Tidak sedikit yang masih bingung membedakan antara BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.  Kedua sistem jaminan sosial ini berbeda lingkup jaminannya. BPJS kesehatan adalah jaminan sosial yang menjamin keperluan berobat sedangkan BPJS Ketenagakerjaan ditujukan untuk perlindungan pekerja seperti kecelakaan kerja, jaminan hari tua dan lain sebagainya. Untuk BPJS Kesehatan, masyarakat wajib ikut serta tanpa terkecuali baik mandiri maupun dikelola oleh perusahaan, sedangkan BPJS Ketenagakerjaan menjadi kartu yang juga wajib dimiliki oleh pekerja namun harus atas nama perusahaan, tidak bisa secara perorangan.

Demi memudahkan proses administrasi para peserta, pihak BPJS Ketenagakerjaan mengeluarkan kartu yang bentuknya seperti KTP atau SIM. Jangka waktu untuk kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan terhitung lama, bisa hingga pensiun sehingga kartu BPJS Ketenagakerjaan ini relatif tidak pernah digunakan kecuali untuk mencairkan saldo. Hal ini akan menimbulkan resiko kartu kepesertaan bisa hilang.

Jika hal ini terjadi, gimana sih solusinya? Yuk simak ulasan di bawah.

Jika kamu mengalami kehilangan kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, jangan panik, kamu bisa mencoba cara-cara di bawah. Tapi sebelumnya, dokumen apa saja yang harus disiapkan?

  1. Jika memungkinkan, kamu bisa membawa fotokopi kartu kepesertaan atau setidaknya ingat nomor kartu kepesertaan yang hilang karena salah satu syarat untuk pergantian kartu kepesertaan BPJS Kesehatan adalah status keanggotaan kamu masih aktif. Jadi nomor kartu ini akan digunakan untuk mengecek status keanggotaan.
  2. Setelah itu, pihak BPJS biasanya akan meminta laporan kehilangan, sehingga kamu harus mengurus dokumen ini terlebih dahulu ke kantor polisi. Namun kamu tidak perlu khawatir Sobat TunaiKita karena mengurus dokumen kehilangan cukup mudah dan tidak memakan waktu yang lama.
  3. Agar proses lebih dipermudah, kamu harus membawa Surat Pengantar HRD. Dokumen ini ditujukan untuk memperkuat bahwa kamu masih tercatat sebagai pekerja atau karyawan di tempat kamu bekerja sekarang.
  4. Tentunya, jangan lupa bawa fotokopi dokumen pribadi milikmu seperti KTP dan Kartu Keluarga.
  5. Silahkan mengambil nomor antrian dan menunggu giliran. Biasanya, proses ini tidak membutuhkan waktu yang lama.

Selain kasus kartu hilang, kartu rusak juga menjadi masalah lain yang seringkali terjadi. Untuk kasus kartu rusak, solusinya juga tidak kalah gampang.

  1. Kamu bisa datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan dengan menunjukkan kartu yang rusak kepada petugas. Jangan lupa membawa dokumen pribadi seperti KTP atau SIM di saat ingin melakukan pergantian kartu yang baru.  
  2. Sama dengan kasus kartu BPJS Ketenagakerjaan yang hilang, kamu harus membawa surat pengantar dari perusahaan tempat kamu bekerja.
  3. Silahkan mengambil nomor antrian dan menunggu giliran. Proses penggantian kartu baru juga tidak membutuhkan waktu yang lama.

Pastikan, sebelum kamu mengurus kartu BPJS Ketenagakerjaan yang hilang atau rusak, lengkapi seluruh dokumen yang diperlukan agar proses pergantiannya lebih mudah dan menghemat waktu. Jadi sobat TunaiKita, itu dia solusi bagi kamu yang kehilangan kartu keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan.

Semoga membantu ya!

 

Penulis: Indah Sari