Perpustakaan identik dengan suasana yang sunyi dan membosankan, karena ruang perpustakaan hanya terdiri dari susunan buku-buku saja. Terlebih lagi, tidak banyak orang yang menghabiskan waktu di perpustakaan.

Perpustakaan terkadang dianggap tempatnya orang-orang cupu dan tidak gaul. Karena perpustakaan diidentikan dengan hal yang membosankan, tidak menarik dan sunyi. Ditambah lagi rendahnya minat baca orang-orang Indonesia, makin jarang saja orang yang menghabiskan waktu di perpustakaan. Padahal perpustakaan tempat yang asik untuk kamu yang suka baca, apalagi jika perpustakaan tersebut mempunyai koleksi buku-buku yang menarik.

Di Jakarta ternyata ada beberapa perpustakaan umum yang bisa kamu kunjungi untuk mengisi waktu senggang dan hobi bacamu. Jauh dari kata membosankan dan tidak menarik, justru beberapa perpustakaan ini punya desain yang menarik dan dilengkapi fasilitas wifi, sehingga dapat menunjang kebutuhan internetmu. Koleksi buku-buku yang ada di perpustukaan umum juga terbilang lengkap, dari mulai buku-buku tentang ekonomi, sejarah, sampai buku anak pun ada. Tahu tidak, Sobat? Selain fasilitasnya yang lengkap, kamu juga bisa mengunjungi perpustakaan secara gratis lho. Asik kan!

Nah, TimiKimi punya informasi mengenai beberapa perpustakaan umum di Jakarta. Yuk, kita kenalan dengan perpustakaan umum yang ada di Jakarta!

Baca juga: Baru Lulus Kuliah? 5 Jenis Pekerjaan Ini Bisa Jadi Pilihan Kamu, Sobat!

1. Perpustakaan Nasional (Perpusnas)

Source: Google

Perpustakaan yang berlokasi di Jalan Merdeka Selatan ini, merupakan salah satu gedung perpustakaan tertinggi di dunia, lho! Desain perpustakaan ini pun sangat modern. Rak-rak buku yang ada di perpustakaan ini bahkan tingginya mencapai langit-langit. Yang paling berkesan adalah kamu bisa melihat pemandangan kota Jakarta yang tampak dari jendela gedung. Di beberapa lantai bahkan terdapat atap terbuka dengan kursi dan taman kecil. Jadi, kamu bisa membaca buku sambil merasakan hembusan angin dari ketinggian.

Untuk kamu yang ingin membawa adik kecil tidak perlu khawatir, karena perpusnas mempunyai ruang koleksi buku anak di lantai 7. Ruangan ini pun di desain sangat menarik untuk anak-anak, mulai dari dinding bergambar, mainan, dan boneka. Dijamin anak-anak pasti betah berlama-lama di perpustakaan ini. Nah, untuk bisa masuk ke Perpustakaan Nasional kamu cukup mendaftarkan diri sebagai anggota secara gratis. Tinggal foto dan kemudian kartu anggota akan tercetak, kamu pun bisa langsung menikmati buku-buku yang ada di perpustakaan.

2. Perpustakaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Source: Google

Perpustakaan ini berada dalam kompleks gedung Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat, tepat sebelah fX Sudirman. Perpustakaan satu ini punya pencahayaan yang cukup dan juga dilengkapi dengan pendingin ruangan, sehingga setiap pengunjung yang berkunjung ke perpustakaan ini merasa betah dan nyaman.

Selain kursi standar dan meja untuk kamu membaca, perpustakaan ini juga dilengkapi beberapa sofa yang bisa kamu gunakan untuk bersantai sembari menikmati buku favoritmu. Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang ingin belajar lebih dalam mengenai kebudayaan Indonesia. Perpustakaan ini sebenarnya untuk para staff Kementrian, tapi kamu tak perlu khawatir, kamu bisa mengunjungi perpustakaan ini dengan syarat kamu harus mempunyai KTP dengan domisili Jabodetabek. Dengan biaya keanggotaan sebesar Rp 6.000,-.

3. Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta

Source: Google

Untuk kamu yang tinggal di Jakarta, pasti tidak asing dengan yang tempat wisata edukatif yaitu Planetarium. Gedungnya terletak di kompleks Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat. Nah, masih berada di kompleks TIM, ada satu perpustakaan yang wajib kamu kunjungi yaitu Perpustakaan Umum Daerah DKI Jakarta. Sama seperti perpusnas, perpustakaan ini menyediakan lantai khusus untuk anak-anak. Bahkan tersedia juga area bermain anak.

Baca juga: Daftar Universitas Terbaik Di Indonesia, Cari Tahu Yuk!

Perpustakaan ini sangat luas, kamu tidak perlu khawatir tidak mendapat kursi untuk duduk. Terdapat banyak kursi dan tersedia karpet bisa kamu gunakan untuk duduk atau bahkan berbaring. Kamu bisa menikmati fasilitas di perpustakaan ini dengan mendaftar, kemudian kamu akan mendapatkan kunci loker untuk menyimpan barang-barangmu. Jika kamu ingin meminjam buku, kamu harus memiliki KTP DKI Jakarta, jangka waktu pinjam maksimal dua pekan.

4. Perpustakaan Freedom Jakarta

Source: Google

Berlokasi di Wisma Bakrie 1, Jalan H.R. Rasuna Said, Jakarta Selatan, kamu bisa mampir ke Perpustakaan Freedom. Meskipun perpustakaan ini bukan dikelola oleh pemerintah, perpustakaan ini tetap buka untuk umum dan gratis. Bahkan untuk meminjam buku di perpustakaan ini pun juga gratis, lho. Kamu hanya perlu melakukan registrasi dan membuat kartu keanggotaan.

Sebelumnya perpustakaan ini berlokasi di Cikini, namun pada 2015 harus tutup dan buka kembali dengan lokasi perpustakaan yang baru dengan desain yang lebih modern. Terdapat puluhan ribu koleksi buku tersedia di perpustakaan ini, mulai dari buku-buku filsafat, agama, sosiologi, politik, ekonomi, studi demokrasi, dan sastra.

5. Perpustakaan Umum Daerah Nyi Ageng Serang

Source: Google

Masih di kawasan Jakarta Selatan, tepatnya daerah Rasuna Said. Ada satu Perpustakaan Umum Daerah yang berada dalam gedung Nyi Ageng Serang. Letaknya berada persis di belakang Hotel JS Luwansa, tak jauh dari Plaza Festival. Seperti perpustakaan pada umumnya, tersedia kursi-kursi untuk kamu menikmati buku favoritmu. Ada juga Wi-Fi, stopkontak dan komputer untuk kamu yang ingin brosing atau mengerjakan tugas. Untuk mendaftar menjadi anggota, kamu cukup menyerahkan fotokopi KTP DKI Jakarta ya, Sobat.

6. Perpustakaan UI

Source: Google

Melipir ke pinggir Jakarta yaitu Depok, Perpustakaan yang berlokasi di dalam kampus Universitas Indonesia (UI) diberi nama “The Crystal of Knowledge”. Perpustakaan dengan bangunan yang unik ini, dilansir menjadi perpustakaan dengan koleksi (hampir) lengkap. Bayangkan Sobat, perpustakaan ini berada di lahan seluas 2,5 hektare ini menyimpan dari 5 juta koleksi buku, termasuk koleksi langka, lho! Fasilitas yang ada di perpustakaan ini pun sangat lengkap, perpustakaan lain biasanya hanya memberi fasilitas Wi-Fi. Tapi di perpustakaan UI, tersedia kedai kopi asal Amerika Serikat yang terkenal yakni Starbukcs.

Selain kedai kopi, tersedia juga Gold’s Gym di bagian lantai dasar Perpustakaan UI. Selain itu, ada juga ruang theater yang menjadi satu dengan bangunan Perpustakaan UI. Layaknya bioskop pada umumnya, theater tersebut didukung dengan layar lebar dengan sound sistem yang canggih. Ruang theater ini hanya dapat digunakan untuk keperluan pemutaran film yang menjadi kegiatan mahasiswa. Yang terakhir, juga terdapat restoran. Jadi, untuk kamu yang selesai membaca buku di Perpustakaan UI kemudian merasa lapar, kamu bisa langsung makan di restoran tersebut. Restoran yang tersedia yakni restoran yang menyajikan makanan korea. Fasilitasnya lengkap seperti di dalam mall ya, Sobat?

Baca juga: Perpanjang SIM Online Tanpa Antri Dan Gak Pakai Ribet, Ini Lho Caranya!

Perpustakaan Asik Bikin Betah

Nah, banyak kan perpustakaan umum Jakarta yang asik dan menyenangkan bisa kamu kunjungi Sobat. Berkunjung ke perpustakaan umum tidak membosankan seperti yang kamu banyangkan kok. Justru kamu bisa memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang disediakan di perpustakaan tersebut. Yuk, berkunjung ke perpustakaan terdekat di sekitamu!