Kebiasaan Bangun Siang Bisa Sebabkan Kanker Hati?

Kamu termasuk orang yang suka bangun siang? Bangun siang memang suatu hal yang menyenangkan untuk dilakukan, karena setelah menjalani rutinitas pekerjaan selama hampir seminggu tentunya kamu membutuhkan waktu istirahat yang lebih. Tetapi , kamu tahu nggak kalau terlalu sering bangun siang bisa berakibat buruk untuk kesehatanmu? Berikut bahaya bangun siang untuk tubuh. Simak ulasannya di sini yuk!

Tidak bisa dipungkiri bahwa bagi sebagian orang bangun siang memiliki kenikmatan tersendiri. Sebagian orang ternyata suka bangun siang, apalagi jika mereka tidak diharuskan untuk berangkat kerja di pagi hari. Apalagi, dengan bangun siang maka istirahat akan lebih lama sehingga akan membuat tubuh lebih bugar saat bangun. Padahal, menurut pakar kesehatan bangun siang ternyata justru bisa memberikan kerugian bagi kesehatan tubuh. 

Pernahkah kamu bertanya apa yang membuat kamu bangun siang? Memang, pola tidur akan sangat mempengaruhi. Makan tidak teratur juga menjadi salah satu faktor penyebab kamu bangun siang, lho! Mengapa? Jika kamu memiliki waktu makan dan tidur tepat waktu, maka tubuh akan dengan mudah mempertahankan siklus tidur. Sebaliknya, jika waktu makan tidak teratur maka siklus tidur pun akan terganggu. Untuk itu, usahakan kamu memiliki waktu tidur yang baik ya, Sobat. 

Bahaya Bangun Siang yang Bisa Menimpamu

1. Mengganggu Ritme Metabolisme Tubuh

Source: Google

Setiap orang sudah memiliki ritme masing-masing untuk beraktifitas dan beristirahat. Nah, jika di waktu tubuh sudah dipersiapkan untuk beraktifitas, tetapi kamu justru masih tidur, maka sistem metabolisme tubuh akan terganggu. Misalnya, pada jam 5 hingga 7 pagi adalah waktu dimana tubuh membuang berbagai macam racun melalui buang air kecil atau besar. Setelahnya, yakni jam 7 hingga jam 9 adalah saat dimana usus halus bekerja untuk menyerap nutrisi dari sarapan pagi kita. Jika kita masih tidur pada jam tersebut, maka hal ini tentu akan mengganggu metabolisme. 

Baca juga: Cara Rawat Tubuh Agar Tetap Bugar Hadapi Hari Senin Jadi Menyenangkan

2. Tubuh Lesu dan Pusing

Source: Google

Sobat, setelah bangun siang pasti kamu akan merasa lesu dan pusing bukan? Bukannya lebih segar, dengan bangun siang justru akan membuat tubuh kamu terasa lesu. Bahkan, banyak orang yang mengaku kepalanya menjadi terasa pusing saat bangun lebih siang. Selain itu, pakar kesehatan juga menyebutkan bahwa bangun siang akan mengganggu sistem metabolisme tubuh dan akhirnya mengganggu pengendalian kadar gula dalam darah sehingga akan meningkatkan resiko terkena diabetes. Bahkan, jika kita baru bangun jam 10 atau 12 pagi, resiko terkena kanker darah juga meningkat.

3. Anemia

Source: Google

Cukup banyak orang yang terbiasa bangun siang mengeluhkan masalah anemia atau kurang darah, kepala kunang-kunang, dan susah fokus untuk melakukan pekerjaan. Dengan begitu, ada baiknya kamu menata waktu tidur dengan lebih baik sehingga bisa tetap bangun pagi setiap hari.

4. Kehilangan Waktu Produktif

Source: Google

Dampak buruk yang bisa kamu rasakan jika bangun siang selanjutnya yaitu kamu akan kehilangan waktu produktifmu. Jika kamu kelamaan tidur sudah pasti akan hilang banyak waktu yang sebenernya bisa dipakai untuk hal lain yang lebih penting. Makanya, jangan begadang terlalu malam supaya bisa bangun pagi. Hidup pun jauh lebih produktif, kan? 

5. Kanker Hati

Source: Google

Belum lama ini, beberapa dokter yang bekerja di rumah sakit nasional Taiwan merilis sebuah penemuan baru mengenai hubungan kanker hati dengan kebiasaan bangun terlalu siang. Dalam rilis tersebut, para dokter menyebut salah satu faktor rusaknya organ hati karena terlalu sering tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang. Tubuh memiliki ritme sendiri yang telah disesuaikan dengan kondisi alam.

Di malam hari, tubuh harusnya beristirahat dan memberi kesempatan tubuh untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Jika pada malam hari kamu tetap terjaga, maka ritme tubuh akan terganggu dan akan mengganggu proses metabolisme. Akibatnya, tubuh akan menjadi lemah dan mudah sakit. Karena, pada jam 11 hingga jam 1 dini hari merupakan waktu dimana tubuh melakukan detoks hati, dimana proses tersebut terjadi hanya pada saat kita terlelap. Detoks sendiri merupakan proses mengeluarkan racun dalam diri, sekaligus proses regenerasi sel-sel yang telah mati. Dengan bangun tidur tepat waktu dan bangun di pagi hari, selain membuat tubuh menjadi bugar kamu pun akan terhindar dari penyakit berbahaya yaitu kanker hati. 

Baca juga: Lakukan 5 Hal Ini Untuk Mengembalikan Berat Badan Pasca Lebaran

Tips Bangun Pagi

Setelah membahas mengenai dampak buruk dari bangun siang. Nah, TunaiKita selanjutnya akan memberikan tips bangun pagi agar kamu tidak lagi bangun siang sehingga tubuh menjadi bugar ketika bangun. Berikut tipsnya.

1. Jangan Minum Kopi dan Minuman Lain Mengandung Kafein

Sebagian orang ada yang tidak bisa hidup tanpa kopi. Sudah tidak menjadi rahasia lagi, bahwa kopi disukai banyak orang, dengan tujuan supaya tidak mengantuk saat beraktifitas. 

Namun, pada kondisi tertentu, kopi malah bisa bikin kamu jadi sulit tidur. Kalau sulit tidur, hal ini akan membuatmu tidur larut malam sehingga kamu sulit untuk bangun di pagi hari. Nah, ternyata tidak hanya kopi saja Sobat, namun apapun yang mengandung kafein dapat menyebabkan kamu jadi sulit untuk bangun pagi.

Untuk menggantinya, kamu bisa perbanyak minum air putih. Karena memperbanyak minum air putih dapat melancarkan metabolisme tubuh, sehingga tubuh akan jadi lebih sehat dan bugar. Dengan tubuh sehat dan bugar, tentu kamu tidak akan sulit untuk bangun pagi. 

2. Ubah Jam Tidur

Kamu salah satu orang yang suka begadang? Dan tidak punya waktu tidur yang pasti? Jika kamu ingin bangun di pagi hari, artinya kamu harus mengubah waktu tidur kamu, Sobat. 

Kamu bisa menyiasatinya dengan menetapkan jam tidur kamu, dan tetap konsisten dengan jam tidur tersebut. Misalnya, kamu  harus bangun jam 7 pagi di pagi hari, maka agar kamu bisa tidur selama 8 jam, paling tidak kamu harus tidur jam 11 malam. Lakukan hal ini secara konsisten, usahakan untuk tetap bangun pagi walaupun kamu sedang libur, ya!

3. Buat Ruang Tidur Senyaman Mungkin

Sobat, tidur yang nyaman itu kunci tidur yang berkualitas, hingga akhirnya buat kita mudah bangun di pagi hari. Kamu bisa membuat ruang tidur kamu senyaman mungkin agar tidurmu nyenyak dan berkualitas. Kamu bisa merapikan kasur sebelum tidur dan nyalakan AC kamar. Buatlah ruang tidurmu senyaman mungkin ya, Sobat!

Baca juga: 7 Buah Ini Miliki Manfaat Luar Biasa Untuk Kesehatan Tubuh

Stop Bangun Siang, Hidup Sehat Yuk!

Nah, Sobat kebiasaan bangun siang sangat merugikan diri sendiri, bukan? Untuk itu, yuk mulai sekarang biasakan untuk bangun pagi agar kamu menjalani hari lebih menyenangkan dan lebih produktif. Semoga informasi yang TimiKimi berikan dapat bermanfaat dan membantu kamu untuk bangun di pagi hari. Selamat mencoba!