Intip Peluang Usaha Rumahan yang Bisa Dijalankan Sambil Menjadi Karyawan

Menjadi karyawan memang memiliki keuntungan mendapatkan gaji tetap setiap bulannya. Tapi terkadang gaji bulanan tidak bisa mencukupi kebutuhan. Jika ingin menambah pendapatan, kamu bisa memanfaatkan peluang usaha rumahan yang ada di bawah ini!

Siapa di antara kamu yang saat ini berprofesi sebagai karyawan biasa? Hampir sebagian besar profesi anak muda sekarang ini adalah menjadi karyawan. Profesi karyawan dipilih karena kita bisa mendapatkan gaji tetap setiap bulannya dengan kisaran tertentu. Kelebihan inilah yang membuat banyak orang lebih suka menjadi karyawan. Tapi sayangnya, ketika kamu menjadi karyawan, penghasilan bulanan yang didapat ini jumlahnya akan selalu sama setiap bulannya. Meskipun ada kenaikan, pasti jumlahnya hanya sedikit saja.

Padahal kebutuhan hidup sehari-hari semakin bertambah terus setiap bulannya. Inilah yang menyebabkan beberapa orang yang berprofesi menjadi karyawan melirik profesi lain dengan penghasilam yang lebih tinggi. Tapi bagaimana jika tidak ingin resign tapi tetap ingin mendapatkan penghasilan tambahan? Jawabannya sangatlah mudah, yakni kamu harus memanfaatkan peluang usaha rumahan untuk menambah penghasilan.

Baca juga: 10 Peluang Usaha Rumahan Online Yang Mudah Menjalankannya

10 Peluang Usaha Rumahan untuk Karyawan

Jika bingung ingin membuka usaha apa, tak perlu cemas dan bingung karena TimiKimi punya beberapa rekomendasi peluang usaha rumahan yang bisa kamu jalankan tanpa perlu resign dari kantor sekarang. Mari lihat rekomendasinya!

1. Reseller Pakaian dan Aksesoris

Reseller Baju (unsplash.com)

Peluang usaha rumahan pertama yang bisa kamu lakukan adalah menjadi reseller pakaian dan aksesoris. Dengan menjadi reseller pakaian dan aksesoris, kamu bisa berbisnis dari mana saja dan kapan saja. Ditambah lagi kamu juga tidak butuh modal banyak karena cukup mengandalkan gadget dan jaringan internet saja. Dengan menjadi reseller, itu tandanya kamu akan menjualkan barang-barang milik distributor atau orang lain. Pasarkan barang daganganmu melalui media sosial atau memasarkannya melalui e-commerce ternama sehingga kepercayaan konsumen jadi lebih tinggi karena dana ditransfer ke rekening resmi milik e-commerce.

2. Rental Kamera

Peluang usaha rumahan selanjutnya adalah menjadi reseller pakaian dan aksesoris. Dengan menjadi reseller pakaian dan aksesoris, kamu tidak membutuhkan modal karena kamu akan menjualkan barang-barang milik distributor atau orang lain. Pasarkan barang daganganmu melalui media sosial atau memasarkannya melalui e-commerce ternama sehingga kepercayaan konsumen jadi lebih tinggi karena dana ditransfer ke rekening resmi milik e-commerce.

3. Broker Properti dan Kendaraan Bermotor

Membeli Kendaraan (Sumber: flickr.com)

Bisnis properti dan kendaraan bermotor memang sangat menjanjikan karena memiliki komisi yang lumayan besar. Coba saja kamu bayangkan kalau jatah komisimu 1% dari harga jual properti Rp500 juta, maka uang komisi yang bisa kamu dapatkan adalah Rp5 juta. Supaya pekerjaanmu sebagai karyawan tidak terbengkalai, maka kamu bisa menjadi broker properti dan kendaraan bermotor secara online. Dengan menjadi broker online, maka kamu bisa mengerjakan usaha ini dari mana saja dan kapan saja karena waktunya bisa disesuaikan di luar jam kantor. Hubungi perusahaan properti dan showroom kendaraan bermotor untuk menjalin kerjasama sebagai agen resmi.

4. Jasa Penerjemah Freelance

Kamu termasuk orang yang memiliki kemampuan bahasa asing seperti bahasa Inggris, Jepang, Mandarin, Korea, Italia, dan lain sebagainya?  Manfaatkan kemampuanmu ini untuk membuka jasa penerjemah freelance. Layanan penerjemah freelance ini bisa berupa translate dokumen kantor, surat kerjasama, makalah, berita, jurnal, artikel, dan lain sebagainya. Kenakan tarif yang dihitung berdasarkan kata, misalkan saja untuk 1 lembar dengan 500 kata, tarif yang dikenakan adalah Rp100 ribu. Kamu bisa mulai menawarkan jasa penerjemahmu ke penerbit atau situs portal berita.

Baca juga: Tips Supaya Usaha Modal Kecil Bisa Mendatangkan Untung Besar

5. Tanaman Hias

Tanaman Hias (www.ngopy.com)

Usaha tanaman hias saat ini sedang menjadi tren karena tanaman hias tidak lagi diletakkan di luar rumah, melainkan di dalam rumah sehingga bisa membuat suasana di dalam rumah jadi lebih sejuk dan asri. Supaya membuat tampilannya menjadi lebih menarik, maka kamu bisa menggunakan pot yang berwarna-warni dengan desain yang unik. Jangan cuma menjual tanaman hias saja, tapi kamu juga bisa menjual tanaman bumbu dapur yang bisa digunakan sebagai hiasan ruangan.

6. Kopi Sachet Racikan

Saat ini sedang tren kopi yang digemari banyak masyarakat Indonesia. Nah, kamu harus bisa memanfaatkan fenomena ini sebagai peluang usaha rumahan. Kamu bisa menjual kopi racikan dalam bentuk sachet atau sekali pakai sehingga pembeli hanya tinggal menyeduhnya saja. Tapi pastinya kamu harus mempelajari cara meracik kopi dengan benar supaya hasil racikanmu terasa enak dan digemari oleh pelanggan. Lakukan percobaan beberapa kali dan bagikan tester kepada teman atau keluarga untuk mencicipinya terlebih dahulu sebelum dijual.

7. Pembuatan Blog dan Website

Membuat Blog dan Website (Sumber: aploqtranslations.com)

Di era teknologi yang sudah serba canggih ini keberadaan blog dan website bukanlah hal yang asing lagi. Penggunaan blog dan website tak hanya sebagai sarana untuk promosi perusahaan atau usaha tertentu, tapi juga untuk keperluan pribadi seperti menaruh portofolio agar bisa dilihat banyak orang. Hal seperti ini tentunya bisa kamu gunakan sebagai peluang usaha sampingan untuk karyawan. Tidak perlu modal yang banyak, kamu cukup mengandalkan laptop atau komputer, jaringan internet, dan kemampuanmu di bidang IT.

8. Bisnis paket wisata

Berikutnya ada peluang usaha rumahan untuk karyawan dengan membuka bisnis paket wisata. Saat ini bisnis travel memang sedang laris manis. Inilah yang bisa kamu lirik menjadi peluang usaha sampingan untuk karyawan. Kamu bisa mulai membuat paket wisata, baik itu dalam dan luar negeri. Supaya lebih menarik, tawarkan paket wisata untul solo travelinghoneymoon, hingga rombongan. Jangan lupa untuk mengajak kerjasama perusahaan travel,hotel, dan juga maskapai penerbangan agar kamu bisa mendapatkan diskon atau komisi.

9. Menyewakan Perlengkapan Naik Gunung

Perlengkapan Naik Gunung (Sumber: gearpatrol.com)

Buat kamu yang seorang pecinta alam dan sering mendaki gunung. Bagaimana kalau kamu menyewakan perlengkapan naik gunung karena tidak semua orang memiliki peralatan naik gunung yang lengkap. Perlengkapan gunung yang bisa disewakan mulai dari ransel gunung, jaket untuk mendaki, tenda, senter, tongkat gunung, handy talkie, sampai perlengkapan untuk memasak seperti kompor portabel, spirtus, gas, panci, dan lain sebagainya. Untuk promosinya, kamu bisa mulai menawarkan kepada komunitas pecinta alam.

10. Camilan Kemasan

Peluang usaha rumahan yang terakhir adalah membuka usaha camilan kemasan. Jenis camilan kemasan yang banyak laku di pasaran adalah keripik serta kacang-kacangan. Tak berbeda jauh dengan makanan beku, kamu tidak perlu setiap hari membuat camilan kemasan. Untuk menjalankan usaha ini, modal yang dibutuhkan terbilang cukup banyak karena kamu harus membeli mesin pengemas makanan supaya kerenyahan dari camilanmu akan tetap terjaga.

Baca juga: Pinjaman Online Langsung Cair, Solusi Tambah Modal Usahamu

Pinjaman Online Bisa Dimanfaatkan untuk Tambah Modal Usaha Rumahan

Source: TunaiKita

Jika kekurangan modal untuk menjalankan usaha, kamu bisa memanfaatkan pinjaman online. Tapi ingat, pilih penyedia pinjaman online yang terpercaya seperti TunaiKita yang sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sehingga semua prosesnya diawasi. Plafon pinjaman yang diberikan oleh TunaiKita mulai dari Rp1 juta hingga Rp20 juta. Sedangkan masa tenornya hingga 180 hari (6 bulan). Syarat yang harus kamu penuhi adalah KTP (Kartu Tanda Penduduk), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), dan rekening bank lokal seperti Bank Mandiri, Bank Permata, Bank Mega, Bank Danamon, BCA, BRI, dan BNI.

Untuk dapat mengajukan pinjaman, kamu harus mendownload dulu aplikasi TunaiKita yang ada di PlayStore atau AppStore kemudian melakukan registrasi supaya bisa login. Setelah bisa login, kamu bisa memilih nominal pinjaman dan jangka waktu cicilan yang disanggupi lalu klik ajukan. Ingat selalu ya Sobat, kalau pinjaman sudah didapat, jangan lupa untuk mengembalikannya secara tepat waktu alias membayar cicilan tepat waktu hingga lunas supaya kamu tidak memiliki catatan kredit buruk.

Semoga informasi dan penjelasan di atas bisa berguna untukmu di kemudian hari. Selamat mencoba!