Intip Harga Emas Putih Per Gram Buat yang Ingin Investasi Emas

Tak hanya dikenal sebagai perhiasan, emas juga dikenal sebagai investasi yang menjanjikan. Selama ini kita lebih mengenal emas kuning untuk investasi, lalu bagaimanakah dengan emas putih? Apakah lebih menguntungkan jika berinvestasi emas putih? Coba kita caritahu jawabannya di sini!

Emas selalu dianggap sebagai salah satu jenis investasi yang paling mudah dilakukan karena kamu cukup membeli saat harga emas sedang turun dan menjualnya saat harga emas sedang naik. Berhubung mudah dilakukan, maka banyak orang yang melirik investasi yang satu ini. Tapi perlu kamu ketahui kalau ada dua jenis emas yang beredar di pasaran, yakni emas kuning dan emas putih. Keduanya sama-sama cukup populer dan diminati banyak masyarakat, terutama dalam bentuk perhiasan. Lantas apa perbedaan dari keduanya?

Emas kuning merupakan emas yang dibuat dari campuran emas murni dengan tembaga atau seng. Rata-rata perbandingannya adalah 75% emas murni dan 25% bahan campuran lainnya. Sedangkan emas putih adalah emas yang memiliki bahan campuran emas murni dengan perak atau platinum dengan perbandingan yang sama seperti emas kuning. Selain perak dan platinum, emas putih juga terkadang dicampur dengan nikel. Tapi ada beberapa orang yang alergi pada jenis campuran ini sehingga ketika membelinya, kamu harus menanyakan terlebih dahulu apa bahan campurannya.

Berapa Harga Emas Putih Per Gram Saat Ini?

Harga Emas Putih (cermati.com)

Jika ditanyakan berapa harga emas putih per gram saat ini, kita tidak akan tahu secara pasti berapa harganya. Hal ini dikarenakan emas putih dilapisi dengan lapisan rodium yang bisa membuat bagian luarnya terlihat lebih berkilau cerah. Rodium merupakan logam mulia yang harganya sangat mahal karena bisa 10 kali lipat lebih tinggi harganya dari harga emas murni. Berhubung emas putih harus dilapisi dengan rodium selama 12-18 bulan sekali, maka sudah pasti harganya akan berubah-ubah. Jika kamu membeli emas putih yang baru dilapisi rodium pasti harga emas putih per gramnya akan jauh lebih mahal.

Berbeda dengan emas kuning yang tidak perlu dilapisi lapisan apapun. Inilah yang membuat harga emas kuning akan lebih murah dibanding dengan harga emas putih per gram. Jika saat ini harga emas kuning berada di kisaran angka Rp665 ribu, maka harga emas putih per gram bisa lebih tinggi lagi.

Peluang Investasi Emas Putih

Emas Putih (cermati.com)

Selama ini kita selalu menganggap kalau investasi emas akan selalu mendatangkan keuntungan yang berlipat karena harga jualnya selalu naik. Tapi perlu kamu ketahui kalau anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Hanya emas batangan atau logam mulia saja yang bisa selalu mendatangkan keuntungan. Sedangkan untuk jenis emas perhiasan yang kebanyakan menggunakan emas kuning atau emas putih, harga jualnya cenderung tidak semahal harga jual emas batangan atau logam mulia. Hal ini dikarenakan kilau dari emas perhiasaan akan memudar. Terlebih lagi untuk emas putih yang harus dipoles dengan lapisan rodium dulu supaya tampilannya lebih berkilau.

Jadi bisa dikatakan kalau emas putih bukanlah jenis investasi yang bisa mendatangkan banyak keuntungan. Jika kamu ingin membeli dan memilikinya, jangan dijadikan sebagai investasi utama. Lebih baik kamu membeli emas batangan atau logam mulia untuk investasi yang menguntungkan.

Lima Tempat Membeli Emas yang Terpercaya

Emas memang sangat mudah didapat atau dibeli, tapi kamu harus teliti ketika membeli emas karena ada oknum-oknum yang mencoba untuk memalsukan emas dan menjualnya lagi dengan harga di bawah harga pasaran sehingga membuat banyak orang tertarik untuk membelinya. Jika ingin membeli emas, ada lima tempat terpercaya yang bisa kamu datangi, yaitu:

1. Pegadaian

Pegadaian (garuda.industry.co.id)

Pertama ada Pegadaian yang menjadi tempat untuk membeli emas yang paling banyak didatangi karena bisa dengan mudah kamu jumpai kantor cabangnya di mana saja. Kenapa bisa banyak digemari? Di Pegadaian, kamu tak hanya bisa membeli emas secara tunai dan lunas, tapi juga bisa secara kredit. Tapi tidak semua Pegadaian menjual emas secara tunai. Hanya Pegadaian yang memiliki outlet Galeri 24 saja yang menjual emas secara tunai. Sedangkan Pegadaian lainnya menerapkan sistem kredit.

2. Antam

Tempat aman dan terpercaya untuk membeli emas sudah pasti di Antam karena sebenarnya semua emas, termasuk emas dalam bentuk logam murni berasal dari PT Aneka Tambang (Antam) yang merupakan perusahaan produsen emas terbesar di Indonesia. Antam menawarkan harga emas sebesar 95% dari harga pasar alias ada selisih harga 5% dari harga emas yang dijual di tempat lain. Jumlah ini lebih besar dibanding dengan Pegadaian yang menawarkan harga emas sebesar 97% dari harga pasar. Kekurangan membeli emas di Antam adalah emas yang dijual per harinya sangat terbatas. Selain itu, kamu juga harus rela mengantri panjang.

3. Bank Syariah

Selanjutnya ada bank syariah yang juga menjual emas dan tidak perlu diragukan lagi keasliannya. Pembelian emas di bank syariah ini sudah pasti menggunakan sistem syariah dengan akad yang Islami. Sama seperti Pegadaian, membeli emas di bank syariah juga bisa dilakukan secara kredit yang bisa dicicil per bulan hingga lunas. Untuk harga emas di bank syariah biasanya dijual dengan harga 95% dari harga emas di pasaran. Beberapa bank syariah yang melayani pembelian emas adalah Bank Muamalat, BNI Syariah, Mandiri Syariah, dan BRI Syariah.

4. Toko Emas

Toko Emas (ngalam.co)

Ingin membeli emas sudah pasti di toko emas. Pada umumnya, emas yang dijual di toko emas kebanyakan adalah emas dalam bentuk perhiasan, baik itu emas kuning maupun emas putih. Tentu saja hal ini bisa membuat harganya lebih mahal karena bentuknya yang lebih indah dan membutuhkan biaya dalam pembuatannya. Berhubung dijual dalam bentuk perhiasan sehingga akan sering digunakan, maka nilai jual dari emas perhiasan akan lebih turun dibanding harga belinya. Jadi pasti akan ada selisih harga saat membeli dan menjualnya.

5. Toko Emas Online

Saat ini, emas juga bisa dibeli secara online sehingga kamu tak perlu repot datang ke tempat pembelian emas. Tapi ingat, dalam membeli emas online, kamu harus eksta hati-hati dan membelinya di tempat yang aman. Beberapa website online terpercaya untuk membeli emas adalah www.orori.com, www.antamgold.com, serta e-commerce seperti www.Bukalapak.com dan www.Tokopedia.com. Emas yang dijual secara online juga bisa dibeli secara kredit alias dicicil.

Pilihan Investasi Lain Selain Emas

Jenis Investasi (yourstory.com)

Selain emas, kamu bisa memilih jenis investasi lainnya yang mudah dipahami dan dilakukan. Contohnya saja seperti deposito yang merupakan jenis tabungan berjangka sehingga dananya tidak bisa kamu ambil sewaktu-waktu. Ada jangka waktu yang sudah ditetapkan dan disepakati sebelumnya. Rata-rata jangka waktu yang ditawarkan adalah 3, 6, hingga 12 bulan. Keuntungan yang didapat dari deposito ini adalah bunga yang diberikan oleh pihak bank kepada pemilik deposito setiap akhir masa tempo. Jenis investasi mudah lainnya yang bisa kamu ambil adalah reksadana dan obligasi.

Selalu pilih jenis investasi yang cocok denganmu. Kita memang harus memperhatikan keuntungan yang didapat, tapi bukan berarti kita bisa asal memilih investasi. Investasi yang cocok dengan diri kita adalah jenis investasi yang mudah dipahami sehingga kamu bisa mengenal dengan jelas apa saja resikonya. Jangan lupa untuk tidak menaruh dana pada satu jenis investasi yang sama supaya resiko bisa terbagi merata. Jadi ketika salah satu jenis investasi yang kamu pilih sedang mengalami kerugian, maka masih ada investasi milikmu yang lainnya.

Semoga kamu bisa mendapatkan investasi yang sesuai denganmu supaya kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih.