Intip Aplikasi Pinjaman Online Bunga Rendah yang Mudah dan Cepat

Mengajukan pinjaman online memang mudah dan cepat. Hanya saja bunga yang dikenakan kerap kali terlampau tinggi sehingga beban cicilan jadi lebih berat. Tapi ternyata ada aplikasi pinjaman online bunga rendah yang bisa kamu tuju. Di mana saja itu? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Saat butuh dana secara mendadak, saat ini orang lebih sering mengandalkan pinjaman online dibanding pinjaman ke bank. Alasannya sangat sederhana, yakni karena lebih mudah cara pengajuannya dan proses pencairannya juga lebih cepat karena tidak memerlukan banyak tahapan yang harus dilalui. Tapi tahukah kamu kalau pinjaman online ini sebenarnya memiliki bunga yang terbilang cukup tinggi sehingga nantinya bisa memberatkanmu. Oleh karena itu, carilah penyedia pinjaman online yang memiliki bunga rendah. Memangnya ada? Tentu saja ada. Tapi sebelum mengajukan, lebih baik kamu menyimak terlebih dahulu beberapa tips dari TimiKimi supaya pinjaman online bunga rendah bisa cepat cair sehingga bisa langsung digunakan, yaitu:

  • Isi Data Diri dengan Benar dan Teliti

Aplikasi Pinjaman Online (www.chinability.com)

Hal pertama yang wajib dilakukan adalah mengisi data diri dengan benar. Saat mengajukan pinjaman online bunga redah yang sifatnya mendadak, kita bisa saja terburu-buru sehingga mengakibatkan data diri yang diisi mengalami kekeliruan. Baik itu keliru satu huruf atau angka saja, tapi tetap saja data yang diberikan ada kesalahan.

Misalkan saja kamu kurang satu huruf saat mengisi nama lengkap, nantinya ketika dicocokkan pada KTP (Kartu Tanda Penduduk), maka data akan dinyatakan tidak valid karena ada perbedaan, meski hanya satu huruf saja. Oleh karena itu untuk menghindarinya, kamu harus mengeceknya dua kali dengan teliti. Dengan begitu tidak akan ada kesalahan data diri.

  • Lengkapi Dokumen yang Diminta

Selain data diri, saat mengajukan pinjaman online bunga rendah, kamu pasti akan dimintai persyaratan dokumen, baik itu KTP, NPWP, slip gaji, rekening koran, dan lain sebagainya. Berhubung sistem pengajuannya dilakukan secara online. Biasanya kamu harus menyiapkan dokumen-dokumen tersebut dalam bentuk scan atau bisa juga difoto. Di sinilah kerap terjadi kesalahan karena hasil scan atau foto tidak tajam sehingga ada dokumen yang tidak bisa terbaca, baik itu buram atau karena lecek. Jadi pastikan kalau dokumen yang kamu berikan bisa dibaca dengan baik dan jelas.

Berikan dokumen persyatan yang lengkap dan jangan lupa untuk mengeceknya berulang kali untuk memastikan kalau dokumen yang kamu berikan sudah benar dan sesuai dengan yang disyaratkan. Selain menyiapkan dokumen dalam bentuk scan atau foto, kamu juga harus menyiapkan fotokopinya untuk berjaga-jaga kalau pihak penyedia juga meminta fotokopi dokumen untuk dikirimkan.

Baca juga: Hindari Pinjaman Online Pribadi Untuk 5 Keperluan Ini

  • Berikan Nomor Telepon yang Bisa Dihubungi

Nomor Telepon (Sumber: www.quickanddirtytips.com)

Ada banyak kasus penolakan pinjaman online bunga rendah yang dikarenakan calon peminjam tidak bisa dihubungi. Alasannya memang sepele, tapi karena kamu tidak bisa dihubungi berkali-kali oleh pihak penyedia pinjaman, maka pengajuan pinjaman online tanpa jaminanmu akan ditolak. Tujuan dari pihak penyedia pinjaman menghubungi adalah untuk melakukan konfirmasi data diri serta meminta kelengkapan dokumen-dokumen yang diperlukan. Jika kamu tidak bisa dihubungi, bagaimana mereka bisa melakukan konfirmasi? Oleh karena itu, berikan nomor telepon yang selalu aktif sehingga bisa dihubungi kapan saja. Dan cek selalu ponselmu supaya kamu tidak melewatkan telepon dari pihak penyedia.

  • Baca dan Pahami Ketentuan yang Berlaku

Saat mengajukan pinjaman online bunga rendah, pasti kamu melihat adanya ketentuan-ketentuan apa saja yang diberlakukan oleh pihak penyedia. Jangan lupa untuk membacanya dengan jelas sampai paham. Kita kadang melewatkan informasi-informasi penting yang ada pada ketentuan pinjaman online bunga rendah, mulai dari sistem pembayaran, denda keterlambatan, biaya penalti jika cicilan dilunasi lebih awal, dan lain sebagainya. Dengan membaca ketentuan yang berlaku dan memahaminya, maka kamu bisa menyerap semua informasi yang diberikan oleh pihak penyedia pinjaman. Jika ada yang kurang dipahami, maka kamu bisa langsung bertanya pada staf penyedia pinjaman. Jangan sampai setelah pinjaman cair, kamu baru bertanya dan merasa menyesal telah mengambil pinjaman tersebut.

  • Perhatikan Riwayat Kredit

Credit Score (consumerreports.org)

Supaya pinjaman online bunga rendah bisa didapat, kamu harus memastikan kalau riwayat kredit yang kamu miliki bersih. Jadi kalau kamu memiliki tunggakan hutang atau ada hutang yang belum terbayar, maka kamu harus segera melunasinya agar riwayat kreditmu jadi bersih. Kredit yang dimaksud ini adalah semua jenis kredit, bisa berupa cicilan kartu kredit, kredit tanpa agunan, kredit multiguna, kredit pemilikan rumah, kredit kendaraan bermotor, dan lain sebagainya. Adanya tunggakan kredit bisa membuat pihak penyedia pinjaman tidak percaya kepadamu karena masih ada banyak hutang yang belum kamu lunasi. Bagaimana mereka akan meminjamkan dananya kepadamu sementara kamu sendiri suka menunggak pembayaran hutang.

  • Ambil Pinjaman Online yang Sudah Terdaftar di OJK

Sesuai dengan namanya, pinjaman online bunga ini memang diajukan secara online sehingga mudah pengajuannya. Tapi ingat, pinjaman online sangat rentan terhadap tindak-tindak kejahatan dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab seperti penipuan online. Oleh karena itu, kamu harus ekstra hati-hati ketika akan memilih penyedia pinjaman online tanpa jaminan yang terpercaya. Hal pertama harus kamu lihat ketika memilih penyedia pinjaman adalah apakah penyedia tersebut terdaftar di OJK  atau tidak. Kenapa harus terdaftar di OJK? OJK merupakan Otoritas Jasa Keuangan yang bertugas untuk mengawasi kegiatan perbankan dan keuangn yang ada di Indonesia. Jadi kalau penyedia pinjaman online tanpa jaminan yang kamu pilih sudah terdaftar di OJK, maka kamu bisa bernafas lega karena itu tandanya mereka diawasi oleh OJK sehingga tidak bisa melakukan hal-hal yang masuk dalam tindak kejahatan.

Baca juga: Pinjaman Online Tanpa Jaminan Anti Gagal, Ini Triknya!

5 Aplikasi Pinjaman Online Bunga Rendah

Proses Pinjaman yang Cepat (Sumber: noobpreneur.com)

Di Indonesia, ada setidaknya lima aplikasi pinjaman online bunga rendah yang bisa kamu tuju, yaitu:

1. Kredit Pintar

Aplikasi pinjaman online yang pertama adalah Kredit Pintar yang memberikan pinjaman hingga maksimal Rp2 juta dengan jangka waktu cicilan hanya sampai 3 bulan saja. Syarat untuk mengajukannya cukup dengan menggunakan KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan rekening bank atas namamu saja. Tapi kamu sudah harus berusia minimal 18-21 tahun jika sudah menikah atau 22-60 tahun jika sudah menikah. Aplikasi pinjaman online ini sangat cocok untuk kamu yang membutuhkan dana dalam jumlah yang tidak banyak.

2. Cash Wagon

Selanjutnya ada aplikasi pinjaman online Cash Wagon yang bisa memberikan pinjaman mulai dari Rp500 ribu hingga Rp5 juta. Jangka waktu cicilan yang ditawarkan adalah 10 hari, 20 hari, dan maksimum hanya 30 hari saja. Sementara untuk syarat pengajuan aplikasi pinjaman online Cash Wagon adalah berusia 22 tahun hingga maksimum 60 tahun, karyawan atau profesional dengan penghasilan tetap. Tidak ada dokumen yang perlu kamu serahkan, kamu cukup mengisi informasi pribadi dan informasi rekening bank pribadi supaya penyedia pinjaman bisa melakukan transfer dana.

3. Tunaiku

Tunaiku Amar Bank (Sumber: tunaiku.com)

Aplikasi pinjaman online Tunaiku merupakan pinjaman yang diberikan oleh Amar Bank yang bisa didapat melalui aplikasi. Nominal pinjaman yang diberikan oleh Tunaiku Amar Bank ini mulai dari Rp2 juta hingga Rp20 juta dengan jangka waktu cicilan hingga 20 bulan. Syarat untuk mengajukan pinjaman Tunaiku Amar Bank adalah memiliki penghasilan minimum Rp2,5 juta, KTP, dan buku tabungan milik pribadi. Semua dokumen yang dibutuhkan ini bisa kamu foto atau scan terlebih dahulu supaya mudah diupload.

Baca juga: 5 Aplikasi Pinjaman Online Yang Aman Dan Proses Cairnya Cepat

4. Kredivo

Selanjutnya ada aplikasi pinjaman online dari Kredivo yang akan memberikanmu pinjaman dana mulai dari Rp1,5 juta hingga Rp20 juta dengan masa tenor maksimum 12 bulan. Syarat untuk mengajukan pinjaman onlineKredivo ini terbilang cukup banyak yaitu minimum memiliki penghasilan Rp3 juta, KTP, slip gaji atau surat keterangan penghasilan, kartu keluarga, rekening koran selama tiga bulan terakhir, dan tagihan listrik atau telepon rumah untuk membuktikan tempat tinggal.

5. TunaiKita

Source: TunaiKita

TunaiKita merupakan aplikasi pinjaman online yang bisa memberikanmu pinjaman mulai dari Rp1 juta hingga Rp20 juta dengan masa tenor 10 hari hingga 180 hari. Syarat pengajuan pinjaman online tanpa jaminan di TunaiKita sangatlah mudah. Kamu cukup menyediakan KTP, NPWP, dan nomor rekening bank lokal seperti BNI, BCA, BRI, Bank Mandiri, Bank Permata, Bank Mega, atau Bank Danamon. Cara pengajuannya sangat mudah. Cukup mendownload aplikasi TunaiKita di PlayStore, kemudian lakukan registrasi untuk login. Setelah berhasil login, isi data diri dan lengkapi dokumen yang disyaratkan. Kalau sudah, kamu akan disuruh untuk memilih nominal pinjaman beserta dengan jangka waktu cicilannya. Jika pengajuan diterima oleh TunaiKita, maka kamu akan langsung diberitahu dan dana akan bisa cair ke nomor rekening yang sudah kamu berikan sebelumnya.

Semoga informasi di atas bisa berguna untukmu nanti Sobat!