Uang koin seringkali dianggap sepele oleh sebagian orang. Alasannya bermacam-macam, mulai dari nominalnya yang kecil hingga merasa terganggu saat disimpan di dalam dompet. Sekilas, memang uang koin senilai Rp 200 atau Rp 500 kelihatannya memang kecil dan tidak akan memberikan dampak besar jika kita menyepelekannya. Akan tetapi, jika dihitung-hitung kembali, uang koin akan memberikanmu banyak manfaat jika kamu mengumpulkannya.

 

Di artikel kali ini, TimiKimi akan membahas tentang berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kamu mengumpulkan uang koin. Apa aja sih? Simak ulasannya di bawah ini yuk.

 

Penyelamat di Keadaan Darurat

Ketika kamu melakukan transaksi di supermarket atau restoran, seringkali kamu akan menerima kembalian dalam bentuk uang koin atau uang logam, bukan? Biasakan untuk menyimpan uang koin yang kamu dapatkan di dalam sebuah wadah atau celengan. Hal ini bisa menjadi latihan untuk membiasakan diri menabung Sobat. Nanti, ketika kamu harus dihadapkan dengan situasi yang mendesak dan kamu sedang tidak memiliki uang, misalkan akhir bulan menjelang gajian, kamu bisa menggunakan isi celengan-mu untuk membeli makanan, minuman atau kebutuhan harian lainnya.

 

Investasi Kecil-kecilan

Mengumpulkan uang logam atau uang koin merupakan contoh nyata dari peribahasa “sedikit demi sedikit lama lama jadi bukit”. Meski jumlahnya tidak akan sebanyak jika kamu berinvestasi uang kertas dengan nominal yang jauh lebih besar, tapi tidak ada salahnya bukan menerapkan hal yang sama ketika kamu menerima kembalian? Kamu bisa menyimpannya di dalam celengan yang nantinya bisa kamu gunakan sebagai tambahan uang untuk membeli barang impian seperti tas, sepatu dan lain sebagainya.

 

Tukarkan kepada Pengusaha Kecil

Hal lain yang bisa kamu lakukan ketika memiliki banyak uang koin adalah, tukarkan kepada pengusaha kecil seperti warung kelontong dan minimarket. Ini akan sangat membantu mereka, terutama jika kamu menukarkan uang koin dalam jumlah yang lumayan. Daripada berceceran dan tidak disimpan, lebih baik ditukarkan Sobat.

 

Beramal dan Membantu Sesama

Di luar sana masih banyak orang yang membutuhkan uang sekecil apapun dari kita. Gunakan uang koin yang kamu punya untuk membantu mereka yang lebih membutuhkan, daripada koin di dompetmu bikin berisik dan mengganggu.

 

Mengajarkan Anak Untuk Menabung

Manfaat terakhir adalah, mengajarkan anak untuk mulai membiasakan menabung. Jika kamu memiliki anak, adik atau keponakan di rumah, coba ajarkan kepada mereka akan pentingnya menabung. Caranya, setiap kali ada uang receh, masukkan ke dalam celengan. Tunjukkan sikap bahwa kamu tidak meremehkan uang bernilai kecil atau uang recehan. Anak kecil akan belajar dengan melihat contoh, terlebih dari orang tua, kakak atau sosok yang lebih tua.

 

Nah Sobat, itu dia lima manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kamu mengumpulkan uang koin. Yang harus diingat, jangan pernah menyepelekan uang dalam jumlah sekecil apapun. Selain memiliki banyak manfaat, kita juga harus memahami bahwa sekecil apapun nominalnya uang tetaplah berharga. Jadi mulai sekarang, tinggalkan kebiasaan membuang-buang uang koin ya Sobat!

 

Semoga membantu!

 

Penulis: Indah Sari

 

Picture source: Google