman dan terpercaya karena sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Baca juga: Jadikan Pinjaman Uang Online Langsung Cair Untuk Suntikan Modal Bisnismu

Untuk dana yang bisa didapat dari pinjaman TunaiKita bisa mencapai angka maksimun Rp20 juta. Sedangkan untuk jangka waktu cicilan yang bisa dipilih hingga mencapai 180 hari (6 bulan). Syarat pengajuan dari pinjaman online TunaiKita sangatlah simpel. Kamu hanya memerlukan tiga syarat utama saja, yakni KTP (Kartu Tanda Pengenal), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), dan nomor rekening bank lokal seperti BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, Bank Permata, Bank Danamon, dan Bank Mega. Setelah ketiga syarat pengajuan di atas sudah dipersiapkan, kamu bisa mengikuti langkah-langkah mudah yang ada di bawah ini:

  • Download aplikasi TunaiKita di PlayStore atau AppStore
  • Lakukan registrasi dengan mengisi data diri berupa nama lengkap, alamat email, dan nomor telepon
  • Lakukan login ke dalam aplikasiIsi persyaratan dokumen yang diminta
  • Tentukan nominal pinjaman yang diinginkan dan masa tenor pinjaman yang kamu sanggupi
  • Klik ajukan dan tunggu pihak TunaiKita memproses pengajuan pinjaman online 24 jam

Jika pinjaman sudah diproses dan diterima, biasanya dana akan langsung cair dan ditransfer ke nomor rekening pribadi yang sudah kamu berikan sebelumnya sehingga bisa langsung kamu gunakan untuk menjalankan bisnis yang menjanjikan saat bulan Ramadhan.

Semoga dengan adanya informasi dari TimiKimi di atas, bisnis yang kamu jalankan saat bulan Ramadhan nanti bisa laris manis dan untung banyak. Selamat berbisnis!