Jika kamu yang ingin menempuh pendidikan yang lebih tinggi, maka akan lebih baik jika kamu mulai menentukan jurusan yang diambil dari sekarang. Cari tahu bakat yang kamu miliki lalu tentukan jurusanmu. Setelah yakin dengan jurusan pilihan, maka kamu bisa mulai memilih universitas mana yang memiliki akreditasi terbaik untuk jurusan yang ingin diambil.

 

Untuk kamu yang sudah atau akan segera menyelesaikan pendidikan SMA, di artikel kali ini TimiKimi akan membahas tentang kampus-kampus di Indonesia yang masih berada di posisi terbaik. Apa aja ya? Simak di bawah yuk.

 

Universitas Brawijaya

Posisi ketujuh ditempati oleh Universitas Brawijaya. Didikan pada tahun 1963 dan berlokasi di Malang, Jawa Timur. Belakangan ini, nama Universitas Brawijaya sangat populer di kalangan pelajar tamatan SMA. Terbukti dengan berhasilnya universitas ini menduduki peringkat 1354 dunia sebagai universitas terbaik.

Program Studi terbaik dengan akreditas A yang ada di Universitas Brawijaya di antaranya adalah Pendidikan Profesi Akuntansi, Sastra Jepang, Teknik Industri, Manajemen, Ilmu Administrasi Bisnis, Teknik Pengairan dan Teknik Arsitektur.

 

Universitas Sebelas Maret

Posisi keenam ditempati oleh Universitas Sebelas Maret. Didirikan pada tahun 1976, dan berlokasi di Surakarta, Jawa Tengah. Universitas ini menawarkan pendidikan untuk gelar Sarjana, Master, maupun Doktor. Fakta menariknya, universitas ini juga membuka pendaftaran bagi mahasiswa asing. Saat ini, Universitas Sebelas Maret berhasil menduduki peringkat 1326 dunia sebagai universitas terbaik.

Jurusan yang cukup terkenal di universitas ini di antaranya adalah Pendidikan Seni Rupa, Sastra Arab, Ilmu Sejarah dan Pendidikan Fisika.

 

Institut Pertanian Bogor

Posisi selanjutnya ditempati oleh Institut Pertanian Bogor. Sesuai dengan namanya, institut ini berlokasi di Bogor, Jawa Barat. Hingga saat ini IPB memiliki populasi mahasiswa sebanyak 10 ribu mahasiswa dan berhasil menempati peringkat dunia ke 1297 sebagai universitas terbaik.

Program Studi terbaik dengan akreditas A yang ada di IPB di antaranya adalah Keahlian Teknologi Produksi dan Manajemen Perikanan, Teknologi dan Manajemen Ternak dan Teknologi Produksi dan Manajemen Perikanan Budidaya.

 

Universitas Diponegoro

Posisi selanjutnya ditempati oleh Universitas Diponegoro. Kampus yang didirikan pada tahun 1957 sudah berhasil mendirikan pusat pendidikan terbaik dengan jumlah 45 ribu mahasiswa. Universitas ini berlokasi di Semarang, Jawa Tengah dan telah memiliki cabang di Jepara dan sukses menduduki peringkat dunia ke 1270 sebagai universitas terbaik.

Program Studi terbaik dengan akreditas A yang ada di Undip di antaranya adalah Akuntansi, Hubungan Masyarakat, Manajemen Perusahaan, Perpajakan, Arsitektur dan Ekonomi Pembangunan.

 

Institut Teknologi Bandung

Posisi ketiga terbaik yang masih belum tergantikan dan tegeser yaitu Institut Teknologi Bandung. Universitas yang didirikan pada tahun 1959 ini berhasil menduduki peringkat ke 862 universitas terbaik di dunia. Berlokasi di kota Bandung, ITB memiliki jumlah mahasiswa lebih dari 13 ribu mahasiswa.

Program Studi terbaik dengan akreditas A yang ada di ITB diantaranya adalah Matematika, Fisika, Astronomi, Kimia, Mikrobiologi, Biologi, Teknik Elektro, Teknik Mesin dan Teknik Sipil.

 

Universitas Gadjah Mada

Posisi kedua terbaik masih ditempati oleh Universitas Gadjah Mada. Universitas yang didirikan pada tahun 1949 ini berhasil menempati peringkat ke 540 universitas terbaik di dunia. Berlokasi di Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada memiliki populasi mahasiswa lebih dari 45 ribu mahasiswa.

Jurusan terbaik di universitas ini di antaranya adalah Ilmu Hukum, Psikolog, Farmasi, Gizi Kesehatan dan Teknik Mesin.

 

Universitas Indonesia

Posisi paling atas masih diduduki oleh Universitas Indonesia. Universitas yang didirikan pada tahun 1849 ini berhasil menduduki peringkat ke 534 universitas terbaik di dunia. Berlokasi di Depok, Jawa Barat, universitas terbaik di Indonesia ini memiliki populasi mahasiswa yang sangat besar yaitu lebih dari 45 ribu mahasiswa.

Program Studi terbaik di universitas ini dengan akreditas A di antaranya adalah Administrasi Perpajakan, Administrasi Asuransi dan Aktuaria, Ilmu Komunikasi dan Administrasi Keuangan dan Perbankan.

 

Nah Sobat, itu dia 7 kampus negeri terbaik yang masih menyandang predikat terbaik di Indonesia. Universitas dan Institut merupakan sarana yang digunakan untuk menuntut ilmu, mempelajari banyak hal dan mengembangkan kemampuan yang kamu miliki. Pada dasarnya, dimanapun kamu menimba ilmu, baik di universitas negeri atau swasta, pastikan kamu sudah memilih jurusan yang tepat dengan bakat dan kegemaranmu, sehingga kamu tidak menjalani proses pendidikanmu dengan setengah hati nantinya.

 

Semoga membantu!

 

Penulis: Indah Sari