Jangan Benci Hari Senin! Lakukan Beberapa Hal Ini Agar Senin Kamu Menyenangkan

Hampir sebagian orang tidak menyukai hari Senin. Setelah merasakan libur di akhir pekan, rasanya berat untuk melakukan aktivitas kembali di hari Senin, khususnya bagi para pekerja. Tidak heran jika banyak yang menyerukan “I hate Monday”. Lalu, bagaimanakah agar hari Senin kamu lebih menyenangkan? Simak ulasan TunaiKita berikut ini ya!

Hari Senin merupakan awal dimulainya kembali segala aktivitas pekerjaan ataupun sekolah setelah libur akhir pekan. Mungkin bagi sebagian orang, bertemu kembali dengan Senin terasa sebagai hal yang menjengkelkan. Efek liburan akhir pekan memang bikin kita malas bangkit dari nikmatnya sisa-sisa akhir pekan. Nah, hari Senin sering kali menjadi momok menakutkan bagi setiap orang.

Padahal kalau dipikir-pikir tidak ada sesuatu yang perlu ditakutkan di hari tersebut. Bagi kamu yang beranggapan seperti itu bisa jadi karena kamu belum siap beraktivitas kembali. Bagi kamu yang merasa malas menghadapi kenyataan bahwa hari ini adalah Senin, mungkin bukan tanpa alasan kamu membenci hari tersebut. Tapi bukan tidak mungkin untuk kamu bersemangat di hari Senin, kan? Nah, agar hari Senin kamu lebih bersemangat dan menyenangkan lakukan hal-hal berikut ini yuk!

Hari Senin Lebih Menyenangkan dengan Hal-Hal Berikut Ini

1. Bangun Lebih Awal

Manfaat Bangun Pagi dan 7 Cara agar Menjadi Manusia Pagi (www.kompas.com)

Hari Senin adalah hari yang identik dengan hari produktif. Jika sebelumnya kamu bisa bermalas-malasan dan bangun lebih siang, hindari hal tersebut pada hari Senin. Bangun lebih awal sangat membantu kamu untuk mempersiapkan diri sebelum berangkat kerja. Kamu juga bisa melakukan beberapa aktivitas lainnya seperti membuat sarapan atau berolahraga.

Tahukah kamu? Bahwa bangun lebih awal juga dipercaya membuat kepribadian seseorang lebih baik karena badan akan bugar setelah menghirup udara yang segar. Selain itu, akan meningkatkan rasa percaya diri karena sudah mempersiapkan segala sesuatunya lebih lama ketimbang mereka yang bangun terlambat.

Baca juga: 4 Hal Sepele Ini Sering Diabaikan Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

2. Siapkan Pakaian Favorit di Hari Senin

Memulai aktivitas di hari Senin memang terasa berat, akan ada banyak tugas menumpuk yang harus dikerjakan. Nah, agar mood di hari Senin tetap terjaga hal yang pertama harus kamu lakukan yaitu menyiapkan pakaian kesukaan untuk dipakai. Kamu bisa memilih warna-warna yang cerah dengan model yang kamu suka. 

Tapi, jangan lupa juga untuk menyiapkan pakaian yang akan kamu pakai di hari Minggu. Hal ini penting dilakukan agar di Senin pagi saat akan berangkat, kamu tidak merasa bingung lagi memilih baju yang akan dipakai. Jika tidak, kamu justru akan terburu-buru dan merusak mood nantinya.

3. Jangan Lupa Sarapan

Memahami Kebiasaan Sarapan Konsumen Asia Pasifik (marketeers.com)

Hari Senin pasti tidak akan menyenangkan jika perut dalam keadaan kosong ketika ingin memulai aktivitas. Untuk itu, sarapan sangat penting untuk membuat mood kamu bagus selama seharian. Siapkanlah sarapan yang enak, sehat, dan bergizi. Lengkapi asupan yang memiliki nutrisi yang baik ya, Sobat. Karena makanan seperti inilah yang diperlukan tubuhmu ketika akan memulai beraktivitas. Dengan begitu, stamina tetap terjaga dan kamu lebih bersemangat untuk bekerja.

4. Mendengarkan Musik 

Ada pepatah yang mengatakan tanpa musik hidup akan terasa hampa. Agaknya pepatah tersebut benar adanya. Tahukah kamu? Musik dipercaya dapat membuat pikiran menjadi tenang. Nah, agar Senin kamu lebih menyenangkan sebaiknya dengarkan musik selama perjalanan kamu menuju kantor atau tempat beraktivitas lainnya. Jangan lupa juga untuk memilih jenis musik yang tepat.

Jangan sampai kamu mendengarkan musik yang memiliki lirik sedih dan justru akan membuat mood menjadi sendu. Maka, pilihlah musik yang memberikan energi dan semangat dalam menjalani hari. Musik tersebut juga bisa membangun mood untuk lebih baik. Ketika mood baik, maka kamu akan lebih mudah mengerjakan berbagai tugas yang sudah menumpuk di kantor.

5. Berpikir Positif

Agar Senin kamu lebih menyenangkan ada baiknya kamu mulai untuk berpikir positif. Singkirkan rasa benci dan bayangkan hal-hal menyenangkan yang akan datang padamu hari ini. Kamu juga bisa memikirkan hari-hari berikutnya hingga akhir pekan nanti agar lebih semangat. 

Baca juga: Sudahkah Kamu Membahagiakan Diri Sendiri?

6. Rencanakan Makan Siang Spesial

Hal yang bisa kamu lakukan selanjutnya agar hari Senin lebih menyenangkan, kamu bisa merencanakan makan siang spesial bersama teman kantor. Dengan membuat rencana untuk makan siang yang spesial, hal ini tentunya dapat membuat pikiran kamu menjadi lebih semangat dalam menyambut datangnya hari Senin. 

7. Perbanyak Senyum

Forced to smile at work? You might drink more when you get off (edition.cnn.com)

Sebelum Sobat hendak berangkat ke kantor, yuk coba untuk tersenyum. Tebarkan senyum indahmu kepada orang-orang terkasih, seperti keluarga. Ketika sesampainya di kantor, jangan lupa juga untuk tersenyum kepada atasan dan rekan kerja. Dengan tersenyum, kamu akan merasakan ketenangan dan kedamaian. Tersenyum juga dipercaya dapat menghilangkan satu masalah. Jadi, jangan ragu untuk tersenyum dan pancarkan aura positif di dalam dirimu untuk menyambut Senin agar lebih semangat.

8. Jangan Mengeluh

Tidak sedikit orang sering mengeluh untuk menghadapi kenyataan bahwa “Tomorrow is Monday.” Kenyataannya, mengeluh tidak akan memberi perubahan apapun. Untuk mengatasinya, usahakan lah untuk menyemangati diri sendiri dan orang-orang yang berada di sekeliling kamu. Berpikirlah tentang hal-hal positif yang kemungkinan akan terjadi di kantor dan jangan mengeluh ya, Sobat!

9. Komunikasi dengan Rekan Kerja

Agar aktivitas pekerjaan lancar dan mood kamu bagus selama hari Senin, jangan lupa untuk berkomunikasi dengan orang-orang di lingkungan tempat kamu bekerja. Jangan sampai kamu melewatkan waktu tanpa berkomunikasi sama sekali. Walaupun hanya sebatas obrolan ringan saja, namun hal ini akan membuat hari Senin kamu jauh lebih baik. 

10. Buat Rencana Hangout Setelah Bekerja

50 Fun, Free Ways to Have a Great Time With Friends (www.wisebread.com)

Setelah kamu melalui aktivitas yang sangat padat tersebut di hari Senin, tidak ada salahnya untuk memanjakan diri sejenak di penghujung hari. Kamu bisa melakukannya sendiri atau pun bersama teman-teman kantor lainnya. Baik itu hanya sekedar memesan makanan ringan atau kopi di tempat-tempat hangout.

Tentunya ini akan membuat hari Senin kamu terasa menyenangkan setelah seharian melakukan aktivitas. Setidaknya udara yang kamu hirup akan terasa lebih segar ketika beban pikiran berkurang setelah dihadapkan berbagai tugas bahkan deadline yang pendek.

Baca juga: Kebiasaan Bangun Siang Bisa Sebabkan Kanker Hati?

Ubah ‘I hate Monday’ jadi ‘I Love Monday’

Tidak ada salahnya untuk kamu menerapkan beberapa hal di atas untuk membuat Senin pagi yang mungkin selama ini kamu anggap sebagai hari yang menyebalkan, penuh dengan kemalasan sehingga kamu membencinya. Jangan lupa untuk memastikan bahwa setiap pekerjaan yang kamu lakukan lebih bermanfaat. Ketika kamu mensugesti diri dengan memberikan semangat di hari Senin, maka akan dengan mudah untuk membuat semangat di hari-hari berikutnya. Itulah mengapa diperlukan untuk selalu mencoba berpikir positif. Yuk, ubah “I hate Monday” jadi “I love Monday”. Selamat beraktivitas, Sobat!