Banyak orang yang memiliki keinginan untuk memiliki bisnis sendiri, namun terhalang oleh modal karena banyak yang berpikir bahwa memiliki sebuah bisnis membutuhkan modal yang besar. Solusi terbaiknya adalah memulai bisnis rumahan sukses yang bisa kamu mulai tanpa modal yang besar. 

Dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada di rumah, seperti halaman, garasi, ataupun dapur kamu bisa mulai menjalankan usaha rumahan sukses tanpa modal yang besar. Kamu bisa menghemat biaya modal yang cukup besar, sehingga modal yang ada bisa kamu alokasikan untuk kebutuhan lainnya. Namun, bagaimanakah cara merintis usaha rumahan agar bisa sesukses restoran ayam goreng terkenal seperti KFC dan McDonalds? Haruskah dengan modal yang besar?

Membuka sebuah bisnis tidak selalu dimulai dengan modal yang besar lho, Sobat. Kamu bisa memulai dengan bisnis kecil, lalu kamu kembangkan bisnis tersebut sehingga menjadi bisnis yang besar, tentu dibarengi dengan sikap ulet dalam mengembangkannya. Hal ini dibuktikan oleh beberapa bisnis yang ada. Bisnis yang awalnya dimulai dari hobi dan berubah menjadi bisnis yang sangat terkenal di banyak negara. Cabangnya pun sudah tersebar di mana-mana.

Siapa yang tidak tahu restoran ayam goreng cepat saji yang sangat terkenal itu? Ya, KFC dan McDonalds! Keduanya menjadi restoran ayam favorit di belahan dunia manapun. Nah, bagaimana kah memulai usaha rumahan sukses dengan modal yang kecil? Lihat tips sukses rumahan ala KFC dan McDonalds yuk!

Menjalankan Usaha Rumahan Sukses ala KFC dan McDonalds

1. Belajar Administrasi

Source: Google

Agar usaha rumahan sukses tanpa modal yang besar, yang pertama harus kamu lakukan yaitu menguasai administrasi. Walaupun hanya dasarnya saja tapi paling tidak kamu menguasai sedikit tentang administrasi. Hal ini penting kamu lakukan agar alur keuangan bisnismu teratur. Lakukanlah pencatatan administrasi secara rutin, jangan mencampurkan keuangan milik pribadi dengan bisnis. Karena salah satu hal paling utama untuk kelangsungan bisnis yang akan kamu rintis agar bisa sukses yaitu masalah administrasi. Walaupun bisnis yang kamu rintis hanya sekelas usaha rumahan saja.

Baca juga: Ramadhan Lebih Hemat Dengan Belanja Sembako Online. Berikut Penyedia Jasanya

2. Jangan Takut akan Kegagalan

Source: Google

Ini salah satu faktor yang membuat banyak orang selalu berpikir ulang untuk merintis sebuah usaha. Ketahuilah Sobat, setiap kamu ingin memulai sebuah bisnis hanya ada dua pilihan, yaitu sukses atau gagal. Jika kamu ingin menjadi pebisnis sejati jangan pernah takut akan kegagalan. Jika kamu dari awal sudah merasa tidak yakin dengan bisnis yang kamu jalani, maka sudah bisa dipastikan bisnis yang akan kamu jalani mengalami kegagalan. Untuk itu, jauhkan pikiran yang membuatmu takut akan kegagalan.

Mengalami kegagalan sangat wajar untuk seorang pebisnis. Namun, mentalmu akan kuat dan terbiasa seiring dengan berjalannya waktu dan rintangan yang kamu hadapi. Memang, untuk meraih kesuksesan itu butuh waktu yang lama. Untuk itu, yakinkan dirimu kembali siap mengalami kegagalan atau tidak? Jadikan kegagalan yang kamu alami sebagai pelajaran kedepannya, ini akan membuat pikiranmu lebih dewasa dalam mengambil keputusan.

3. Tentukan Visi dan Misi

Source: Google

Hal penting yang harus kamu lakukan agar usaha rumahan sukses tanpa modal besar berikutnya yaitu menentukan visi dan misi bisnismu. Mengapa visi dan misi bisnis diperlukan? Karena jika kamu memiliki visi dan misi, ini akan jadi penentu arah tujuan bisnis kamu kedepannya. Walaupun bisnis yang akan kamu jalani hanya bisnis rumahan saja, tetapi kamu juga harus menentukan dengan jelas arah bisnismu kan?

Sehingga saat bisnismu mulai berjalan, akan ada tujuan jelas yang kamu capai kedepannya. Menjalankan sebuah bisnis tidak hanya asal berjalan saja, namun kamu harus mempunyai target. Itulah mengapa visi dan misi sangat diperlukan. Jika kamu tidak memiliki visi dan misi, bagaimana caramu mencapai tujuan dan target yang ingin kamu capai?

4. Hitung Kebutuhan Modal

Source: Google

Tanpa adanya modal yang cukup bisnis yang akan kamu rintis tentu tidak akan berjalan dengan lancar. Untuk itu, hitung secara teliti dan rinci mana saja kebutuhan yang paling penting untuk bisnismu agar bisa berjalan. Hindari pembelian barang-barang yang tidak kamu butuhkan, agar modal yang kamu punya tidak habis dibelanjakan untuk hal yang tidak penting.

Selain itu, kamu bisa manfaatkan apa saja yang ada di sekitar rumah untuk memulai berbisnis seperti halaman rumah, garasi, dapur, peralatan masak, dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan untuk menekan pengeluaran.

Baca juga: Inspirasi Bisnis Yang Menjanjikan Untuk Bulan Ramadhan, Pasti Laris Manis!

5. Pilih Bisnis yang Sesuai dengan Minat

Source: Google

Hal penting berikutnya untuk memulai sebuah bisnis adalah sesuai dengan minat atau passion yang kamu miliki. Karena jika dimulai dengan passion, maka apapun yang kamu yang kamu lakukan akan kamu jalani dengan penuh semangat dan menikamtinya. Ketika bisnis dijalankan dengan penuh semangat, tentu kamu akan meraih kesuksesan dan tidak takut akan kegagalan. Untuk itu, hindari memilih jenis bisnis yang tidak sesuai dengan passion ya, Sobat! Jika kamu seorang ibu rumah tangga dan mempunya hobi memasak. Menjalankan bisnis makanan bisa menjadi usaha rumahan ibu rumah tangga yang cocok untuk kamu, lho!

6. Tentukan Ciri Khas Produk

Source: Google

Pada saat memulai bisnis, agar produk yang kamu miliki dapat diterima baik oleh konsumen, tentunya kamu harus memiliki ciri khas produk yang unik dibandingkan dengan produk sejenis. Apalagi saat ini persaingan bisnis semakin ketat, sehingga produk yang kamu akan pasarkan harus bisa menarik hari pelanggan. Jika perlu kamu bisa melakukan inovasi pada produk yang akan kamu pasarkan. Dengan menggunakan produk yang unik, maka akan lebih mudah diingat oleh para konsumen, pastinya ini akan sangat menguntungkan untuk bisnismu!

7. Lakukan Promosi Secara Tepat

Source: Google

Dalam memulai sebuah bisnis, promosi adalah hal wajib yang harus kamu lakukan untuk mengenalkan produk yang kamu jual ke calon pembeli. Semakin sering kamu melakukan promosi, semakin banyak pula orang yang mengetahui tentang produk yang kamu miliki. Kamu bisa memanfaatkan sosial media yang ada. Hal ini dilakukan agar tidak terlalu banyak uang yang kamu keluarkan. Tentukan target sesuai yang kamu inginkan, agar target promosi yang kamu lakukan tepat.

8. Pilih Waktu yang Tepat untuk Memulai

Source: Google

Membangun sebuah bisnis tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Untuk itu, kamu jangan terburu-buru untuk memulai jalani sebuah usaha. Karena bisnis membutuhkan perhitungan yang cermat, jika salah sedikit saja kamu bisa mengalami kegagalan. Nah, pilihlah waktu yang tepat untuk kamu memulai sebuah bisnis ya, Sobat!

Baca juga: 10 Bisnis Anak Muda Yang Sedang Hits, Mau Ikutan Berbisnis Juga?

Tekun Jalani Bisnis dan Jangan Menyerah

Menjalankan usaha rumahan modal kecil untung besar memang sangat menjanjikan apalagi di bulan Ramadhan seperti sekarang ini. Kamu bisa memanfaatkan peluang yang ada untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Tapi ingat ya Sobat, jangan menyerah dan selalu fokus dengan apa yang kamu kerjakan. Dengan begitu kamu akan meraih kesuksesan.