Jangan Lupa! Tiket Kereta Api Untuk Mudik Sudah Bisa Dipesan Sekarang

tiket kereta api

Ada kabar gembira untuk kamu yang ingin pulang kampung atau mudik. Sobat sudah tahu, kalau tiket kereta api lebaran sudah bisa dipesan sekarang, lho? Pemesanan tiket sudah bisa dilakukan di berbagai platform penyedia layanan tiket kereta api. Hore! 

Kereta api masih menjadi transportasi pilihan untuk mudik atau pulang ke kampung halaman.PT Kereta Api Indonesia (KAI) belum lama mengumumkan bahwa sudah mulai membuka pemesanan tiket kereta api untuk mudik lebaran 2019. Pemesanan sudah dibuka sejak 25 Februari 2019. Tahun ini juga PT KAI masih menerapkan sistem pemesanan tiket 99 hari sebelum hari H keberangkatan.

Dilansir dari Kompas.com Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan, Mulai 25 Februari pukul 00.00, tiket sudah bisa dipesan. Tiket bisa didapatkan di semua channel yang biasa kami jual. Akan lebih baik calon penumpang memesannya di KAI Access. Jadi, Sobat bisa melakukan pemesanan tiket di loket stasiun, vending machine, minimarket, Contact Center KAI, atau juga bisa secara online melalui website dan aplikasi KAI Access.

Dengan beredarnya informasi ini, masyarakat pun sudah banyak yang memesan tiket kereta api untuk mudik lebaran. Nah, untuk kamu yang ingin memesan tiket TimiKimi punya tipsnya agar kamu tidak kehabisan, lho. Simak yuk!

Cara Mendapatkan Tiket Kereta Api

Source: Liputan6.com

Sobat, momen lebaran tentu hal yang paling ditunggu khususnya untuk kamu yang tinggal jauh dari keluarga. Sehingga kamu tidak boleh melewatkan momen kumpul keluarga setahun sekali ini. Berikut cara mendapatkan tiket agar tidak kehabisan.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Tiket Murah Walau Sedang Tidak Promo

1. Tentukan tanggal keberangkatan

Source: Pinterest

Hal yang paling penting adalah menentukan tanggal keberangkatan mudik kamu, meskipun pemerintah belum menetapkan tanggal cuti bersama. Tapi, kamu sudah bisa mengira-ngira kapan waktu yang pas untuk mudik lebaran tahun ini. Jika kamu sudah menentukan tanggal keberangkatan, cek tanggal reservasi dan pembelian tiket kereta api yang sudah ditentukan oleh PT KAI.

2. Siapkan data identitas

Source: Google

Jika kamu sudah tahu siapa saja yang akan ikut mudik lebaran tahun ini, siapkan data-data penumpang yang ikut bersamamu sebelum melakukan pemesanan tiket. Kadang pemesanan tiket kereta api terganggu karena kamu belum menyiapkan data-data penumpang. Kamu bisa foto identitas yang akan digunakan saat pemesanan nanti.

3. Pesan dini hari

Source: Pinterest

Tidak ada salahnya berkorban untuk begadang mencari tiket kereta api untuk mudik, demi lebaran bersama keluarga tahun ini. Biasanya pada jam dini hari masih sedikit orang mengakses platform pembelian tiket kereta untuk mudik. Peluang kamu untuk mendapatkan tiket akan lebih besar, lho,. Siap-siap begadang ya, Sobat!

4. Pastikan internet stabil

Source: Pinterest

Nah, Sobat hal yang tidak kalah penting yaitu internet yang stabil. Kalau internet di rumahmu tidak stabil, kamu bisa pindah ke tempat yang mempunyai internet yang stabil. Misalnya kamu bisa pergi ke kafe yang punya sinyal internet yang stabil. Jika internet stabil, pemesanan tiket kereta api yang kamu pesan tidak akan mengalami gangguan.

5. Pilih metode pembayaran yang mudah

Source: Pinterest

PT KAI menetapkan waktu 60 menit batas pembayaran saat pemesanan tiket kereta untuk mudik tahun ini. Jika dalam waktu tersebut kamu tidak melakukan pembayaran, maka tiket yang kamu pesan akan dijual kembali. Untuk itu, pilih metode pembayaran yang akan memudahkanmu. Kamu bisa pilih pembayaran dengan kartu kredit atau bisa juga dengan metode pembayaran mobile banking atau digital payment lainnya yang bisa kamu pilih untuk melakukan pembayaran tiket kereta api.

Baca Juga : Siap Seru-Seruan Di LaLaLa Festival? Ini Dia Info Lineup Dan Harga Tiket Lengkapnya!

6. Jangan bergantung pada satu platform

Source: Pinterest

Setiap platform resmi penjualan tiket kereta api memiliki kuota. Hal ini dapat kamu manfaatkan dengan baik dan jangan bergantung pada satu platform saja. Tidak ada salahnya untuk kamu mencoba platform lain untuk mendapatkan tiket kereta api mudik yang kamu inginkan.

7. Pilih browser yang ringan saat loading

Source: Pinterest

Berhubung kamu harus cepat-cepatan pesan dengan ribuan orang lainnya, sehingga waktu loading akan jadi sangat penting. Kamu bisa pilih browser yang paling kamu anggap ringan saat loading. Jangan lupa untuk clear chace dulu, supaya browser loadingnya tidak terlalu lama.

Baca juga: Cara Mendapatkan Tiket Murah Walau Sedang Tidak Promo

8. Buka beberapa tab browser

Source: Pinterest

Setelah memilih browser dengan loading paling ringan, kamu bisa langsung buka situs penjualan tiket kereta api. Misalnya situs resmi KAI, Tokopedia, Tiket.com, dan sebagainya. Pilihlah sesuai dengan pilihanmu, biasanya ada promo penawaran menarik juga, lho!

9. Pindahkan data-data identitas diri ke notepad atau microsoft word

Source: Pinterest

Setelah kamu mengumpulkan data identitas yang akan ikut mudik bersamamu, agar tidak ribet kamu bisa memindahkan data identitas seperti nomor NIK, nomor HP, nama lengkap, dan data lainnya di notepad atau microsoft word. Supaya saat mengisi data identitas kamu hanya tinggal mengcopy saja tanpa harus repot mengetik ulang. Kan sayang, kalau kamu belum memindahkan data identitas ke notepad atau microsoft word, waktumu akan habis terbuang dan tiketmu akan diambil orang, lho!

10. Segera isi form pemesanan

Source: Google

Setelah memindahkan data-data identitas, langsung saja kamu isi data pemesanan dan jangan lupa untuk perhatikan lagi tujuan dan tanggalnya ya Sobat. Biasanya tiket mudik lebaran H-7 dan H-3 akan banyak peminatnya jadi kamu harus ekstra sabar nih, Sobat. Jika situs tiba-tiba mengalami bad gateway, jangan menyerah dan coba lagi, ya!

Jika situs sudah terbuka dan ternyata kursi sudah habis, jangan langsung percaya, kamu bisa mencobanya lagi. Biasanya di saat-saat ini akan ada banyak cancel order, siklus pembelian tiket kereta api ini hanya 3 jam jadi pasti banyak juga yang order-nya gagal.

Baca juga: Tips Cari Tiket Pesawat Murah Tanpa Harus Mikir Dua Kali

Pesan Tiketnya Sekarang Juga, Sebelum Kehabisan

Kamu bisa memesan tiket secara online ataupun offline. Untuk offline, kamu bisa langsung membelinya di loket stasiun, melalui vending machine, dan minimarket terdekat. Sedangkan khusus online, bisa dilakukan melalui website resmi KAI.id, KAI Access, dan e-commerce lainnya. Jika kamu sudah mengetahu tanggal keberangkatan mudik, kamu bisa segera memesannya. Tetapi, jika kamu belum mendapatkan tiket pada pemesanan pertama, kamu bisa mencoba memesan kembali dengan jeda waktu 30 menit atau 1-2 jam kemudian. Tentukan tanggalnya serta isi data diri kamu, sebelum kehabisan.

Jika saat ini kamu belum memiliki dana yang cukup untuk membeli tiket kereta api, ajukan pinjaman online melalui TunaiKita yang aman dan terpercaya. Dengan begitu, kamu tidak akan kehabisan tiket kereta api.

Semoga informasi yang TimiKimi berikan bermanfaat untuk Sobat semua. Pastikan untuk mempersiapkan semuanya dengan matang sebelum berangkat mudik dan jaga kesehatan agar bisa mudik dengan nyaman dan bisa berkumpul bersama keluarga di hari lebaran nanti.