Jenis-Jenis Pejuang Pencari Kerja, Kamu Termasuk yang Mana?

jenis pejuang pencari kerja

Mendapat pekerjaan setelah lulus kuliah adalah dambaan setiap orang. Namun, banyaknya fresh graduate yang baru lulus tak sebanding dengan lowongan pekerjaan yang tersedia. Untuk itu, ada beberapa jenis pejuang pencari kerja yang ada di sekitar kita.  Kira-kira kamu termasuk yang mana?

Mendapat gelar pertama dalam hidup membutuhkan perjuangan yang tidak mudah. Kamu mengorbankan waktu untuk bergadang setiap harinya untuk mengerjakan tugas, menghabiskan uang untuk skripsi, dan lain sebagainya. Namun, semua itu rasanya terbayarkan ketika kamu dinyatakan lulus dengan hasil yang memuaskan.

Mencari kerja pun tidak semudah membalikan tangan, kamu harus bersaing dengan banyak kandidat. Tidak hanya fresh graduate saja, kamu juga harus bersaing dengan kandidat yang sudah berpengalaman. Memang status fresh graduate belum memiliki pengalaman kerja apapun, selain magang. Untuk itu, kamu harus melakukan suatu hal lebih dari orang biasa lakukan. Nah, TimiKimi punya ulasan mengenai jenis pejuang pencari kerja. Kira-kira Sobat termasuk yang mana ya? Simak yuk!

Jenis Pejuang Pencari Kerja yang Bisa Kamu Contoh

Source: Google

Banyaknya yang harus dipersiapkan, serta jalan yang harus dilalui juga tak kalah serunya. Begitu pun semua yang dikorbankan, akan semakin membuat kita tahu bahwa menjalani seusatu yang sudah lama kita mau sungguh tidak mudah. Itu sebabnya, ada banyak jenis pejuang pencari kerja di sekitar kita. Kira-kira seperti apa mereka dalam berjuang mendapatkan pekerjaan?

1. Tim Gercep

Source: Google

Jenis pejuang pencari kerja yang pertama yaitu tim gercep, kamu tidak perlu menunggu wisuda. Yang penting sudah dinyatakan lulus langsung cepat cari kerja. Tidak perlu menunggu ijazah keluar. Beberapa perusahaan lebih mengutamakan skill, ketimbang nilai yang kamu dapatkan selama kuliah.

Hal ini yang menjadi salah satu alasan sekaligus penyemangat untuk kamu. Tentu saja hanya bagi mereka yang siap dengan modal skill yang selama ini sudah dimiliki. Jika hanya bermodalkan ingin, tapi kerja apa saja belum tahu, maka sebaiknya kamu bersabar dulu. Mereka yang gercep tentu sudah punya modal, tidak hanya modal nekat tentunya.

Baca juga: Baru Lulus Kuliah? 5 Jenis Pekerjaan Ini Bisa Jadi Pilihan Kamu, Sobat!

2. Tim Santai tapi Pasti

Source: Google

Hal pertama yang disiapkan pertama kali untuk mencari pekerjaan yaitu dengan membuat surat lamaran, CV (Curiculum Vitae), melengkapi berkas, dan kemudian mengirimkannya kepada daftar lowongan pekerjaan yang sudah kamu miliki. Tapi ada juga mereka yang tidak perlu bersusah payah melakukan itu semua.

Jika kamu aktif dalam suatu organisasi atau komunitas itu bagus untukmu, karena biasanya mereka lebih mudah menyebarkan informasi lowongan pekerjaan. Bahkan tidak jarang mereka yang mengenal kamu akan merekomendasikan atau mengajakmu untuk bergabung dengan perusahaan tempatnya bekerja.

Tentu terlihat sangat mudah, kamu tidak perlu repot mengirim lamaran sudah pasti akan diterima kan. Tapi, temanmu yang akan merekomendasikan juga tidak bisa sembarang . Mereka akan merekomendasikan ketika sudah tahu skill dan pengalaman yang kamu punya. Bukan tanpa keahlian dan tanpa pengalaman sama sekali ya, Sobat.

3. Tim Fokus pada Passion

Source: Google

Jenis pejuang pencari kerja yang selanjutnya yaitu mereka yang fokus terhadap passionnya. Bekerja sesuai dengan passion sudah pasti membuat kita bangga dan akan lebih mudah melakukan pekerjaan tersebut. Di sinilah kita akan banyak memperjuangkan pekerjaan yang sesuai dengan passion atau kemampuan kita.

Kamu akan berusaha mengumpulkan banyak informasi lowongan pekerjaan yang sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Tidak sembarangan tentunya, kamu bahkan tak segan menolak lamaran atau tawaran pekerjaan yang tidak sesuai dengan passion-mu. Kamu berpendapat bahwa, semua yang kamu kerjakan dari yang kamu sukai tentu akan jauh lebih mudah. Sehingga kamu pun tidak akan takut menunggu kabar baik dari setiap lamaran yang dikirimkan untuk pekerjaan yang kamu inginkan.

Baca juga: 10 Ide Usaha Sampingan Untuk Karyawan, Lumayan Buat Nambah Penghasilan

4. Tim Coba Semua Peluang

Source: Google

Merasa punya banyak keahlian, melamar di banyak tempat berbeda denga posisi yang berbeda. Tak sedikit dari kamu yang merasa mampu melakukan banyak hal. Meski tak ahli dengan satu skill, tapi pengalaman di banyak bidang pekerjaan sudah tidak perlu lagi diragukan lagi. Kamu yakini bahwa inilah modal kamu untuk mencari pekerjaan.

Tidak ada salahnya, sebab tujuan masing-masing orang berbeda. Jika ada yang bekerja untuk cari pengalaman, tapi ada juga yang bekerja untuk mncari banyak pendapatan dari kemampuan yang dimiliki. Yang penting asal kita bisa percaya diri dan benar-benar bisa menguasai apa yang pernah kamu lakukan.

Setidaknya kamu tidak bingung untuk menjawab pertanyaa saat interview nantinya dan memberi semangat kerja untuk kamu.

5. Tim Asal Pernah Mencoba

Source: Google

Melamar pekerjaan memang butuh perjuangan. Sulit, mudah, hingga senang semua akan kamu rasakan. Ada kalanya menunggu lama untuk bisa diterima, tapi tidak jarang ada yang langsung mendapat kabar baik dari setiap lamaran yang dikirimkan.

Bagi jenis pejuang pencari kerja ini mereka tidak akan ambil pusing pada hasil yang didapat. Kamu akan tetap merasa puas karena sudah pernah melamar meski belum diterima. Atau pejuang pencari kerja ini mereka ingin mencoba bekerja di posisi lainnya sehingga tidak ragu resign dari pekerjaan saat ini dan kembali berjuang dari nol.

Nah, untuk kamu para fresh graduate yang sedang berjuang mencari pekerjaan. Sebelum kamu memulai kirim-kirim lamaranmu, berikut cara ampuh mencari kerja untuk Sobat.

  •  Kenali potensi diri

Cari tahu hobi atau kegiatan yang sering kamu lakukan, keahlian apa yang bisa kamu lakukan. Karena kamu akan sangat bahagia dan akan menikmatinya jika pekerjaan yang kamu lakukan sesuai minatmu. Tidak harus yang benar-benar berhubungan dengan mata kuliah yang kamu ambil dulu kok.

Langkah yang harus dilakukan adalah menulis potensi apa saja yang kamu miliki. Jangan langsung menilai bahwa potensi tersebut sangat rendah kualitasnya.

  • Buat CV yang sesuai

Sebalum melamar pekerjaan, kenali terlebih dahulu pekerjaan yang akan kamu lamar. Jika ingin melamar di bagian kreatif, tentunya kamu harus membuat dengan desai sekreatif mungkin. Nah, CV kreatif ini alangkah baiknya disesuaikan dengan jenis pekerjaan yang akan kamu lamar ya, Sobat.

Pastikan bahwa CV tersebut menjelaskan dengan detail siapa diri kamu sebenarnya dan apa saja yang sudah kamu kerjakan. Selain itu, usahakan untuk memberikan lampiran yang memang sesuai dengan pekerjaanmu. Hal ini, untuk menambah nilai jual kamu di mata perushaan.

Baca juga: Ingin Bergaji Besar Tapi Bukan Kantoran? Coba Profesi Ini!

  • Memilih boleh, tapi jangan telalu pemilih

Sobat, kamu bebas memilih di mana ingin bekerja dan bebas menentukan pekerjaan seperti apa yang ingin didapatkan. Tetapi, jangan sampai kamu menutup diri untuk kesempatan yang mungkin lebih besar dari yang kamu tentukan sebelumnya.

Lamarlah beberapa pekerjaan dari beberapa perusahaan. Kamu bisa menjadikan lainnya sebagai alteratif cadangan, ketika perusahaan yang diincar menolak kamu. Hal ini juga dimaksudkan untuk menghemat waktu dalam menunggu panggilan pekerjaan.

Nah, Sobat semoga informasi yang TimiKimi berikan bermanfaat dan menginspirasi kamu. Selamat berjuang mencari pekerjaan yang cocok untukmu ya dan jangan patah semangat!